Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Kabupaten Kepulauan Anambas – KKA (Bagian 1)

with 67 comments

Siantan Tarempa [Flickr]

20 tahun lamanya tidak melihat kampung halaman ditanah kelahiran, 20 tahun lamanya tidak mengunjungi sanak saudaran ditanah kelahiran. Akhirnya liburan kemaren saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tanah kelahiran saya yang telah lama saya tinggalkan. Tarempa … itulah nama sebuah tempat dimana saya dilahirkan lebih kurang 24 tahun yang lalu, saya hijrah ke Tanjung Pinang saat usia saya masih 4 tahun, kemudian sebelum menginjakkan kaki ke bangku sekolah dasar saya sempat pulang sebentar… tapi hanya transit untuk mengunjungi kampung halaman ibu saya di Midai. Semenjak saat itu saya tidak pernah pulang lagi untung menjenguk sanak saudara disana.

Sebelumnya mungkin kita pernah mendengan dengan sebutan Pulau Tujuh, gugusan kepulauan yang berada di Kepulauan Riau. Nah… salah satu dari kepulauan itu adalah Kepulauan Anambas yang terkenal dengan beberapa daerah seperti Siantan a.k.a Tarema, Jemaja a.k.a Letung dan Payaklaman a.k.a Matak. Klo mau saya jelaskan satu persatu gugusan pulau tujuh ini … mungkin hingga thesis saya selesai, belum tentu saya akan dapat merampungkan cerita tentang Ke-tujuh kepulauan itu. Saya hanya akan membahas tiga daerah dari kepulauan Anambas ini saja, Tarempa, Letung dan Matak. Baiklah … cerita ini akan saya ceritakan melalui perjalanan saya sehari-hari disana. Dimulai ketika proses keberangkatan hingga akhirnya saya harus pulang lagi ke Tanjung Pinang.

Perjalanan menuju Tarempa dapat ditempuh dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah menggunakan transportasi laut. Kapal Pelni yang berangkat setiap 2 minggu sekali dapat kita gunakan. Alternatif kapal lainnya adalah Kapal Perintis yang memiliki 2 rute, sehingga waktu keberangkatannya tidak tetap. Perjalanan menggunakan kapal biasanya memakan waktu selama 18-20 jam. Cara yang kedua tentunya menggunakan transportasi udara, dengan menaiki pesawat dari Tanjung Pinang atau Batam. Pesawat dari Tanjung Pinang hanya menuju bandar udara Natuna sedangkan pesawat dari Batam dapat menuju bandar udara Natuna dan Matak. Mo lewat jalan darat? …. jangan pernah berharap yah :)

Liburan kemaren kebetulan saya menggunakan kapal Pelni yang berangkat dari pelabuhan Kijang menuju Tarempa. Rute dari kapal pelni ini dapat menempuh seluruh perjalanan di pulau tujuh. Setelah 15 jam perjalanan kapal memasuki perairan Jemaja Letung, disini kapan tidak dapat berlabuh dipelabuhan. Kapal pelni ini hanya berlabuh jangkar dilaut, penumpang yang akan turun diharuskan menaiki kapal motor kecil alias pompong. Tepat 3 jam setelah berangkat dari Letung, kapal pelni berlabuh di pelabuhan Tarempa. Kebetulan sampe sana pukul 23.00 wib, jadi sampe rumah langsung K.O.

Tarempa from Mountain [Flickr]

Kepulangan saya kekampung halaman ini bertepatan dengan acara sukuran dalam rangka terbentuknya Kabupaten Kepulauan Anambas. Dahulunya daerah ini hanyalah sebuah kecamatan dibawah kabupaten Natuna. Pembentukan kabupaten baru ini disambut gembira oleh seluruh lapisan masyarakat disana, sehingga diadakanlah acara sukuran. Nantinya akan saya cerita lebih lanjut tentang syukuran KKA ini.

Kehidupan masyarakat didaerah ini dimulai pada pagi hari, ada juga kegiatan dimalam hari tetapi tidak terlalu ramai. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar penduduk bermata pencarian nelayan. Setelah sholat subuh saya pun keluar rumah untuk menghirup udara pagi yang segar, setelah menoleh kiri dan kanan, ternyata didepan rumah ada pasar ikan. Pasar ikan ini sangat ramai dipagi hari, karena hampir seluruh warga datang untuk membeli hasil tangkapan para nelayan yang masih fresh.

Perahu nelayan yang sedang parkir [Flickr]

Mungkin orang-orang disana pada bingung … nih anak pagi2 udah bawa kamera dan yang difoto malah pasar dan tukang ikan :) . Saya sempat dibilang wartawan … hehe :) , maklum orang-orang mungkin sudah tidak mengenali saya lagi. Hari ini misi yang harus dijalankan adalah mengunjungi seluruh rumah sanak saudara saya. Boleh dibilang, keluarga saya adalah keluarga besar. Ayah saya memiliki 9 saudara dan ibu saya 11 bersaudara. So, saya memiliki banyak paman dan bibi. Belum lagi saudara dari kakek dan nenek saya, alias saudara-saudara sepupu saya. Klo boleh dibilang, mau kemana aja di Tarempa ini masih ada hubungan saudara. Karena banyaknya saudara-saudara saya, saya sudah hampir tidak ingat kepada mereka semua. Hanya yang beberapa saja yang masih saya kenal. Mungkin inilah nasib dari seorang anak rantau yang jauh dari keluarga. Setiap ada acara kumpul-kumpul keluarga besar saya tidak dapat mengikutinya. Begitu juga dengan pernikahan sepupu saya pada waktu bulan Juli lalu.

About these ads

Written by nRa

Tuesday, September 16, 2008 at 8:07 am

67 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Seneng banget moco crito crito pulau pulau di indonesia sing jarang dimuat .., alami banget .., nontok fotomu nang flicker tambah pinter ae teknik fotografimu nDra ..,
    , aku wes kelangan mood motret ,
    kapan lulus ? mari ngono terus nang kono ?

    salam
    ww

    WW

    Tuesday, September 30, 2008 at 12:46 pm

  2. @ Pak Was : insyaAllah tahun depan lulus master pak. Sekarang lagi nyelesaiin thesis. Sepertinya mau balik ke Indo aja pak, udah kangen sama masakan Indonesia :)

    nRa

    Tuesday, September 30, 2008 at 10:46 pm

    • Tahniah buat dinda nRa yg sedang berjuang melanjutkan
      studi di LN,beri motivasi kpd adek2 sekampong spy
      mengikuti jejak dinda dkk lainnye.Kami bersame seluruh
      masyarakat KKA telah berjuang melahirkan KKA yg sebelumnya
      dalam 10 orang sulit menemukan 1 orang yg ‘percaya’kalau
      KKA mampu lahir menjadi daerah otonom baru (DOB).kami
      bersama masyarakat KKA terus melanjutkan perjuangan
      menyelaraskan pembangunan KKA demi kesejahteraan masy-nya
      sesuai cita2 mulia perjuangan.Bantu kami dgn percikan
      ilmu pengetahuan yg dinda dkk generasi belia KKA dapatkan
      di setiap ayunan asa.salam kenal,sukses selalu ya,trmksh.
      (Wann Sarros-Sekjen BP2KKA:Rakyat Berjuang Kami Menggalang.

      wann sarros

      Tuesday, July 7, 2009 at 5:26 pm

  3. […] saatnya melanjutkan kisah perjalanan saya selama dikampung halaman. Masih ingat yang bagian pertama? klo gak ingat silahkan mampir […]

  4. AnaMBas …..

    KeYen Juga….

    Yana & wenlya

    Wednesday, October 22, 2008 at 8:50 pm

  5. Sy pernah tugas di Tarempa kurang lebih 1,5 tahun 2006 s/d 2007 sangat berkesan dengan potensi keindahan alam lautnya. dengan telah menjadi kabupaten saya berharap masyarakat lebih maju dan sejahtera, demikian juga sebagai daerah kepulauan, pembangunan ke depan hendaknya tetap memperhatikan konsep wilayah kepulauan. Sarana dan Prasarana transportasi di tingkatkan jangan memaksakan pembangunan wilayah daratan. pariwisata bahari dikembangkan, manfaatkan kedekatan jarak dengan singapura dan malaysia

    Kade

    Monday, December 1, 2008 at 1:35 pm

  6. perjalanan yang dapat menggambarkan bahwa indonesia adalah negara kepulauan yang kaya, indah en banyak lagi sehingga kita patut bersyukur atas apa yang diberikan Allah SWT …………………………………………………semoga dengan adanya pemekaran tidak menjadi lahan meraup keuntungan dari segelintir orang yang menjual kekayaan bangsa dengan mengatas namakan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat……………………………………………..semoga,

    jumarni ely

    Sunday, December 14, 2008 at 9:32 am

  7. saye asli org tpa….skrg saye agek kul kot pontianak…..tpa memang mantap abis…..
    I Love u Terempa…………………………………
    kangen balek tpa ne…..

    ferdi

    Thursday, February 12, 2009 at 1:51 pm

  8. saye nak ucapkan terima kaseh. saye lah 10 th lebom balek terempa, saat saye bace artikel tetang terempa (perjalanan sahabatku) , saya sampe memeteskan air mata, rasa rindu begitu dalam untuk pulang ke kampung halaman (terempa),
    maaf bahasa melayu saye lah banyak hilang

    lody

    Wednesday, April 1, 2009 at 4:37 pm

  9. tambah lagi dung foto terempanya. saya kangen banget sama terempa udah 13 tahun gak pernah pulang terempa………

    ujang

    Sunday, April 12, 2009 at 1:15 pm

  10. Pasti perjalanan yang sangat mengesan karna sdh 20 tahun ngga pulkam. Anambas betul2 bagaikan mutiara di ujung utara, kalo dikelola dengan benar kelak bisa jadi kayak Singapura. Mungkin ngga ya?…Buat kawan2 asal Anambas lihat juga blog saya di http://putraanambas.blogspot.com.

    Diezra

    Tuesday, April 14, 2009 at 10:01 pm

  11. terempa sayang….nak balek oiiii…rinduk beno ne,,,,,
    dari anak terempa yang masih menuntuk ilmu di palembang..
    salam untuk emak,ayah,adik-adik,,sepupu,,mak ngah,,ayah alang,,,orang-orang pasa,,,orang-orang orkes melayu seroja,,,,kangeeeeeeeeee…nnnnnnn
    hikhz7

    gayatri

    Monday, April 27, 2009 at 3:14 pm

    • MARE KITE BEJUMPOK

      PARMAN

      Wednesday, May 27, 2009 at 10:49 pm

  12. Terempa memang indah, indah alamnya, budaya dan budi pekerti masyarakatnya.

    Azry Casn

    Sunday, May 10, 2009 at 6:02 pm

  13. Aku Putra Jemaja udah lama di Pontianak,Pingin juga pulang tapi,………..

    Adnan

    Sunday, May 17, 2009 at 1:05 am

  14. APO KOBO KAWAN KAWAN SAYE NI ANAK TELAGE SUDAH HAMPIR 12 TAHUN TIDAKPULANG KANGEN SEKALI SAYE AMAE KAMPUNG SAYE KEBETULAN TAREMPA KOTA SEKOLAH SAYE, KANGEN RASENYE DGN KAWAN KAWAN SEKOLAH DAN PAMPUNG.KEBETULA SAYE DENGO TAREMPA SUDAH MENJADI KABUPATEN ANAMBAS MUDAH MUDAH BERTAMBAH MAJU UNTUK ANAK ANAK DAERAH AMAMBAS APE AGE DAERAH TELAGA YANG JAUH DARI TEKNOLOGI MAUPUN INPORMASI BERJUANG LAH ANAK TELAGE BUAT KAMPUNG KAMU JADIKAN TEMPAT KAU DUNIA PENDIDIKAN YANG BAIK

    PARMAN

    Wednesday, May 27, 2009 at 10:43 pm

    • bile ade kumpul2 untuk anakanambas jak go saye …..
      saye ni putre daerah telaga besar… kampung pasir anjang…

      parman

      Thursday, March 18, 2010 at 11:27 pm

  15. KALAU ADE POTO POTO KAMPUNG KITE ISI LAH YANG BONYOK BONYOK BIO KITE PADE SNANG SEMU, KAWAN DIMANE KAH KITE BISE BERGABUNG

    PARMAN

    Wednesday, May 27, 2009 at 10:46 pm

  16. Tertarik dengan Tarempa dan Kab Kep Anambas, adakah yang dapat memberi informasi utk dapat penginapan atau apapun sehingga saya dapat tinggal bermalam beberapa waktu di Tarempa sambil melihat-lihat apa yang dapat dilakukan utk berbisnis di Tarempa.Kalau mungkin dengan harga sewa permalam dstnya.
    Yang khas dari Tarempa atau Anambas sangat menjadi kegemaran saya.
    Terima kasih .

    usman husein

    Thursday, July 16, 2009 at 7:49 pm

  17. @ usman : klo ke Tarempa didaerah tanjung ada penginapan yang lumayan bagus, didaerah pelabuhan juga ada penginapan. Tarempa tidak terlalu besar, silahkan bertanya pada masyarakat sekitar untuk mencari penginapan. pasti akan diberikan informasi sesuai yang diharapkan. Selamat berkunjung ke Tarempa.

    nra

    Wednesday, July 22, 2009 at 8:48 am

    • nRa, sudah lama saya tidak buka2 e-mail saya, maaf.Trims infonya. Saya mencoba fax ke Dinas Kon Info Anambas, tapi tdk bisa masuk faxnya.
      Apa yg bisa dikembangkan di Tarempa?, khususnya handicraft dari Bandung Jabar.Mengapa sy mengemukakan handicraft krn sy yakin Tarempa dsknya akan kebanjiran pengunjung/ wisatawan (Wisman khususnya) Terus apa yg harus sy lakukan dg persyaratan surat kependudukan dll.Kabari sy , terima kasih ya.

      usman husein

      Sunday, July 4, 2010 at 5:47 pm

  18. Send my hello to all anambas regency people. Please come to Tarempa back cose u are very very important for this regency. Please help the goverment to settle this area.
    Thanks

    Rusdi

    Thursday, August 13, 2009 at 2:18 pm

  19. @ rusli : terime hasih pak Rusli, telah sudi mampir dirumah saye ini. Sekali lagi terime kasih. Mungkin saye tak dapat banyak bantu dengan pembangunan tarempa nih sekarang, suatu saat nanti … ingi juge memberikan kontribusi pade tanah kelahiran ini. Dengan orang2 yang mumpuni sekarang ini, saye yakin pemerintahan di Tarempa dapat berjalan dengan baik. Asalkan semua visi dan misi pembangunan dapat dilaksanakan sesuai aturan. Siape saje pasti bise membangun KKA yang dapat mensejahterakan rakyatnye.

    nRa

    Sunday, August 16, 2009 at 8:37 pm

  20. kawan kawan ada yang tau cara kirim barang dalam jumlah besar/container frezer langsung ke tarempa,kalau ada yang bisa/tau tolong kasi info ke uwsakigawa76@gmail.com/bmjayaperkasa@gmail.com or

    021-93401949/081574821120
    anto
    urgent please

    sutrisno

    Saturday, October 3, 2009 at 1:02 pm

  21. Mantappppppppppppppp. Welcome to Anambas Islands

    Anambas Islands

    Tuesday, October 20, 2009 at 12:24 pm

  22. Senang dengar Anambas jadi Kabupaten. Sukses deh, bangun Anambas.
    Saya hanya ingin mengetahui potensi wisata anambas. Tolong bantu saya ya ? Thank you

    usman husein

    Monday, November 16, 2009 at 7:55 pm

  23. heemmmmhh…matak memang tempat yg indah.. saya sempat 1,5 tahun tinggal d matak..wkt itu sekitar tahun 2004..dan say pun plg kembali k purwakarta (jabar)
    dan skrg saya akan kembali k matak insya allah awal tahun depan… matak… kageennnn naek pompong… hihihikkkkz

    Lucky

    Thursday, November 26, 2009 at 9:25 pm

  24. Saya, anak Terempa di perantauan, sudah kurang lebih 28 tahun tidak pulang, senang sekali menemukan secara tidak sengaja website anda ini.Terima kasih.

    David Jerry

    Thursday, December 17, 2009 at 11:36 am

    • sama2 david, saya senang tulisan saya dapat bermanfaat untuk semua. makasih udah mampir.

      nRa

      Friday, December 18, 2009 at 1:05 am

  25. Ginduk beno rasenye nak balek terempa…,sukses selalu utk anambas..!

    Irawati

    Wednesday, January 13, 2010 at 11:57 am

  26. terksh…. berkat wak ni.. terobat sikit ginduk man dgn termpa… lah lame ndok balek .. lah ndok au agek mcm mn bentuk wajah termpa..

    eki gunawan

    Friday, February 19, 2010 at 3:43 pm

    • trksih lah, rs rindu ma kmpng hlamn jd berkurang sdkit,
      ……..

      hendri

      Tuesday, March 30, 2010 at 11:53 pm

  27. @ Irawati : sukses selalu untuk anambas :)

    @ eki : same2 wai, man senang ade yang bace blog man

    @ hendri : same2 wai, semoge terobati rindu akan tarempa ^^

    nra

    Wednesday, March 31, 2010 at 12:05 am

  28. saya pernah ke tarempa bulan maret kemaren, saya terkesan dengan keindahan alam di sana.
    tapi sayang di kota tarempa, secara khusus pantainya sudah mulai kotor karena sampah yang di buang sembarangan.
    saya berharap pemda setempat cepat tanggap dengan kondisi ini kalau memang kedepan daerah ini mau di jadikan daerah wisata bahari.

    Sugiarto

    Thursday, April 15, 2010 at 10:36 pm

    • terima kasih sudah mampir mas sugiarto. memang begitulah masyarakat Indonesia, masih kurang kesadarannya akan kebersihan lingkungan.

      nRa

      Tuesday, April 20, 2010 at 9:56 pm

    • Anambas kta q ynk indah.

      Kurniyati

      Sunday, March 25, 2012 at 12:40 pm

  29. tanah airku..udah 21 tahun ndak pulang..terima kasih fotonya..ngobatin rinduku..

    saputra

    Friday, April 30, 2010 at 2:23 am

    • sama2 saputra, terima kasih udah mampir

      nra

      Friday, April 30, 2010 at 8:51 pm

  30. Nice story mas,
    Btw, di tarempa atau letung ada hotel atau penginapan2 gitu gak?
    hehe.. rencana mau jalan2 ke sana.. :)

    Jalan Ke Mana Gitu

    Tuesday, October 12, 2010 at 8:36 pm

    • klo di letung saya kurang begitu tau, tapi klo di tarempa pasti ada.

      nra

      Friday, October 15, 2010 at 12:08 am

  31. wew…..

    mantap2 wak gombo die..????

    kalau bise wak masokan agek lah gombo2 yg laen,,

    man qinduk bangets ame terempa,,coza lah lame ndok balek kampong….

    jadi solusi nye,, dopot nengok2 gombo lah jadi ah,,elang gok gase ee…

    makach..

    erwan

    Tuesday, November 23, 2010 at 10:51 am

  32. Sy terkenang membaca ceritenya,sy teringat kembali semasa sd di kampung halamanku di Lombok timur NTB, sy skrg tgl di Jkt bersama isteri yg sm2 org sedaerah, tp sekarang dia ada undangan selama 10 hari di Pemda Anambas, anambas dan kepulauan riau lainnya serasa kampung sendiri, karena wkt sekolah sd dikampung sy sering baca buku2 cerita adat istiadat kepulauan riau yg kental dg sejarah Islamnya, smg Anambas bergema trs di Nusantara.

    Muhammad Athhar

    Tuesday, February 15, 2011 at 10:10 am

    • terima kasih sudah mampir,
      salam kenal

      nra

      Thursday, May 26, 2011 at 2:22 am

  33. I Love jemaja.
    Bgun lah, sdarkan diri dri skrg!

    Tofiq

    Friday, May 13, 2011 at 12:15 am

  34. Masya Allah indahnya mas, rugi kalau saya nggak ke sana… terima kasih infonya, salam kenal

    budi

    Monday, May 23, 2011 at 2:56 pm

    • salam kenal kembali mas budi,
      terima kasih sudah mampir.

      klo mau kesana.. sekarang sudah ada akses kapal ferry cepat dari tg.pinang dan akses pesawat dari batam ke matak.

      nra

      Thursday, May 26, 2011 at 2:21 am

  35. Aq juga orang asli tarempa lo..? aq kangen sekai pingin pulang udah meninggalkan tarempa dari tahun 95… jadi udah 16 tahun ga pernah datang, rencana lebaran tahun ini pingin pulang bagaimanaya keadaanya…? aq rindu dengan air terjun temurun, pantai pasir manan, makan mie goreng khas tarempa… aduh udah ga sabar nii…

    Titin Megawati

    Monday, August 8, 2011 at 10:53 am

  36. Selamat kembali ke kampung halaman ;)

    nra

    Thursday, August 11, 2011 at 12:21 am

  37. saya terkesan dengan cerita anda, saya dari palembang ingin tahu jalan ke kep anambas ( Maltak terus Terempang , mungin juga ek pulau lain karena ingin melihat kondisi sekolah SMP yg ada di Kep.Anambas ).
    Bisa di informasikan berapa biaya yg diperlukan dg udara atau laut dari batam ke maltak terus ke termpa.
    Terimaksih

    sarinoplg@yahoo.com

    sarino

    Monday, November 7, 2011 at 8:08 am

  38. lame tak memandang tak mendengar kota terempa.. slm rindu selalu

    Rahmawati Zamri

    Tuesday, November 15, 2011 at 5:13 pm

  39. Terimakasih sudah berbagi cerita tentang kampung halaman anda, sudah lama sekali ingin tahu lebih banyak lagi tentang kepulauan ditengah laut Cina Selatan….., dan mudah2an saat pulang ke tanah air bisa berkunjung kesana. (Wieke)

    Wieke

    Friday, May 25, 2012 at 4:06 am

  40. Terima kasih untuk artikel yang sebagus ini, insya-Allah kurang dari 6 bulan mulai sekarang saya akan berhijrah ke sini, mengikuti suami yg berasal dari Terempa itupun klau diizikan Allh swt. Mohon doa dari teman2 agar dipermudahkan urusan kami ini kerana saya dari usia 2 bulan membesar di Malaysia walau tempat tumpah darah di Dumai. Sekarang sedang survey2 pulau2 di sini,memang indah sekali…pulau yg sangat cantik..

    erna abdul wahab

    Thursday, June 14, 2012 at 1:53 pm

    • to erna :
      suaminya pindah tugas ke Tarempa? dibagian apa?
      selamat menikmati hidup baru di kepulauan anambas.

      tips : nikmati keindahan alamnya … walopun disana gak ada hiburan yg mumpuni seperi mall dkk ;)

      nRa

      Sunday, June 17, 2012 at 6:28 am

      • As-Salam, nRa..

        Suami saya juga lama membesar di sini, niat kami ingin berkumpul bersama keluarga suami memandangkan mereka telah lama tinggal berjauhan. teringin pula mau hidup di kampung, punya ternakan..dekat dengan pantai. Memang benar di sini semua ada cuma rasanya telah lama hidup dalam riuh kota..

        erna

        Thursday, September 20, 2012 at 9:55 am

      • :) maaf agak terlambat reply kerna jarang online, agak sibuk dengan kerja.

        erna

        Thursday, September 20, 2012 at 9:57 am

  41. aye lah tba di air terjun temurun..penongkat..air terjun neraja…pantai kusik juga pantai padang melang..anugerah alam yang punya potensi untuk pertumbuhan ekonomi Anambas

    Ross Haron

    Monday, June 25, 2012 at 11:51 am

    • anam bas kreeennnnnn……..molek , lawa

      Heru Chaniago Andesta

      Saturday, September 1, 2012 at 4:29 am

      • Suwar,BPKKA Jakarta
        Memang keren sekarang Kepulauan Anambas (y) semakin maju ..

        ALDI_ASWARDI

        Friday, October 26, 2012 at 9:48 pm

  42. maaf, saya putri dari aceh mau tanya2 ttg anambas, bagaimana dengan jaringan comunikasi dsn…
    lancar kah???

    ecie

    Sunday, September 16, 2012 at 3:53 am

    • klo untuk jaringan komunikasi masih lancar,
      ada 2 profider komunikasi besar yang bisa digunakan

      nRa

      Sunday, October 21, 2012 at 10:05 pm

    • Lancar, naik kapal bukit raya dari jakarta tj.priok 2 hari 2 malam . langsung sampai di anambas , peasawat transit batam-tanjung pinang langsung ke anambas.

      ALDI_ASWARDI

      Friday, October 26, 2012 at 9:57 pm

  43. Suwar,BP2KKA Jakarta

    ALDI_ASWARDI

    Friday, October 26, 2012 at 9:42 pm

  44. Saya anak nya suwar, BP2KKA Jakarta ..
    Bagaimana Keadaan dan kemajuan di kota anambas saat ini ?

    ALDI_ASWARDI

    Friday, October 26, 2012 at 9:44 pm

  45. saya orang malaysia,tapi isteri dan bapak mertua adalah orang kepulauan anambas,pulau tujuh.walau tidak pernah ke sana, isteri dan bapak mertua saya selalu menceritakan keindahan kepulauan anambas kepada saya. tapi saya di maklumkan di kepulauan anambas masih belom ada tranport udara. kerana bandaranya dimiliki oleh sebuah perusahaan minyak. adakah benar..? jika benar, sangat disayangkan ,kerana kami di malaysia tidak mau membuang waktu 20 jam di atas kapal,tapi jika ada pesawat udara,pasti kami mahu kesana.

    ali

    Wednesday, July 31, 2013 at 2:00 pm

  46. jika pemerintah indonesia serius membangunkan kepulauan anambas, berunding dengan pemerintah malaysia agar dibuka sebuah kantor imagrasi di kepulauan anambas di pehak indonesia, dan kantor imagrasi di mersing,johor,di pehak malaysia.. kerana dari google erth, jaraknya separuh dari jarak kepulauan anambas – tanjung pinang riau.

    jika ini terjadi, boleh disediakan fery untuk menjimatkan masa, dan keuntungannya adalah memakmurkan seluruh warga di kedua-dua negara. pasti kami di malaysia akan berlibur di kepulauan yg sangat cantik itu.

    ali

    Wednesday, July 31, 2013 at 2:07 pm

    • Anda bisa pergi ke tanjungpinang atau batam dari malaysia,
      kemudian naek pesawat ke pal matak dari salah satu daerah tersebut.
      sudah sampai di anambas.

      *sudah ada penerbangan rutin ke anambas dari tanjungpinang atau batam

      nRa

      Sunday, August 11, 2013 at 12:43 am

  47. assalammuallaikum ww…….salam rindu buat kawan2di tarempa semue nye ye… saye anak asli kelahiran kapng muntai,
    saye rindu betul same kampg halam saye, ternyate kpg saye saat ne tomboh lawa e,,, rase nye nak cepat 2 balek kpg ,,,hampir 22 thun tak tengok kpg, rupenye tambah lawa ojok,, hihihi kangen kangen,,,,,,,,,

    eka

    Friday, January 3, 2014 at 1:01 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: