Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Cara memperoleh beasiswa kuliah luar negeri

with 130 comments

Seringkali pertanyaan-pertanyaan seputar beasiswa ini saya terima, baik dari teman, saudara maupun kenalan-kenalan baru (blog walking). Secara umum pertanyaan itu hampir sama “Bagaimana cara memperoleh beasiswa kuliah diluar negeri?”. Melalui postingan ini saya ingin mencoba berbagi sedikit pengalaman tentang beasiswa untuk kuliah diluar negeri. Postingan kali ini lanjutan dari postingan saya sebelumnya, klo gak ingat silahkan mampir. Jika tulisan pertama itu hanya terfokus pada Taiwan, tetapi untuk postingan ini saya buat lebih universal.

  1. Cara yang paling efektif dan tingkat akurasinya hampir 100% benar adalah dengan menanyakan informasi beasiswa kepada teman, saudara atau orang yang sedang kuliah diuniversitas luar negeri itu. Contoh kasus, saya mendapatkan informasi untuk kuliah disini karena diberitahukan oleh teman saya yang lebih dahulu kuliah disini. Jadinya tinggal ikutin petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh dia. Klo ingin kuliah di MIT, coba aja cari link ato teman-teman yang sedang/pernah kuliah disana. Dijamin informasi dari mereka lebih valid.
  2. Cara ini mungkin efektif, tapi belum saya coba… mungkin akan saya coba untuk studi lanjut klo kuat. Silahkan kunjungi website resmi setiap universitas luar negeri yang ingin Anda tuju. Website universitas yang baik akan menyediakan link-link beasiswa yang ditawarkan. Hampir seluruh universitas luar negeri memberikan program bantuan berupa beasiswa. Link tersebut biasanya diletakkan pada  saat pendaftaran (admission), atau memang ada link khusus scholarship. Jika memang tidak ada juga, mungkin bisa masuk ke link International student, barangkali ada penjelasan mengenai program beasiswa. Untuk mencari website resmi universitas, saya punya link yang mudah-mudahan valid. Silahkan kunjungi website berikut. Sebagai contoh website kampus saya, silahkan masuk ke link admission –> application.
  3. Cara ketiga adalah dengan mencari informasi dari penyedia-penyedia beasiswa (Scholarship foundation), seperti beasiswa Panasonic, JICA dll .Kita juga bisa mengikuti program-program perkuliahan yang memberikan fasilitas beasiswa, kalo dieropa ada program Erasmus Mundus dll.
  4. Bagi Anda yang post graduate, kesempatan untuk memperoleh beasiswa akan lebih besar lagi. Salah satu cara dari ketiga cara diatas adalah dengan melamar langsung kepada professor yang sesuai dengan bidang riset/penelitian Anda. Kebanyakan universitas diluar negeri memiliki laboratorium yang independent, dimana laboratorium tersebut memiliki dana tersendiri untuk membiayai risetnya. Walopun kita tidak mendapatkan beasiswa dari universitas atau scholarship foudation tetapi jika laboratorium memberikan dana untuk kuliah, hal itu sangat membantu. Untuk cara ini hampir sama dengan cara kedua, kunjungi website resmi universitas, kemudia cari profil riset atao prof yang sesuai dengan bidang Anda. Silahkan bertanya kepada Prof yang bersangkutan.
  5. Cara terakhir, gampang-gampang sulit. Silahkan tanya mbah google :)

Semoga membantu.

Written by nRa

Thursday, October 30, 2008 at 10:50 pm

130 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sedang dalam proses Destination:Europe.
    Doakan saya…
    Setahun dua tahun lagi :D

    dnial

    Friday, October 31, 2008 at 8:56 am

  2. maunya sih nyusul ke spanyol…bisa gak ya *garuk2 kepala mode on*

    Ria

    Thursday, November 6, 2008 at 1:39 am

    • o tidak bisa

      misawandi

      Saturday, February 5, 2011 at 2:42 pm

  3. Untuk yang nomor 4, karena dampak dari krisis global banyak universitas yang tidak memberikan beasiswa Phd ke overseas students. Setidaknya itu info yang aku dapetin di Pameran Pendidikan Eropa 1-2 Nov 2008 lalu :( . Universitas yang waktu itu aku tanya adalah University of Manchester. Trus beberapa waktu lalu aku juga ikutan Chicago Graduate School of Business Seminar di Ritz Carlton, mereka untuk tahun depan tidak menyediakan beasiswa gara2 dampak resesi global.
    Moga2 Taiwan ga kena ya Nra :)

    Aris Kumara

    Thursday, November 13, 2008 at 12:33 am

  4. @ Aris : wah… semoga aja ris, gak sampe menjalar ke TW, bisa2 pulang tanpa ijazah neh :) . klo gitu harus pake kecepatan tinggi neh ngerjain thesisnya. Doakan saya teman2.

    nRa

    Thursday, November 13, 2008 at 12:47 am

  5. Haloo.. salam kenal.
    Dapet beasiswa di NTUST ya? Di jurusan apa? Aku ada temen juga disitu, di Computer Network kalo gak salah..

    Okto Silaban

    Thursday, November 13, 2008 at 6:52 pm

  6. @ okto : saya dijurusan Computer Science and Information Engineering. Btw, siapa nama temannya?

    nRa

    Thursday, November 13, 2008 at 7:06 pm

  7. saya adlah orang yang penuh dg mimpi,karena dengan mimpi sya dapt bertahan.saya ingin kuliah di luar negri.tapi,sy hnya bermodal pemikiran saya tak punya biaya.ada yang bisa bantu saya?

    nana

    Tuesday, December 23, 2008 at 4:55 pm

  8. @ nana : klo mau kuliah dikampus saya (NTUST) saya bisa bantu cara applynya. Silahkan hubungi saya via japri jika ingin bertanya lebih lanjut, atau bisa dengan membaca blog ini pada kategori beasiswa.

    nRa

    Tuesday, December 23, 2008 at 10:33 pm

  9. salam kenal… blognya bagus sekali…

    Naizal Norewan

    naizalnorewan

    Wednesday, December 24, 2008 at 5:05 pm

  10. naizalnorewan

    Wednesday, December 24, 2008 at 5:06 pm

  11. ehhhmmmm….

    tolong bantu donkzzz….

    q pengen banget kuliah di luar negeri tpi dengan beasiswa….
    tolong yowhh…..
    tolong beritau caranya….

    yulie

    Thursday, March 5, 2009 at 5:11 pm

  12. hai mas salam kenal namaQ yakub asli solo
    mas saya dengar mas kul di NTUST yach?..
    klo boleh mas bisa bantu saya cara applynya gak ya?
    terima kasih sebelumnya…

    dan kalau boleh saya tahu apa ada jurusan architectur yang ditawarkan disana?

    tolong email saya aja di big_bozz_jacz@hotmail.com
    karena saya pas kebetulan saja liat blog ini dan saya tidak tau kembali lagi ke blog ini
    terima kasih.

    Yakub

    Wednesday, March 25, 2009 at 12:54 pm

  13. aslmkum……

    saya pengen kuliah ke taiwan……….

    tolong bantu saya untuk bisa kuliah ke taiwan tanpa biaya…..saya mohon…….

    yoshinu

    Wednesday, June 3, 2009 at 4:29 pm

  14. nra

    Thursday, June 4, 2009 at 6:03 am

  15. Salam kenal….

    aku baca yang urut2an bt legalisir ijasah sebelum ke TETO kok aku bingung ya? YAng spesimen TT itu buat apa?brarti bt ke NTUST cuma perlu masing2 1 copy aja? Soalnya temenku crita dy d NCKU perlu 5 copy gt……

    thx before bt infonya ;p

    Leesa

    Saturday, June 27, 2009 at 1:33 am

  16. @ leesa : legalisir dokumen pertama adalah di Dep hukum, tetapi semua dokumen yang akan dilegalisir disini harus dilegalisir terlebih dahulu oleh instantsi terkait (universitas). Yang melegalisir dokumen di universitas harus orang yang telah terdaftar di dep hukum. gunanya spesimen TT adalah ketika orang yang melegalisir dokument kita di universitas belum terdaftar di dep hukum, jadi kita akan otomatis mendaftarkan orang tersebut dengan menunjukkan spesimen TT.

    nRa

    Tuesday, June 30, 2009 at 9:08 pm

  17. kak, kuliah di NTUST yah?
    boleh tanya2 gak tentang NTUST?
    soalnya rencananya saya ingin ambil S1 disana. di NTUST ada beasiswa untuk S1 gak?

    kalo bisa reply via email aja yah kak! thanx yah

    chan

    Thursday, July 2, 2009 at 3:20 pm

  18. Hallo teman2 mohon info ya kulaih dnegan bea siswa ke luar m\negeri: Amerika atau Australia. KHusus dibidang konseling. Saya sdh S-2 di bidang theologia. Mau melanjutkan ke bid konseling satu bidang yg butuhkan dewasa ini.

    hugo simpei

    Saturday, July 4, 2009 at 8:23 am

  19. Untuk bidang konseling mungkin lebih khusus pada MARRIAGE COUNSELING. Bisa langsung k e email saya ya…THx so much

    hugo simpei

    Saturday, July 4, 2009 at 8:25 am

  20. Wah Mas, meskipun ini postingan lama, tapi sangat membantu sekali…
    Terima kasih banyak atas info dan semangatnya…

    Salam semangat Selalu :)

    bocahbancar

    Friday, August 7, 2009 at 5:40 am

  21. maaf mas … ada gak sih yang lebih bermutu??????????????????

    maria

    Saturday, November 28, 2009 at 12:18 pm

  22. …….

    roni

    Saturday, November 28, 2009 at 12:19 pm

  23. mba ,apakah beasiswa ke luar negeri itu dilihat juga dari ni;lai ipknya
    dan universitas yg bagus di seoul korea apa? aku pengen bngt kuliah diosana
    sama mempelajari budayanya
    thxx

    rizki amelia

    Thursday, January 14, 2010 at 11:40 am

    • maaf mbak rizki, saya cowok ^^. dan kebetulan saya di Taipei, tidak berada di seoul korea. Mungkin bisa dicari univ yang terbaik dikorea dari daftar2 universitas. setelah itu bisa menghubungi bagian addmissionnya.

      nra

      Sunday, January 17, 2010 at 9:09 pm

  24. WAH2…ini pas bgt nieh
    gini nie,,,rencana ku ke depannya…
    gw sekarang MASI SMK JURUSAN IT TEPATNYA AKU NGAMBIL JURUSAN TKJ(TEKNIK KOMPUTER JARINGAN)
    RENCANA GW NNTI GW MO NGAMBIL KULIAH S1 DI AMERIKA JURUSAN KOMPUTER,,,,KLO ADA APA NAMA UNIVERSITAS NYA????
    ADA YANG BISA BANTU GAK…???
    KLO ADA KIRIM AJA KE E-MAIL KU Y
    fajarienaldy@Yahoo.com
    thanks^_^

    rienaldy zulvia fajar

    Tuesday, March 23, 2010 at 8:32 pm

  25. saya skrg udah kulia sihh…tp pengen pindah(transfer) saya sekarang kulia ambil jurusan Teknik Informatika baru semester 2, nnaahhh pengen.nya dpt beasiswa d.australia!! ada gag ya d.australia???? mohon bantuan info nya!! makasih….

    izzati khoirina

    Friday, March 26, 2010 at 2:35 pm

  26. @ reinaldy : wah, klo untuk belajar di US saya gak begitu paham prosedurnya. Mungkin bisa kunjungin langsung website universitas2 di US, terus tanya prosedur pendaftarannya.

    @ izzati : setahu saya klo beasiswa di Australi cukup banyak, tetapi seleksinya sangat sulit dan ketat. coba hubungi link berikut : http://www.ausaid.gov.au/scholar/

    nra

    Saturday, March 27, 2010 at 1:40 pm

  27. Lebih bagusan kuliah di taiwan ato aussie sih?
    Biaya kul ke taiwan n biaya shari2ny kira2 brapa yah?
    Mahal gax sih?
    Thx

    Melody

    Saturday, May 15, 2010 at 7:51 pm

  28. good news
    bro w dah baca semua tulisan lo, n manteb lah isinya.
    n w jg dah peranh nglakuin proses2 yg lo dah tulis.. itu mngkndah ga masalh..
    NN w jg jadi pengen tuh study disana,,,,
    yg jadi pertanyaan penting w. izajah w dah lewat dari 2 tahun kira2 w masih bisa enroll kesan n da kemungkinan keterima ga yah….hehe
    TRIMAKASIH….

    erik

    Thursday, May 27, 2010 at 8:01 pm

  29. saya ingin naxa syarat2xa apa aja yach..??

    syincome

    Friday, June 18, 2010 at 3:33 pm

    • syaratnya tergantung sewaktu pendaftaran, tetapi biasanya transkrip nilai dan ijazah yang dilegalisir (klo penyedia beasiswa LN, minta english version), nilai toefl.

      nra

      Saturday, June 19, 2010 at 2:37 am

  30. salam kenal ka!!
    saya seorang mahasiswa di bogor
    mau nanya,,
    1)kak Nra dulu apply beasiswanya langsung ke NTUST atau melalui beasiswa yg ditawarkan pemerintah Taiwan?
    2)kalau boleh tau di NTUST ada program master untuk sains kimia ga kak
    terima kasih atas infonya

    Norka

    Monday, June 28, 2010 at 1:35 pm

    • @ norka : saya dlu apply langsung ke NTUST, di NTUST ada jurusan sains kimia … silahkan dilihat profil jurusannya diwebsite http://www.ntust.edu.tw

      nra

      Tuesday, August 24, 2010 at 1:03 am

  31. bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk kulia di luar negeri

    marthinus mangge

    Monday, July 26, 2010 at 1:13 pm

  32. Slam kenal mas..
    Saya mahasiswa tahun 2010 ilmu hukum.
    Ada gga beasiswa
    Untuk ilmu hukum.
    Krn Saya sering baca beasiswa itu kebanyakn untuk T.I.K ya..
    Trims..

    agil

    Sunday, August 15, 2010 at 6:12 pm

    • @ agil : klo di Taiwan, hampir seluruh universitas punya beasiswa untuk berbagai jurusan. Silahkan dilihat profil2 universitas dan jurusannya, terus bisa tanyakan langsung admission + scholarshipnya

      nra

      Tuesday, August 24, 2010 at 1:07 am

  33. Salam knal ka ! ^.^
    . Ka, NTUST tu ap kpnjngn.y ? Hee
    . Aq nana, 1 thun lg aq llus dan rncna.y pngen ng.lanjutin study k. Kyung Hee university of korea selatan.. Tp gk da biaya, pngen.y seh lwt scholarship,. Bisa ksh info gak?
    Ato yg punya knalan d.snaa slhkan hbungi aq .. 085249979747
    mohon bantuan.y yaa, krna qta adl anak bangsa yg ingin mncpai pndidikan dgn kcerdasan otak ..
    Gomawo ^.^

    RimHyun Nana

    Monday, August 23, 2010 at 10:52 am

    • @ nana : NTUST = National Taiwan University of Science and Technology. klo korsel sayang kurang mengerti sistemnya, mungkin bisa kontak langsung dengan universitas bersangkutan.

      nra

      Tuesday, August 24, 2010 at 1:08 am

  34. Salam kenal…

    Oia, saat ini saya sedang menyusun tugas akhir. Tadi pagi, saya baru menerima beasiswa berupa monthly stipend dari ntust untuk spring/fall 2011. Yang saya bingungkan saat ini adalah bagaimana saya bisa mencari beasiswa untuk membiayai biaya kuliah.

    Terima kasih atas perhatiannya.. Saya tunggu jawabannya, ya..

    Bree

    Thursday, October 7, 2010 at 11:14 pm

    • Oia, maaf saya lupa mencantumkan bahwa aplikasi itu adalah aplikasi master. Terima kasih…

      Bree

      Thursday, October 7, 2010 at 11:16 pm

      • @ bree : klo dapet monthly stipend …. kyanya uang kuliah udah gratis, tinggal bayar asrama sama uang asuransi kesehatan aja persemester.

        coba liat lagi klausul beasiswanya, biasanya ada yg menerangkan “tuition fee” … bla bla bla

        selamat menjadi mahasiswa NTUST

        nra

        Friday, October 8, 2010 at 7:07 pm

  35. Peminatan Software Engineering specific gak ada ya?

    Oz

    Wednesday, November 3, 2010 at 4:35 pm

  36. Peminatan Software Engineering specific gak ada ya? :?

    Oz

    Wednesday, November 3, 2010 at 4:52 pm

    • maksudnya gimana yah?

      nra

      Thursday, November 4, 2010 at 1:25 am

      • Saya calon lulusan CS dari UI mau tanya nih…

        1. Iya, maksud saya ada gak ya prof di NTUST yang mendalami atau risetnya di bidang proses Rekayasa Perangkat Lunak, seperti CMMi, penjaminan mutu perangkat lunak, proses perangkat lunak (agile), metode formal dsj :?

        2. apa perbedaan antara kurikulum CS, CE, Information Engineering NTUST? Kalau saya lihat banyak overlapnya sih. Kalau ada riset pada bidang yang sama antara CS dan CE (misalakan bidang jaringan komputer) apakah konsentrasinya akan berbeda?

        3. Apa ada IPK minimal buat beasiswa di CS NTUST?

        ~makasih ya bang udah mau jawab…
        ~kemarin sempat ada kunjungan dari NTUST yang presentasi kalo gak salah Prof Hua (Kai Lung), orangnya agak jutek/kurang ramah jadi saya takut nanya2 lebih jauh

        Oz

        Sunday, November 7, 2010 at 3:21 am

  37. Q 1 and 2 :
    di CS sepertinya tidak ada konsentrasi rekayasa perangkat lunak (bisa di lihat di faculty membernya). klo mau ambil bidang rekayasa perangkat lunak, bisa lihat jurusan Management Information System.

    Q 3 :
    IPK minimal tidak ada, karena semua berkas yg masuk adak disaring secara global. Tetapi yang berpeluang besar untuk mendapat beasiswa tetap yg memiliki IPK tertinggi.

    nra

    Monday, November 8, 2010 at 11:56 pm

  38. Hal0
    sy Ariz . . .bsa gk bntu sya kuliah d malaysia. .alnya sya pgen sekali kesana…tapi dengan beasiswa. .

    ArIz

    Wednesday, November 10, 2010 at 2:46 pm

    • mungkin bisa ditanyakan ke PPI Malaysia, agar informasi yg didapat lebih valid.

      nra

      Thursday, November 11, 2010 at 9:48 pm

  39. terimakasih

    yulian pratama

    Thursday, December 30, 2010 at 6:23 am

  40. sangat membantu teman2 ya mas nra
    ku sangat terkesan dengan anda

    criez fulton daimler

    Thursday, January 6, 2011 at 11:50 pm

  41. hii..
    kuliah di NTUST susah gak? :D

    trus kalau misalnya di tahun ke 2 ( S2 ) IPK turun, apakah beasiswanya dicabut?

    nate

    Monday, January 10, 2011 at 12:19 pm

    • klo kuliah tergantung dengan kemampuan yg kita miliki, so far … anak2 Indonesia selalu menjadi bintang kelas :)

      untuk beasiswa tahun kedua akan ada evaluasi dari nilai akademik dan progres thesis/riset.

      nra

      Wednesday, January 19, 2011 at 3:03 pm

      • ada kemumngkinan beasiswa dicabut? :D

        nate

        Wednesday, January 19, 2011 at 8:06 pm

      • pasti ada donk, klo nilai akademisnya gak bagus dan hasil riset tidak memuaskan.

        nra

        Thursday, January 20, 2011 at 12:00 pm

  42. thank..

    nate

    Monday, January 10, 2011 at 12:20 pm

  43. gila mau kami para pemburu beasiswa banyak mengalami kendala, ada yang bisa bantu secara pasti ga sih? apa harus dateng langsung ke embassy indonesia dulu atau embassy negara yang lainnya?

    latif

    Tuesday, January 18, 2011 at 9:34 pm

    • maksudnya secara pasti gimana?

      nra

      Wednesday, January 19, 2011 at 3:03 pm

  44. saya mencari beasiswa ke singapur atau ke australia…
    Subhanallah, susahnya.. T_T
    tapi saya tidak patah semangat, mudah2an saja mendapatkan apa yang saya cari..
    Semuanya mohon bantuannya, jjika ada info apa2 hubungi saya di alamat email di atas….

    Saya sangat ingin melanjutkan di sana.. untuk underguarted^^

    terimakasih^^

    Neneng Mustikasari

    Saturday, January 22, 2011 at 12:22 pm

  45. kak, mohon bantuannya untuk info beasiswa S2 di NTUST, kita bisa sharing lewat email kan kak? saya ingin mencoba sains kimia nya.. thanks before y kak

    fatiya

    Monday, January 24, 2011 at 12:22 pm

    • boleh…. klo ada pertanyaan kirim ke email aja.

      nra

      Friday, January 28, 2011 at 11:34 am

  46. Halo… Blog nya bagus… Informasi ini akan sangat membantu… Doa in ya…

    Andy

    Friday, February 4, 2011 at 1:11 pm

  47. saya pengen banget kuliah di jerman gimana caranya dengan biaya yang murah

    dharma putra

    Saturday, February 12, 2011 at 4:41 pm

    • Maap saya tidak dapat banyak membantu untuk beasiswa ke Jerman, coba hubungi persatuan pelajar Indonesia di jerman (PPI Jerman). Informasi yang didapat akan lebih valid.

      nra

      Thursday, March 10, 2011 at 11:53 am

  48. bang nra….
    bang,sy tahun ni akan tamat (kalo lulus) dan saya SANGAT2 ingin mlnjutkan pndidikan diluar ngri,mana aja boleh….
    stlh sy browsing berjam2,rasanya proses tuk kuliah ke taiwan paling simple y…
    bang,tlong jawab pertanyaan2 saya y:
    1. aya org tiong hoa,jadi mandarin,inggris mn lbih brpngrug (mandrin sya lemah)?
    2. mengapa abg plih NTUST,bukan unibersitas lain?
    3. beasiswanya tuk siswa lulusan SMU kn?

    mohon bantuannya bang…
    thanx

    Hendry

    Sunday, February 27, 2011 at 3:08 am

    • klo untuk kuliah S1, sangat sulit mendapatkan beasiswa di Taiwan. karena lebih diutamakan untuk program S2 dan S3.

      Perkuliahan S1 menggunakan bahasa mandarin, S2 dan S3 kita bisa memilih mandarin atau english.

      nra

      Thursday, March 10, 2011 at 11:57 am

  49. oooo
    trima kasih bang!!!

    Hendry

    Thursday, March 10, 2011 at 4:14 pm

  50. ingin tau gmn caranya sekolah di taiwan n berapa biaya per semesternya…thank’s

    yanah

    Thursday, April 7, 2011 at 4:31 pm

  51. knpa lw mau nyari beasiswa S1 lbih susah? aq ex BMI Taiwan,rsnya pgen bgt nyari beasiswa bwt kiliah di Twn,pi bingung nyarinya

    lintang

    Thursday, April 21, 2011 at 12:32 pm

  52. sorry,can i ask something to you?
    apa kuliah di luar negeri untuk s1 itu susah? makasih sebelumnya..

    livia

    Wednesday, June 1, 2011 at 11:25 pm

    • bisa susah bisa mudah,
      yang jelas kendalan bahasa bakalan menjadi masalah utama. klo untuk standar kelulusan, saya kira hampir sama dengan Indonesia.

      nra

      Saturday, June 4, 2011 at 1:00 pm

  53. aku pnya bnyk mimpi….
    aku pngen kuliah k luar negri lwat beasiswa……
    kak gmna cara dapat beasiswa d inggris?????
    apa ada s1???
    makasehh…..

    Agung

    Monday, June 13, 2011 at 4:23 pm

    • Untuk ke Inggris saya tidak mengetahui prosedurnya,
      mungkin mas Agung bisa menghubungi persatuan pelajar Indonesia disana
      http://ppiuk.org/

      nra

      Monday, June 13, 2011 at 5:05 pm

      • oh….
        makaseh…
        low lu2san SMK/SMA ada beasiswa bwt k luar negri g????

        Agung

        Monday, June 13, 2011 at 5:25 pm

  54. gimna cie cara biar dapat beasiswa kluar ngeri ??

    bagi” info’a dunk…..!!!
    sharing d FB w dunk
    E-MAIL: gloria.magdalena@yahoo.com
    thanx before
    GOD BLESS U

    CHRISTINA GLORIA

    Thursday, July 7, 2011 at 6:15 pm

  55. thanks infonya, sangat membantu…

    faisal

    Monday, August 1, 2011 at 3:00 pm

  56. Tolong doakan saya ya supaya bisa diterima di Nanyang 3 tahun lagi ^_^
    hehehe :D

    febrian

    Tuesday, August 2, 2011 at 8:34 pm

  57. aku dah punyya niat kuliah d luar negri
    yah walaupn aku msii kelass 2smp…
    tapi aku mau brusaha dri skrang
    aku punya k’inginan kuliah di universitas nasional seoul
    tapi dari beasiswa……
    jadi gmna caranya dpat beasiswa d korea…

    sandrastella15@yahoo.co.id

    Ainur Clallw Bhegnii Bhegtoo

    Friday, September 2, 2011 at 7:00 pm

  58. mungkin hanya mimpi pengen kuliah di luar negeri, tapi aku harap mimpi itu bisa terwujud.. bisa ga cariin info tentang kuliah di luar, tapi kalau bisa dengan jurusan kedokteran… please… kalau ada diantara kakaa2 yang tinggal atau pernah kuliah di luar mohon bantuan nya… ntar kalau udah dapat info nya kasih kabarnya ya? lewat fb aja.. makasih sebelumnya kaa…

    Murni Mitochika

    Monday, September 5, 2011 at 3:47 pm

    • Kalo menurut saya, untuk pendidikan S1 kedokteran .. Indonesia masih lebih baik dari negara2 diluar.
      Karena banyak orang luar negeri yang belajar kedokteran di Indonesia.

      nRa

      Tuesday, September 6, 2011 at 5:39 pm

    • hai murni, kamu ingin studi ke luar negeri?? mungkin kami dapat membantu kamu, nah coba kamu tanya semua informasinya di sini:

      Follow : @program_master
      Phone : 081385000810
      for Blackberry : 287E7FD0
      fb: info_master@rocketmail.com

      http://www.overseaszone.com
      …….Thank you ya………

      skolah master luar negeri

      Thursday, July 5, 2012 at 11:28 am

  59. Saya mau berangkat ke Australi. Doain sukses ya.
    Tips nya bener2 manjur deh

    anja arowana episcia liviana

    Thursday, September 15, 2011 at 9:36 am

    • Semoga sukses studi dinegeri orang,
      jangan lupa share pengalaman disana untuk berbagi kesemua.

      Terimakasih udah mampir.

      nRa

      Thursday, September 15, 2011 at 11:43 pm

      • mksih balik yaah brotha tas infonya,,,,,
        bwat anja arowana,,,
        sucsses sllu,,
        jgn lupa infokan education yang di dapatkan disana kelak,,,^_^

        Fiedha Youone Yuen

        Monday, October 31, 2011 at 10:36 pm

  60. thanks f info,,,,,^_^

    Fiedha Youone Yuen

    Monday, October 31, 2011 at 10:34 pm

  61. saya sudah berniat ingin kuliah di luar negeri walau masih kls 1 SMP
    dgn cara beasiswa
    pengen.a d inggris gmna cara.a ??

    atiik

    Sunday, December 25, 2011 at 8:08 am

    • Sekarang sudah kelas berapa? atau sudah kuliah kah?
      silahkan lihat peluang2 beasiswa di internet untuk mahasiswa internasional, banyak sekali kesempatan beasiswa yang diberikan. apalagi sekarang ini sudah jamannya serba online, jadi proses daftar dan tesnya lebih gampang.

      nRa

      Sunday, December 25, 2011 at 12:11 pm

  62. kak nra pny fb ga. .
    Q pengen bgt bs kuliah di luar negeri. Mw minta info2nya ke kakak.

    melind

    Friday, January 13, 2012 at 1:06 pm

  63. kak nra pny fb ga?
    Q pengen bgt kuliah di luar negeri. .mw tanya2 info ke kakak.

    melind

    Friday, January 13, 2012 at 1:19 pm

  64. Tersedia beasiswa studi S1 dan S2. Beasiswa mencakup subsidi spp sd 50% dan kesempatan kerja part time untuk menutupi biaya hidup. Kontak di dodi@ipc.ac.nz

    Dodi

    Monday, February 27, 2012 at 6:39 am

  65. saya ingin sekali kuliah di luar negeri tapi saya bingung dengan infonya
    mohon bantu saya untuk mendaptkan info yg lebih spesifik lagi tentang universitas khusunya di australia
    terimakasih

    putri rizki gumilang

    Tuesday, March 6, 2012 at 4:29 pm

  66. wow makasih infonya :D

    Diprats

    Tuesday, March 13, 2012 at 2:54 pm

  67. thanks a lot of your information,saya adalah orang yg hidupnya penuh dengan mimpi.and mlnjutkan kuliah to overseas itu mimpi terbesar saya…..

    marsela arfina

    Friday, March 23, 2012 at 4:15 pm

  68. mau donk kuliah keluar negri,siapa coba yang gak mau,

    ajeng

    Friday, May 4, 2012 at 1:34 pm

    • apa aja sih kak testnya ikut beasiswa luar negeri? apa testnya langsung kesana atau online lewat internet

      mez

      Friday, June 8, 2012 at 11:07 pm

      • to mez :
        persyaratan untuk ikut tes beasiswa tergantung dari universitas atau penyelenggara beasiswa.
        biasanya dokumen awal yang harus disiapkan adalah :
        1. transkrip dan ijazah berbahasa Inggris
        2. nilai toefl
        3. rekomendasi dari dosen kuliah atau atasan saat bekerja
        4. bukti keterangan sehat dari tes kesehatan

        setelah itu tinggal ikuti tesnya, bisa tes tertulis atau tes wawancara. caranya pun ada berbagai versi, ada yang langsung ditempat atau klo lagi hoki bisa wawancara via telp.

        nRa

        Sunday, June 17, 2012 at 6:25 am

  69. Trimx for u information very help me

    Ferlyrorintaman

    Tuesday, May 22, 2012 at 8:56 am

  70. ada info tentang beasiswa lanjutan buat lulusan d3 teknik komputer yang ke luar negeri
    klw ada tlg info in di email q
    amin_riza2@yahoo.co.id

    lee

    Wednesday, May 23, 2012 at 10:14 am

  71. Untuk lulusan tahun ini apa ada program beasiswa disana ?
    Saya kurang paham , mohon penjelasannya lebih lanjut

    NOVITA RATNA INSANI

    Sunday, May 27, 2012 at 11:25 am

    • setiap tahun ada program beasiswanya

      nRa

      Thursday, May 31, 2012 at 1:26 pm

      • kak nra, aku minat di ncku. tolong bantuin donk tahap awalnya.. apa pertama kirim transkrip nilai ke kedubes taiwan di jkt? makasii kak nra :)

        jeje

        Saturday, June 2, 2012 at 2:36 pm

  72. tahap pertama daftar online di website kampus NCKU,
    kemudian lengkapi seluruh berkas dan persyaratan.
    setelah ada pengumuman beasiswa dan dinyatakan diterima, baru ikuti prosedur daftar ulang dan keberangkatan (termasuk tes kesehatan dan pembuatan visa)

    nRa

    Sunday, June 3, 2012 at 1:07 am

    • ternyata daftar online ga bisa sembarang ya kak? ada tgl deadline’nya. n yg skrg udh tutup. :(
      apa di smua univ d taiwan ada deadline register ya kak?

      jeje

      Sunday, June 3, 2012 at 11:23 am

      • to Jeje :
        betul … pendaftaran mahasiswa baru di Taiwan ada 2 gelombang setiap tahunnya:
        gel 1 : setiap bulan November
        gel 2 : setiap bulan Maret
        untuk keterangan tanggal, tergantung dari setiap universitas, rajin2lah mampir ke website universitas yang diinginkan

        nRa

        Sunday, June 17, 2012 at 6:20 am

  73. aq lagi bingung,,, lebih baik menyelesaikand s1 keperawatan aq dulu,,, atau pertengahand semester aq ikutd beasiswa luar negri??? jadi nglanjutind d sana….
    mohond infonya yah :)

    Saffitri

    Friday, June 15, 2012 at 10:19 pm

    • to Saffitri :
      sebaiknya selesaikan dulu S1, ntar tinggal ambil S2 saja di luar negeri.

      nRa

      Sunday, June 17, 2012 at 6:21 am

      • oh begitu,,,, thanks before ….
        s1 lulus, insyaallah ke luar negeri, mohon doanya dan bantuannya yah..

        terima kasih. :)

        Saffitri

        Tuesday, June 19, 2012 at 9:14 pm

  74. Thanks 4 The Info,,.

    anniewilliam

    Sunday, June 17, 2012 at 3:21 pm

  75. kak Nra, tanya lagi nih :)
    di comment kakak yg ini :
    biasanya dokumen awal yang harus disiapkan adalah :
    1. transkrip dan ijazah berbahasa Inggris
    2. nilai toefl
    3. rekomendasi dari dosen kuliah atau atasan saat bekerja
    4. bukti keterangan sehat dari tes kesehatan

    poin nomor 1 itu maksudnya gimana kak? cz aku mau siapin smua. apa maksudnya ijazah yang ada itu ditranslate?
    trus nilai toefel itu hasus ikut yang toefl internasional atau yg toefl nasional masih available?
    makasihhh ^^

    jeje

    Saturday, June 23, 2012 at 9:49 pm

    • to jeje :
      Ijazah yang kita terima dari universitas (dalam negeri) menggunakan Bahasa Indonesia,
      kita bisa meminta ijazah dengan format Bahasa Inggris, coba tanya di TU fakultas/jurusan.

      klo transkrip nilai, biasanya sudah disertakan dalam 2 bahasa, Indonesia dan English.

      nRa

      Tuesday, June 26, 2012 at 7:12 pm

  76. salam kenal..
    aduuh saya nyesel bngt baru nemu blog ini…
    q pengen bngt nerusin kuliah di luar negeri’australia/singapura’ tp gmn cara nya doong!!
    tp mau yg beasiswa…
    kasiihh info ya!!

    neng siti maryam

    Tuesday, June 26, 2012 at 10:52 pm

  77. Mas,saya masih baru mau masuk kelas 2 sma , tapi udah ada niat ngelanjutin S1nya di singapura , kalau nilai kelas 1 nya kita standar 75 aja , tapi kedepannya akan di naikin lagi , apa itu masih ada harapan ?

    Wira Priharto (@wirapriharto)

    Friday, July 6, 2012 at 1:04 am

  78. kak minta almt email nya donk.. need help. ato email aku di jejewijanto@yahoo.co.id
    tengkyu2 bgt.. :(

    jeje

    Sunday, July 15, 2012 at 12:24 am

  79. salam kenal mas,, nama saya puji… skrg saya kuliah di suatu perguruan tinggi negeri di smg… nah saya punya rencana untuk s2 di luar ngeri… pengennya si di eropa…. tapi melalui jalur basiiswa.. saya pengen bgt di belanda, jerman atau inggris… bisa tolong kasih tipsnya gk mas bagaimana caranya saya bisa mendapatkan informasi untuk study in europe? dan saya mohon sekali kalau ada info, tolong kirim ke email saya pujiea_jia@yahoo.com. terima kasih mas :)

    pujie

    Sunday, July 29, 2012 at 1:49 pm

  80. mas admin.. tolong donk di share syarat dan apa aja yang perlu dipersiapkan untuk dapet bea siswa tempat kuliah mas admin …. abuaisyah176@gmail.com

    rowobulus

    Friday, August 24, 2012 at 5:04 pm

  81. mmm saya pengen kuliah di columbia university,semoga bisa…amin

    ika

    Sunday, September 9, 2012 at 5:41 pm

  82. bagaimna caranya untuk dapatin beasiswa kuliah di luar negeri yh ..??????

    HoLy _

    Wednesday, October 10, 2012 at 8:42 am

  83. haii,,salam kenal….bgmn sih cranya agar kta m’PEROLEH BEASISWA DI LUAR NEGERI?
    apakah ditentukan jg oleh nilai?…

    amanda wenda

    Monday, November 12, 2012 at 10:48 am

  84. Apa harus mengikuti olimpiade baru bisa masuk universitas di amerika .!!.

    Vhivi

    Thursday, July 18, 2013 at 2:03 pm

  85. That is a great tip especially to those fresh to the
    blogosphere. Short but very accurate information… Thank you for sharing this one.

    A must read post!

    Kantor Pengacara Perceraian

    Friday, September 13, 2013 at 9:32 am


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

