Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Hongkong – Beijing (Bagian 1)

with 32 comments

Perjalanan di Hongkong dan pengurusan China visa.

Kali ini liburan musim dingin akan saya habiskan dinegeri seberang (nyeberang Taiwan). Rencana perjalanan sudah diatur sedemikian rupa, dengan berbagai persiapan lainnya. Keinginan untuk menuju Hongkong dan Beijing akhirnya tercapai, setelah 5 buah tiket pesawat China Airlines digenggam ditangan.

Tanggal 27 januari, 5 orang sahabat akan memulai perjalanan musim dingin ditempat yang memang sangat dingin :D . Seminggu sebelum tanggal 27, Beijing mengalami badai salju dan membuat transportasi kota itu lumpuh total. Berbekal berita tersebut, segala persiapanpun harus disiapkan dengan matang. Jaket tebal, penghangat tangan, sarung tangan dll dsb suatu keharusan yang harus dibawa. Saya kira cukup persiapan yang harus dijelaskan, saatnya kita mengikuti tur para turis yang berkedok backpacker ini (suatu saat akan mengerti kenapa dikatakan turis berkedok backpacker).

Pada hari itu, pesawat China Airlines akan meninggalkan Taipei pada pukul 21.30 menuju Hongkong. Pukul 23.15 pesawat mendarat di bandara Hongkong. Perjalanan ke Hongkong sengaja dipilih pada malam hari, dengan harapan keesokan harinya dapat mengurus China visa tepat waktu. Dari rencana perkiraan waktu, pengurusan China visa dapat dilakukan dikantor China Resources Building, Wancai, Hongkong Island.  Pengurusan visa dapat dilakukan sehari, dalam artian hari ini melakukan pengurusan dan keesokan hari visa akan selesai. Biaya pengurusan visa sebesar HK$ 400 (dari website). Pengurusan visa juga dapat dilakukan dibandara Hongkong, melalui CTS (China Travel Services). Biaya yang dibutuhkan sekitar HK$ 1000, mengurus dipagi hari, sore hari visa akan selesai. Mengingat waktu dan keterbatasan dana, kami mencoba alternatif lain untuk mengurus China visa. Sebagai informasi, di Taipei kita tidak dapat mengurus China visa. Karena ada perseteruan yang terselubung antara China – Taiwan. Negara terdekat dari Taiwan untuk mengurus China visa adalah Hongkong. Info terkait pengurusan China visa di Hongkong (http://www.fmcoprc.gov.hk/eng/zgqz/bgfwxx/default.htm)

*Tips : Jika memutuskan untuk bermalam dibandara Hongkong, saya sarankan untuk keluar dari imigrasi. Karena setelah keluar dari imigrasi, kita dapat menuju departure hall, dan disana lebih banyak tempat makan dan toko-toko. Berbeda dengan bandara Changi Singapore, dimana suasana didalam bandara (sebelum keluar imigrasi) lebih nyaman dari pada diluar.

Perjalanan mendebarkan dimulai, dengan memutuskan untuk mengurus visa di Shenzhen, China. Dalam artian, kami harus keluar Hongkong dan berada didaerah internasional perbatasan antara Hongkong dan China tanpa memiliki China visa. Diantara kami berlima ada seorang teman yang bekerja dikantor imigrasi, beliau lebih paham soal seluk beluk informasi visa ini. Tetapi tetap saja perasaan masih waswas ^^.

Keluar dari pintu bandara dan cari terminal bus A21 dari Hongkong airport menuju Hunghom stasiun. Harga bus HK$33 dengan durasi perjalanan 1 jam. Setibanya di Hunghom stasiun, ambil MTR (Subway) jalur 4 dari Hunghom stasiun menuju Low Wu. Tiket seharga HK$33 dan lama perjalanan 50 menit.

Shenzhen merupakan tempat khusus bagi warga negara Indonesia, karena kita dapat memasukinya dengan menggunakan visa on arrival. Ketika akan memasuki imigrasi Shenzhen, jangan terburu-buru masuk kesana. Tanyalah letak kantor imigrasinya, dan disebelah kantor tersebut terdapat tempat fotocopy yang menawarkan jasa pengurusan China visa. Sungguh mencengangkan, biaya yang dibutuhkan hanya RMB 400 dan waktu pengurusan hanya 30 menit :) . Dengan perasaan masih waswas, karena kami akan mengejar kereta ke Beijing yang akan berangkat pada pukul 15.00. Setelah 30 menit berlalu, China visa pun kami genggam. Masih ada suatu harapan cemas lainnya, bagaimana proses kembali ke Hongkong dari Shenzhen? Petugas imigrasi menyarankan untuk menunggu sebentar, dengan paspor kami dibawa oleh meraka. Waktu menunjukkan pukul 13.00, hanya tinggal 2 jam sebelum keberangkatan ke Beijing dari Hunghom stasiun. Dengan melalui berbagai pengecekan, kami harus berjalan melawan arus untuk menghapus semua data-data imigrasi di China. Proses clearance akhirnya selesai, dan kami dapat memasuki hongkong lagi.

Pukul 14 lebih, kami kembali tiba di stasiun Hunghom, dengan tergesa-gesa. Ternyata pada hari itu, tidak ada keberangkatan kereta dari Hunghom ke Beijing. Betapa nelangsanya waktu itu, dengan perut yang sudah keroncongan karena belum makan siang. Rencana semula harus dijalani, karena memang kami berencana untuk berangkat ke Beijing pada hari Jumat 29 Januari 2010. Saatnya mencari makan dan memikirkan untuk bermalam disuatu tempat.

Setelah mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, akhirnya kami memutuskan untuk bermalam disebuah guest house. Kebetulan guest house ini dimiliki oleh orang Indonesia yang telah lama bermukim di Hongkong. Untuk ukuran mahasiswa yang duitnya pas-pasan, guest house adalah pilihan yang cukup tepat. Lee Guest House yang terleta didekat Tsim Sui stasiun. Jika menggunakan taxi, argo yang tertera tidak lebih dari HK$ 20 dari Hunghom stasiun. Guest house ini juga sangat strategis, terletak dikawasan yang ramai. Didekatnya terdapat jalan Nathan Rd, Kowloon park dan Canton Rd. Hanya dengan berjalan sekitar 10-15 menit, kita telah sampai ke pelabuhan untuk melihat suasana kota Kowloon.

*tip :

  • Guest house untuk 3 orang, dapat kami gunakan berlima. Dengan hanya menambah HK$ 50 dan deposit HK$ 100. Total biaya penginapan HK$ 650.
  • Jika ingin menggunakan taxi, usahakan kita mengangkat barang bawaan sendiri kedalam bagasi mobil. Jika supir yang menganggkatnya, akan dikenakan biaya sebesar HK$ 5 untuk sebuah bawaan.
  • Jika perjalanan dilakukan berlima, lebih efisien menggunakan taxi untuk menuju kesuatu tempat. Karena ongkos taxi akan terasa lebih murah dan menghemat waktu (gak nyasar).

Bersambung… (bagian 2)

About these ads

Written by nRa

Wednesday, February 10, 2010 at 12:54 am

32 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Nice post.. :D

    UchiE

    Thursday, February 11, 2010 at 12:53 pm

  2. wah enaknya jalan2 berlima :D

    Lo

    Friday, February 12, 2010 at 12:32 pm

  3. thanks for the information…..

    chipta

    Tuesday, March 16, 2010 at 3:38 pm

  4. Hai sist …

    infonya sangat bermanfaat, bisa japri nggak ya.. kami berminat liburan ke china, trus nyebrang ke hk plg balik via shenzhen. untuk guest house nya kalo dipake keluarga terlalu jelek nggak ?

    saya belum kelar bacanya tapi thanks so much for all info yaaa

    DEWI

    Monday, May 10, 2010 at 6:52 am

    • Hi, salam dari Hong Kong.

      Tergantung guestnya,.tapi biasanya kamarnya kecil.

      Thanks

      Aming / Kristina

      Monday, July 5, 2010 at 12:06 pm

      • hai, sist, boleh minta alamat guest housenya ga? aku lusa udah brngkat kehongkong

        yani

        Wednesday, February 8, 2012 at 1:58 pm

  5. benarkah untuk ke shenzen tidak perlu mengurus visa??karena yg saya baca dari cerita anda disitu disebutkan “Shenzhen merupakan tempat khusus bagi warga negara Indonesia, karena kita dapat memasukinya tanpa memerlukan visa”.saya rencana mau kesana tapi memang tdk dalam wkt dkt ini, boleh minta infonya?thanks

    nita

    Sunday, June 6, 2010 at 12:48 am

    • maap, maksud saya hanya membutuhkan visa on arrival. pengurusannya langsung di imigrasi Shenzhen.

      *terima kasih koreksinya

      nRa

      Sunday, June 6, 2010 at 11:33 am

    • Hi, Salam dari Hong Kong,

      Kalau masuk ke China, termasuk Shenzhen harus memakai visa..
      Pengurusan nya visa juga boleh lewat travel kami.

      Thanks

      Aming / Kristina

      Monday, July 5, 2010 at 12:07 pm

      • Hi, numpang tanya kalo mau urus visa ke china normalnya 4 hari kerja itu dihitung dari hr pertama kita masukin gak yah? Krn kebetulan baru hari senin bisa ngurus dan berharap kamis sore selesai krn penerbangannya kamis itu jg. Ato ad alternatif laen untuk mengurus visa di hongkong? Tenkyu.

        Fera

        Tuesday, July 27, 2010 at 11:23 pm

      • hai mba aku mau urus vis ditravel kamu caranya BAGAAIMANA? TOLONG INFO KE E MAIL AKU DI yanie_cansin@yahoo.com
        mohon konfirmasi via email soon ya mba krn lusa aku udah brngkat ke hongkong

        tx,
        yanie

        yani

        Wednesday, February 8, 2012 at 2:00 pm

    • Sist emg bener ya klo qt dr indonesia mw liburan ke hongkong,,gratis visa??alias gak perlu visa??

      archera

      Monday, June 11, 2012 at 11:19 am

      • to archera :
        tidak perlu visa bagi WNI

        nRa

        Sunday, June 17, 2012 at 6:26 am

  6. @ fera : klo ngurus senin, kamis bisa jadi (berdasarkan info di website). klo mau langsung jadi, ikutin aja prosedur ngurus di shenzen seperti tertulis diatas.

    atau alternatif lain, bisa ngrus ditravel, didalam bandara (pas didepan pintu keluar bandara).

    nra

    Thursday, July 29, 2010 at 11:29 pm

  7. boot nya keren, beli di sana ya mbaak…
    kasih info dong.. tx

    mega

    Sunday, August 15, 2010 at 1:43 am

  8. hi.. salam kenal.
    saya juga mo ke shenzen dalam waktu dekat, setelah browsing ternyata bisa visa on arrival setibanya di shenzen, tapi biayanya RMB 160, sedangkan dari blog diatas RMB 400, mana yang benar ya? Kamu apply nya single atau double entry? thanks for reply..

    irma

    Wednesday, September 8, 2010 at 2:51 pm

    • wah… murah banget yah RMB 160.
      Mungkin beda tempatnya, klo visa yang saya urus tidak di imigrasi Shenzhen, tetapi ditempat fotocopy disebelah kantor imigrasinya. Selesainya juga cepat dan karena kami memang butuh express.

      nRa

      Wednesday, September 8, 2010 at 2:59 pm

    • Mba numpang tanya,waktu mba ke shenzen emang bener bisa lasngsung urus visa disana,aku mau ke Hongkong dulu trus mau langsung datang ke Shenzen bisa? kalao gak nginep juga bisa ? pa pake Visa in arrival juga? biaya nya berapa sih? bals ya ke email ku. thanks

      riri

      Wednesday, October 6, 2010 at 9:31 am

  9. untuk balik ke hk setelah dari beijing cina, maksudnya “Dengan melalui berbagai pengecekan, kami harus berjalan melawan arus untuk menghapus semua data-data imigrasi di China.” tolong jelaskan dong.. apa kita jg harus bilang waktu dpt visa cina utk balik lg lwt hk? tks

    ary

    Monday, November 29, 2010 at 8:24 pm

    • iya bung ari… karena visa yg kita dapat itu single entry, jadi sekali masuk china… visa tidak berlaku lagi. Sedangkan saya berkeinginan untuk menuju beijing, tidak ada niatan ke shenzhen.

      satu-satunya jalan adalah kembali ke HK dengan melawan arus. Setiap pintu yang kami lewati, data-data keimigrasian dibersihkan.

      nra

      Monday, November 29, 2010 at 9:44 pm

  10. Hi semua…senang baca pengalaman anda ke Cina. Saya sedikit heran knp kalian takut berangkat ke Beijing dr hongkong sementara sudah ada China visa (single).

    Seandainya sy tiba di hongkong, trus urus visa di LowWu, perjalanan ku teruskan ke Guangzo dan Guilin, kembali guilin ke Hongkong, apa perlu multiple visa??

    Katanya Shenchen visa hanya berlaku untuk Shenchen saja knp kalian bisa ke Beijing?

    Tolong ya reply, many thanks

    nia

    Friday, January 7, 2011 at 10:17 am

  11. @Nia : saya juga agak bingung nih perihl visa China yang di dapat dari lowhu, setahu saya WNI emang bisa mengajukan VoA di lowhu, denganbiaya RMB 160, dan berlaku selama 7 hari khusus untuk distrik shenzen saja….. Klu untuk visa China keseluruhannya bisa di dapat dari perwakilan China di LN. Kok mereka bisa dapat visa China di dalam wilayah China ya…?

    Benni chan

    Friday, January 7, 2011 at 9:32 pm

  12. @ nia n benni :
    klo menurut saya lowhu itu masih bagian dari hongkong, jadi sah2 saja klo dapat visa dari lowhu (sebelum masuk shenzhen).

    “Seandainya sy tiba di hongkong, trus urus visa di LowWu, perjalanan ku teruskan ke Guangzo dan Guilin, kembali guilin ke Hongkong, apa perlu multiple visa??”
    jawab:
    klo kasus seperti itu, tidak perlu multiple visa … klo dalam kasus saya, saya hanya ingin ke beijing, dan rute perjalan kami tidak melewati shenzhen. karena visa yg kami miliki hanya single entry, jadinya klo saya masuk ke shenzhen, terus balik lagi ke HK dan baru ke Beijing … pasti tidak berlaku visanya.

    “Katanya Shenchen visa hanya berlaku untuk Shenchen saja knp kalian bisa ke Beijing?”
    jawab :
    ada beberapa jenis visa, tinggal pilih saja nanti saat mengurusnya. visa khusus untuk wilayah shenzhen juga ada klo gak salah, hanya 7 hari itu.

    nra

    Saturday, January 8, 2011 at 3:56 pm

  13. Boleh informasi donk , saya mau ke shenzen, punya info atau ga kemana saya ngurus visa di jakarta, maksudku travel atau agent mana ?
    biar nanti disana ga susah2 lagi ngurusnya, tks

    emmy gunawan

    Tuesday, February 22, 2011 at 5:16 pm

  14. hai nRa…saya dan teman-teman ada rencana mau ke beijing dari HK February tahun depan, modal tiket promo AA. Sangat informatif sekali catper nRa. Tapi ada bebrapa yang masih blum saya pahami. Kenapa kamu buat visa di tempat foto copy an? kalo di kantor immi Shenzhen apa gak ada untuk buat VOA? Kenapa dari Shenzhen balik lagi ke HK? Kenapa tidak langsung saja naik kereta dari Shenzhen ke Beijing? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    rita

    Saturday, June 18, 2011 at 12:07 pm

    • 1. Kenapa kamu buat visa di tempat foto copy an? kalo di kantor immi Shenzhen apa gak ada untuk buat VOA?
      Jawab : saya butuh cepat, untuk mengejar jadwal kereta *biasalah… pake pihak ketiga yang mengurusnya :)

      2. Kenapa dari Shenzhen balik lagi ke HK?
      Jawab : kalo mau dari shenzen ke beijing juga tidak masalah, yang menjadi pertimbangan saya saat itu … kami mengejar jadwal kereta api yang berangkat pada hari itu, sedangkan klo dari shenzen harus menginap satu hari terlebih dahulu. Kalo sudah punya visa, mau barangkat dari mana saja boleh kok :)

      Semoga membantu

      nRa

      Monday, June 20, 2011 at 12:37 am

  15. saya ada rencana lebaran ini ke China melalui HK, rencana saya buat visa disini, saya mau tanya karena saya pergi hanya ber 2 dengan kakak saya dan tidak bisa bahasa mandarin, apa sulit jalan2 di China???. Ada saran tidak tujuan di China yang wajib dikunjungi, karena saya juga belum tau mau kemana, rencana ke Shenzhen dan beijing, kalau dari bandara HK langsung ke Beijing naik kereta, bagaimana cara membeli tiketnya, apa bisa go show, atw harus booking dari web, atw bagaimana, tolong dibantu ya, terima kasih.

    mei

    Friday, August 5, 2011 at 12:20 pm

  16. hi, saya mau tanya,,, lebaran ini saya mau ke HK dan lanjut ke China, ini perjalanan saya pertama ke China, saya hanya berdua dengan kk saya, dan kami tidak bisa bahasa mandarin apa itu akan menyulitkan untuk liburan disana,

    Saya rencana dari HK mau ke Beijing, Shenzhen, bagusny dari HK lgsg ke Beijing atw via Shenzhen, yang lebih ekonomis, dan cara mendapatkan tiket kereta api bagaimana, apa bisa go show atw harus booking via web, dan cara menuju ke stasiunnya bagaimana ya?!

    bisa tolong infokan tempat-tempat wisata yang bagus di Beijing dan Shenzhen, atw daerah China yang lainnya dan juga cara menuju kesananya

    tolong bantu ya,,,, terima kasih,,,,

    kiraigirl

    Friday, August 5, 2011 at 12:28 pm

    • Beli tiketnya langsung saja ke stasiun hunghom, klo bisa datangnya agak pagi yah .. biar kebagian tiket.

      terus klo untuk tempat rekreasi di Beijing mungkin bisa dikunjungi:
      1. Tembok besar China (pilih yang terdekat dari Beijing)
      2. Birdnest stadium
      3. Tiananmen
      4. Forbidden city
      5. Silk market
      6. Wang Fu Jing market
      7. Temple of heaven

      nra

      Saturday, August 6, 2011 at 1:22 am

  17. Hai, mau nanya soal visa on arrival butuh dokumen apa aja yah?? Selain ke shenzhen, bisa ke kota mana lg? Thanks :)

    merry

    Saturday, July 14, 2012 at 1:41 pm

  18. maaf ,mau tanya. saya brangkat dr mdn-kl-shenzhen,rencana mau ke beijing juga. pastinya harus buat voa di shenzhen kan, apa kalau naik kreta api ke beijing dari shenzhen perlu buat visa lagi dibeijing? trus naik kreta api dr shenzhen ke beijing brp jam? dan biaya brp?

    hilda

    Sunday, July 22, 2012 at 9:58 am

  19. Sambunganya mana ya?

    Farida Bobsaid

    Friday, October 26, 2012 at 9:51 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: