Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Ramadhan 1428H

with 5 comments

Bismillahirrohmanirrohim…

In The Name of Allah The Most Merciful, Most Compassionate

Tak terasa bulan suci Ramadhan tahun ini 1428 H telah memasuki tahap-tahap akhir yaitu tahapan pembebasan dari api neraka. Tahapan turunnya rahmat dari Allah SWT telah berakhir sejak Ramadhan menginjakkan kakinya di hari ke-11, begitupun dengan tahapan pengampunan dosa dari Allah SWT yang telah berlalu di hari ke-20 Ramadhan.

Ramadhan tahun ini terasa lain bagi saya… jauh dari orang tua, adik2ku tersayang dan sanak famili nun jauh disana. Yang membuat saya lebih sedih adalah amal dan ibadah saya yang tak kunjung membaik dari tahun-ketahun. Hiks… saya termasuk orang-orang yang merugi. Kesedihan janganlah terlalu dibawa… toh disini juga masih banyak saudara-saudara sesama muslim. Dapat teman-teman baru, pengalaman baru dan suasana baru. Gak terbayang sebelumnya bagaimana merasakan puasa dinegeri orang.

Berbuka

Dasar mahasiswa… :p gak di Indonesia, gak di Taipei… dimana2 aja… pasti senengnya nyari gratisan. Klo buka, mahasiswa muslim pergi ke mesjid untuk mendapatkan ta’jil dan makan ‘besar’ setelah magrib. Klo hari-hari biasa perginya ke mesjid Besar Taipei a.k.a Taipei Grand Mosque, tapi klo hari minggu kami pergi ke mesjid kecil sekalian ada pengajian. Ada satu lagi neh hari yang menyenangkan… hari Rabu, bukanya di KDEI (Kamar Dagang Ekonomi Indonesia) sekaligus mejadi perwakilan Indoensia di R.O.C Taiwan. Menu di ketiga tempat tersebut berdeda antara satu dengan lainnya. Klo di mesjid besar makanannya khas lokal n timur tengah, klo mesjid kecil campuran antara masakan Indonesia n masakan Pakistan (kebayang nikmatnya ketika ketemu gorengan n tahu isi🙂 ). Klo di KDEI menunya masakan Indonesia abis… sampe minumannya juga khas Indonesia. Udah ah… makannya.

Sholat Teraweh

Sholat teraweh di mesjid besar… biasanya setelah berbuka kami membantu orang-orang yang mengurus mesjid bersih-bersih sekalian cuci piring dan peralatan makan waktu berbuka tadi. Lumayan pulangnya dapet bungkusan buat sahur. Sholat terawehnya 23 raka’at tapi klo saya cuma sholat 8 raka’at terus witir sendiri n pulang deh. Selain sholat Magrib, Isya n Teraweh… saya sholatnya dikamar. Maklum klo ke mesjid… jauhnya sekitar 15 menitan naek sepeda pancal.

Sahur

Nah ini nih… waktunya kumpul-kumpul mahasiswa muslim NTUST. Dari makanan yang dibawa pulang tadi, kami santap bersama di Dorm3. Suasanan kekeluargaan yang hangat selalu menyelimuti sahur kami. Bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas, mbak-mbak dan termasuk saya yang paling muda n paling kecil🙂 ikutan sahur bareng. Lumayan… selain perut kenyang juga nambah semangat buat puasa… karena sahurnya rame-rame.

Ramadhan penuh hikmah… mungkin itu yang saya rasakan di bulan Ramadhan tahun ini. Walaupun saya jauh dari keluarga… tapi saya merasa bahagia disini. Selain hikmah yang saya dapatkan, Ramadhan juga membawa berkah… bulan ini bisa hemat sampe 80%. Gak ngeluarin uang sedikit pun buat makan :)) . Saya akan merindukan bulan yang suci ini.

Sahur Buka Teraweh

Written by nRa

Thursday, October 4, 2007 at 4:31 pm

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. pancet wae.. endi memey2ne ndra?

    henri

    Friday, October 5, 2007 at 8:46 pm

  2. wes ndang hayo sing sregep sinau

    galih

    Saturday, October 6, 2007 at 10:10 am

  3. hidup mahasiswa..hehe..
    gimana kak, di sana..asyik gak? udah terbiasa blum dengan kehidupannya..?
    mantap nih kak isi blognya..keep writing ya kak..keknya bakal jd pembaca setia nih..^-^
    btw, ini lebaran pertama jauh dari orang tua ya kak?
    ganbatte kudasai (bhs mandarinnya apa yaa?)!!🙂

    Ardhia

    Sunday, October 7, 2007 at 2:11 pm

  4. @ Henri : gurung entuk le :)) … enteni ae, ups🙂

    @ Galih : Oke deh… ini lagi berusaha bos.

    @ Ardhia : Hidup mahasiswa🙂 . lumayan enaklah disini… banyak temen2 yang bikin kerasan disini. iya neh… lebaran pertama gak ama ortu. ganbatte kudasai in mandari…? ntar yah, tunggu aja. klo kk dah bisa mandarin pasti kk kasi tau🙂

    nra402

    Sunday, October 7, 2007 at 9:32 pm

  5. senasib kita om…

    dzaia-bs

    Sunday, October 14, 2007 at 9:00 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: