Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

beDa…. TanyA kenApA?

with 4 comments

Bismillahirrohmanirrohimi

Lebaran sebentaaaaaaar lagi….🙂 Kenapa yah hampir setiap menjelang Idul Fitri, tanggal 1 Syawal selalu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya?

Golongan A bilang…

Kami akan melaksanakan sholat Idul Fitri yang bertepatan dengan tanggal 1 syawal 1428 H pada hari Jumat, 12 Oktober 2007. Karena posisi anak bulan telah terlihat diketinggian antara 2-3 derajat. Untuk itu dihimbau kepada segenap kaum muslimin untuk melaksanakan sholat Idul Fitri pada hari tersebut.

Golongan B laen lagi neh…

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dan pengamatan terhadap anak bulan, maka ditetapkan tanggal 1 Syawal 1428 H jatuh pada hari Sabtu, 13 Oktober 2007. Ibadah sholat Idul Fitri akan dilaksanakan diberbagai tempat di tanah air pada waktu tersebut.

Terus terang sebagai orang awam yang pengetahuan agamanya masih kurang.. saya kurang mengerti. Mengapa hal seperti ini sering terjadi. Padahal penentuan awal bulan-bulan lainnya tidak mengalami perbedaan sama sekali antara si A dan si B. Lihat saja tahun baru Islam yang selalu ditandai dengan tanggal 1 Muharram… pasti jatuhnya pada saat yang sama.

Pada waktu sahur dengan iseng saya bertanya kepada seorang teman (bapak lebih tepatnya) dosen yang pengetahuan agamanya lebih baik dari saya.

nRa             : Pak, kenapa yah setiap lebaran jatuhnya pasti beda-beda?

Pak Dosen :

Begini, ilmu hisab dan ilmu untuk melihat anak bulan yang menentukan datangnya suatu bulan itu tidaklah sama antara suatu daerah dengan daerah lainnya.  Begitu juga rumus yang digunakan dalam menghitung jumlah bulan untuk tahun Islam. Ilmu-ilmu tersebut seharusnya dapat diupdate sesuai dengan keadaan saat ini. Update ilmu-ilmu tersebut dapat dilakukan pada saat gerhana matahati atau gerhana bulan terjadi. Jadi, sebenarnya tidak masalah klo memang hasilnya berbeda. Tergantung keyakinan kita saja, mau mengikuti yang mana. Yang salah yang gak sholat I’ed😀 .

Dengan sedikit tambahan ilmu yang didapat setidaknya saya menjadi lebih mengerti tentang adanya perbedaan tersebut. Semoga semua alam ibadah yang kita lakukan di Bulan Suci Ramadhan ini di terima oleh Allah SWT. Amin.

Written by nRa

Monday, October 8, 2007 at 5:29 pm

Posted in al-Islam

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ilmu untuk menentukan awal bulan ini memang memiliki banyak metode. perhitungan hisab memiliki submetode, begitu pula perhitungan secara rukyatul hilal. satu submetode bahkan bisa berbeda satu sama lain, apalagi jika diperbandingkan antar metode (hisab dan rukyah). Sebenarnya ini juga berlaku untuk bulan-bulan lain, tetapi karena 1 syawal kita disunahkan untuk sholat idul fitri, dan menjadi perhelatan massal, maka penentuan 1 syawal menjadi sangat krusial. Perbedaan seperti ini tidak seharusnya menjadi biang perpecahan atau percekcokan, Imam Syafi’i dan gurunya Imam Malik berbeda saja tidak cekcok kok.

    FYI, ini situs soal rukyatul hilal di indonesia untuk 1428H: http://rukyatulhilal.org/visibilitas/1428/syawal.html

    galih

    Tuesday, October 9, 2007 at 8:55 am

  2. He..he..
    Tapi kayaknya lebih ok kalau ulama’ berkumpul menjadi keputusan yang di sahkan pemerintah. Biar kita berlebaran dengan nyaman🙂

    purna

    Tuesday, October 9, 2007 at 10:45 pm

  3. @ Galih : makasih atas info tambahannya

    @ Purna : iya sih pur, emang enak gitu. Lebarannya pun jadi meriah… bisa barengan semuanya🙂

    nRa

    Wednesday, October 10, 2007 at 4:39 am

  4. Wes, aku melu masjid perumahan ae lah…😀

    antie

    Wednesday, October 10, 2007 at 2:41 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: