Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

WiMAX

with 4 comments

Pernah mendengarkan kata-kata WiMAX? Kebanyakan dari kita pernah mendengar kata itu. Taukah kita arti atau kepanjangan dari WiMAX?

Sejujurnya saya baru mendengar kata WiMAX saat masih kuliah S1 di Teknik Informatika ITS, waktu semester-semester akhir… dan yang memalukan adalah : satu detik barusan saya baru ngerti arti dari WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dari dulu cuma taunya WiMAX = WirelessMAX🙂 . Percuma ngakunya anak If/CS padahal WiMAX aja gak tau🙂 .

Persepsi tentang WiMAX yang saya ketahui memang tidak seluruhnya salah… dari segi pemahaman tentang WiMAX lumayan bener deh🙂 . WiMAX merupakan teknologi unik yang memberikan akses kecepatan tinggi dan mobile secara nirkabel terhadap suatu area yang luas dengan hanya memerlukan sedikit infrastruktur.

Varian dari WiMAX secara umum terbagi dalam 2 bagian :

  1. Fixed WiMAX : berdasarkan IEEE 802.16-2004 merupakan teknologi yang sesuai untuk keperluan fixed wireless broadband access seperti DSL dan Cabel Modem
  2. Mobile WiMAX : berdasarkan IEEE 802.16-2005 merupakan tenologi yang sesuai untuk fixed dan mobile wireless access yang fokus terhadap perkembangan teknologi mobile. Info lebih detail dapat dibaca di wikipedia.

Penggunaan WiMAX saat ini sangat untuk aplikasi yang memerlukan mobilitas tinggi. Di Taiwan proyek nasional tentang WiMAX telah dilakukan sejak tahun 2005. Proyek yang terkenal dengan jargon M-Taiwan (Mobile Taiwan) merupakan proyek raksasa yang didanai pemerintah untuk menjadikan Taiwan sebagai pusat penelitian, pengembangan dan pengujian aplikasi WiMAX. Untuk menyukseskan proyek tersebut pemerintah Taiwan melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan baik lokal maupun mancanegara.

Di Indonesia sendiri teknologi WiMAX telah digunakan pada akhir tahun 2004, saat terjadi gempa dan tsunami di Aceh. Hampir seluruh jalur komunikasi di propinsi paling barat Indonesia itu lumpuh. Untuk membangun infrastruktur komunikasi yang cepat hanya WiMAX yang dapat dijadikan solusi. Dengan infrastruktur yang minim WiMAX dapat mengatasi masalah komunikasi yang dibutuhkan. Sayangnya teknologi ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah Indonesia untuk menjadikan Aceh sebagai daerah pengembangan dan penelitian WiMAX.

go wireless wireless

Written by nRa

Wednesday, October 31, 2007 at 1:45 am

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Whela, lha saya tahu singkatannya WiMax baru pas baca posting ini😛, lebih parah lagi ternyata hehehe…

    galih

    Wednesday, October 31, 2007 at 9:12 am

  2. tak kira wimax cuma ada ndik komik😀

    Henri

    Wednesday, October 31, 2007 at 10:22 am

  3. meski cepat dan mobile, tapi tetap aja gak bisa nggantikan rasane mudik ke Indo kan😀

    alief

    Friday, November 2, 2007 at 12:04 am

  4. Malahan saya tidak pernah tahu apa itu WiMax…..

    helder

    Thursday, January 7, 2010 at 3:39 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: