Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Hormat Ku Untuk Mu PAHLAWAN Bangsa – Riset dan Industri (Part 1)

leave a comment »

Sepuluh Nopember – 62 tahun sudah bangsa Indonesia lepas dari belenggu penjajahan. Semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat selalu dikobarkan oleh para pahlawan kita untuk bangsa Indonesia. Tusukan bambu runcing, keris yang terhunus hingga senapan hasil rampasan menjadi senjata untuk berjuang. Begitu besar jasa mereka bagi bangsa ini, apakah yang harus kita lakukan sekarang? Untuk mengenang jasa-jasa mereka, untuk mengisi kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan dan untuk masa depan yang lebih baik bagi Indonesia! Saya tidak mengerti secara pasti cita-cita yang mereka impikan. Mungkin salah satu dari harapan mereka ketika berjuang untuk kemerdekaan negara ini adalah keinginan untuk melihat bangsa dan rakyat Indonesia hidup dalam kemakmuran.

Saya tidak akan berpanjang lebar tentang perang kemerdekaan yang telah disembahkan oleh para pahlawan untuk negara ini. Saya akan fokuskan kepada masalah bagaimana kita mencermati dan mewujudkan salah satu cita-cita diatas. Sebagai seorang pelajar masih aktif, sumbangan ide yang dapat saya berikan hanya sebatas bidang pendidikan dan penelitian. Saat ini saya hanya bisa memberikan ide dan masukan, belum dapat berbuat lebih banyak kepada bangsa ini. Semoga suatu saat saya dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi negara kita. Untuk merefleksikan hari pahlawan yang tepat jatuh pada hari ini 10 Nopember 2007, saya ingin mengulas sedikti tentang riset/penelitian dan dunia industri.

Penelitian dan dunia industri sebenarnya memiliki hubungan mutualisme (hubungan yang menguntungkan atara 2 belah pihak). Kenapa mereka memiliki hubungan mutualisme? Sinergi yang akan dihasilkan ketika kedua komponen tersebut saling membutuhkan akan menghasilkan suatu keuntungan yang besar bagi keduanya. Berawal dari hubungan saling membutuhkan diantara keduanya, para peneliti membutuhkan dunia industri sebagai ladang untuk menerapkan hasil risetnya, dunia industri membutuhkan peneliti untuk mengaplikasikan/menciptakan teknologi yang berguna bagi perkembangan dan kehidupan ‘dapur’ mereka. Dari situlah titik pandang yang perlu kita pahami secara bersama. Negara-negara maju telah menjadikan peneliti sebagai salah satu faktor penting dalam perkembangan industri mereka.

Written by nRa

Saturday, November 10, 2007 at 10:12 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: