Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

PaNcasIla sAkTi (i dan T boleh ditukar posisinya)

with 8 comments

<Dibaca dengan keras dan lantang seperti waktu upacara semasa sekolah dahulu>

 Pancasila :

  1. Ketuhanan yang maha Esa
  2. 3. 4. dan 5. (masih sama, tidak mengalami perubahan :p )

Itulah bunyi sila-sila Pancasila yang saya kenal selama ini. Sejak menginjakkan kaki ke bangku sekolah dasar (saya gak pake TK) hingga SMU, hampir setiap upacara bendera saya menyebutkan sila-sila tersebut dengan lantang.

Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh ada hari ini (1 Oktober 2007), ingin rasanya melihat kembali kebelakang. Mungkin dahulunya Pancasila memang Sakti, PKI aja gak bisa ngejatuhin Pancasila (semoga sejarah gak menipu saya n teman-teman sekolah saya :D). Tapi lihatlah sekarang ini… dilingkungan kita, tempat tinggal kita, dan negara yang kita cintai ini.

  • Sila ke-1, masih okelah…
  • Sila ke-2, apakah kebanyakan manusia Indonesia masih beradab? (pertanyaan juga tertuju untuk saya sendiri)
  • Sila ke-3, semoga gak ada gejolak-gejolak lagi didaerah yang ingin memisahkan diri dari negara kesatuan ini
  • Sila ke-4, nah yang ini saya lupa… menurut hemat saya, sila ke-4 ini yang paling gak relevan sama keadaan negara kita sekarang ini. Seharusnya rakyat menjadi prioritas utama dalam pembangunan, pendidikan, kesehatan, bahkan dalam mengambil keputusan-keputusan negara. Tapi nyatanya… malah wakil rakyat yang mendapatkan semua itu. Rakyatnya… malah bingung gak ngerti apa-apa n gak dapet apa-apa.
  • sila ke-5, ini lagi… masih sangat jauh dari keadaaan yang diharapkan.

Apapun kondisi yang kita alami sekarang… Pancasila masih tetap menjadi landasan negara ini. Semoga dikemudian hari sila-sila Pancasila dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Amin.

Pancasila

PS: Kenapa gak saya tulis lengkap… karena saya lupa sila ke-4. Lebih bahaya nantinya kalo saya salah tulis😀.

Written by nRa

Monday, October 1, 2007 at 8:03 am

Posted in Oh negeri ku

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Waduh Mba’e… Mba’e… kok sampe lupa ama Pancasila sih…
    nih saya kasi tau sekadar ngingetin:
    PANCASILA
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

    ya ini nanti dihapal ya minggu depan tes hapalan pancasila di depan kelas.🙂

    ajiputra

    Tuesday, October 9, 2007 at 3:39 pm

    • andai pancasila mampu berbiara dia akan berteriak dimana ruh ku, karena pancasila mulai kehilangan ruh yang menyemayaminya kini pancasila hanya sebagai alat politik untuk membunuh rakyat kecil.

      david

      Friday, September 23, 2011 at 12:49 am

  2. Kayaknya yang salah bukan Pancasila-nya deh. Tapi pengikutnya.

    Ali S Kholimi

    Wednesday, October 10, 2007 at 12:43 am

  3. @ ajiputra : saya laki-laki lho :p

    @ Ali S Kholimi : Emang pancasila bisa jalan bos? ko’ ada yang ngikutin :p

    nRa

    Wednesday, October 10, 2007 at 4:41 am

  4. eh maap Bang… kurang teliti.. abisnya mirip blognya temenku yang cewek sih.. hehehe…

    ajiputra

    Wednesday, October 10, 2007 at 8:37 pm

  5. lo,,, kenapa artikel kamu tentang pancasila, sila keempat tidak begitu rinci

    jhontra

    Thursday, November 1, 2007 at 8:35 pm

  6. @ jhontra : ini pertanyaan ato pernyataan yah? kenapa artikel saya tentang pancasila… karena emang pengen nulis tentang pancasila🙂

    nRa

    Thursday, November 1, 2007 at 9:47 pm

  7. pancasila lom sakti sampe sekarang, keadilan aja masih lom tegak.

    sasuke

    Thursday, June 3, 2010 at 1:29 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: