Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

1 Muharram 1429 H – Selamat Tahun Baru Hijriah

with 21 comments

moon

Selamat Tahun Baru Hijriah kepada seluruh umat muslim yang ada diatas muka bumi. Bumi tempat kita mencari ridha dari Allah SWT… berusaha dan berdoa semoga perbuatan yang kita lalukan dihari kemarin dan esok mendapat ridho dariNya. Saat ini saya ingin membahas larangan dan keutamaan yang ada pada bulan Muharram. InsyaAllah sumber yang saya jadikan pedoman adalah sumber yang baik.

Larangan dibulan Muharram

Dilarang berbuat dzalim pada bulan ini. Dzalim yang dimaksudkan disini adalah memulai peperangan (berdasarkan pendapat para ulama) . Jika dzalim yang dimaksud adalah tentang menganiaya orang lain atau diri sendiri… kita tidak perlu menunggu bulan Muharram. Pada bulan-bulan biasa juga kita diharuskan untuk tidak melakukan tindakan yang dzalim.

Keutamaan dibulan Muharram

Pada bulan ini kita disunahkan untuk melakukan puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Tanggal 9 dan 10 Muharram akan bertepatan dengan hari Jumat dan Sabtu tanggal 18 dan 19 Januari 2008. Harap dicatat tanggal tersebut, karena Rasulullah mengutamakan pada umatnya untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram setelah puasa pada bulan Ramadhan. Sesuai dengan hadist :

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Artinya : Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram” [Hadits Riwayat Muslim dari Abu Hurairah]

Sesungguhnya kita telah menjadi saksi, karena pada hari tersebut kita telah meninggalkan tahun sebelumnya. Apakah yang telah kita tinggalkan ditahun lalu? dan dengan apakah kita akan menghadapi tahun yang baru ini?

Gambar diambil dari internet .

About these ads

Written by nRa

Wednesday, January 9, 2008 at 10:56 pm

21 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bung, itu gambar juga foto sndri?

    fauzansigma

    Sunday, January 13, 2008 at 5:57 pm

  2. selamat bulan muharram

    fauzansigma

    Sunday, January 13, 2008 at 5:58 pm

  3. @ fauzansigma : hehe, ya ndak lah… tuh ada keterangannya dibawah “Gambar diambil dari internet” … klo gak salah itu gambar matahari dan bulan di kutub selatan. selamat bulan muharram juga… makasih udah mampir.

    nRa

    Sunday, January 13, 2008 at 8:18 pm

  4. subhanallah! fotonya keren tuh :) sip lah ya!

    shinobigatakutmati

    Sunday, January 13, 2008 at 9:54 pm

  5. Selamat tahun baru dengan semangat baru berhijrah.. amin

    gempur

    Sunday, January 13, 2008 at 10:33 pm

  6. [...] Tentang larangan dan amalan di bulan Muharam, salah satunya dapat dibaca di http://nra402.wordpress.com/2008/01/09/1-muharram-1429-h-selamat-tahun-baru-hijriah/ [...]

  7. Assalamu’alaykum kak,..

    Berkenaan dengan puasa asyura tahun ini,..10 muharram bertepatan dengan hari sabtu.Sedangkan puasa di hari sabtu adalah dilarang kecuali untuk puasa yang wajib.
    “Dari ‘Abdullah bin Busr as Sulami radhiyallaHu ‘anHu, dari saudarinya ash Shamma radhiyallaHu ‘anHa, Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,

    “Laa tashuumuu yaumas sabti illaa fiimaf turidha ‘alaykum, wa in lam yajid ahadukum illaalihaa-a ‘inabatin aw ‘uuda syajaratin falyamdhughHaa”

    yang artinya,

    “Janganlah kalian berpuasa pada Hari Sabtu, kecuali yang telah diwajibkan atas kalian. Jika salah seorang diantara kalian tidak meendapatkan (makanan untuk berbuka) kecuali kulit anggur atau ranting pohon, maka hendaklah ia mengunyahnya” (HR. Abu Dawud no. 2404, at Tirmidzi no. 741 dan Ibnu Majah no. 1726, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud no. 2116)”

    Sedangkan puasa dihari jumat, mengkhususkan puasa hanya dihari jumat juga tidak boleh (harus berderet,misalnya minimal kamis dan jumat atau jumat dan sabtu).

    Jadinya,menurut sumber dari teman yang katanya beberapa kali dengar kajian,..”Ustadz Yazid mengatakan,kita
    tidak boleh berpuasa sunnah pada hari Sabtu,dan karena bertepatan 10 Muharam
    1429H adalah hari Sabtu (19 januari 2008) jadi bisa puasa sunnahnya 1 atau
    2 hari sebelum tanggal 10(8 dan 9 muharram/kamis dan jumat) atau 1 atau 2 hari sesudahnya (puasa daud atau puasa senin kamis). ”

    Wallahu ‘alam

    Maaf kak,..komen nya kepanjangan :D
    Oya,..sumber tulisan diatas dapat dari milis assunnah dan dari teman.

    wardha

    Wednesday, January 16, 2008 at 7:27 pm

  8. @ wardha : oh… begitu yah,
    alhamdulillah ada yang mau berbagi info…
    makasih yah wardha.

    nRa

    Thursday, January 17, 2008 at 1:08 am

  9. @ wardha : kk tambahin lagi nih… barusan baca2 tentang puasa sunnah di
    http://ammarharits.wordpress.com/2008/01/16/puasa-tasua-dan-asyura-jatuh-pada-hari-jumat-dan-sabtu-bukankah-kita-dilarang-berpuasa-pada-hari-itu/

    dari blog itu disimpulkan :
    bahwa tidaklah mengapa berpuasa pada kedua hari tersebut meskipun jatuh pada hari Jum’at dan Sabtu

    nRa

    Thursday, January 17, 2008 at 10:24 pm

  10. Masalahnya, aku masih bingung dengan kesimpulan blog tersebut.
    Kalau kita baca, dalil tentang larangan puasa hari Sabtu tidak memperlihatkan bahwa puasa tersebut boleh dilakukan jika ada puasa sebelumnya.

    Ali S Kholimi

    Friday, January 18, 2008 at 6:35 am

  11. [...] hari ini tepat tanggal 1 Muharram 1430H. Keutamaan dan larangan pada bulan Muharran dapat dilihat disini, termasuk untuk puasa pada bulan Muharram. Sepertinya tahun baru hijriah menjadi berkah untuk [...]

  12. Mau tanya klo puasa pas tanggal 1 muharam nya boleh ga sey????

    rahma

    Wednesday, December 16, 2009 at 11:07 pm

    • sejauh pengetahuan saya … dibolehkan puasa pada tgl 1 muharram, tetapi tidah ada niat khusus untuk puasa pada tgl 1 muharram tersebut. mungkin klo 1 muharram jatuh pada hari senin, yah diniatkan puasa senin – kamis.

      wAllahualam, yg benar dari Allah SWT, dan khilaf datangnya dari saya pribadi. Jika ada info yg lebih lanjut, mari kita berbagi.

      nRa

      Friday, December 18, 2009 at 1:03 am

    • PBNU meminta umat Islam melakukan puasa sunah menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1428 Hijriah

      Puasa yang dimaksudkan Hasyim adalah puasa sunah tasu’a dan asyura untuk menyambut tahun baru 1 Muharam 1428 Hijriah.

      Selain itu juga puasa sunah mutlaqah mulai tanggal 1 hingga 10 Muharam 1428 Hijriah atau 20 hingga 30 Januari 2007.

      “Perbuatan-perbuatan seperti kepalsuan, kebohongan, pengrusakan kehormatan dan martabat, pengrusakan alam, korupsi, jual beli hukum harus dijauhi,” katanya. Hasyim juga meminta umat Islam melakukan salat ghaib pada setiap korban yang meninggal karena bencana atau kecelakaan. “Saya meminta seluruh jajaran NU mencontohkan seruan ini,” tandasnya.

      itu yang saya cari informasinya sumber http://www.detiknews.com/read/2007/01/09/010742/728072/10/pbnu-serukan-sambut-tahun-baru-islam-dengan-puasa

      fuwniki

      Tuesday, December 7, 2010 at 5:46 am

  13. afwan, apakah boleh berpuasa pada 1 muharram? tlong di jelasin.

    zulkifli

    Tuesday, December 7, 2010 at 12:35 pm

  14. thanks ya ini buat tugas poster i muharram ini pantes bgt !!!!!!!! O:)

    valen

    Sunday, November 20, 2011 at 3:53 pm

  15. salam,mlm ni 1 muhararam..esok pula hari sabtu,bolehkan kita berpuasa pada hari tersebut iaitu sabtu..mnta tlg jelaskan

    saya

    Friday, November 25, 2011 at 4:20 pm

  16. Selamat tahu baru hijriah, selamat berpuasa juga…

    Budi

    Thursday, November 15, 2012 at 2:08 pm

  17. masih bln muharam nih..

    Rizal

    Wednesday, December 12, 2012 at 8:12 am

  18. asalamualaikum wr wb
    apakah pada hari pertama jatuh nya muharam kita boleh berpuasa??

    Nurfateha

    Monday, November 4, 2013 at 3:13 pm

  19. Asskum….salam kenal….senang bisa berkunjung disini, dapat info penting, makasih. Saya tunggu kunjungan baliknya di http://OBYEKTIF.COM/.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    obyektif.com

    Anggoro Suprapto

    Tuesday, November 5, 2013 at 9:21 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: