Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

PaNDuAn pEnUlIs PeMuLa

with 24 comments

pena

Bercita-cita untuk menjadi seorang penulis bukanlah merupakan hal yang mudah, tetapi tidak juga begitu sulit untuk diraih. Sebagian orang berpikiran bahwa membuat sebuah tulisan (karangan) merupakan pekerjaan yang teramat sulit untuk diselesaikan. Sehingga kebanyakan akan menyerah terlebih dahulu ketika ingin membuat sebuah tulisan atau artikel.

Cara sederhana dan paling mudah dalam membuat sebuah tulisan adalah dengan mentransformasikan pikiran yang ada dikepala kita kedalam coretan secara apa adanya. Saya sendiri tidak pernah menyangka untuk membuat berbagai jenis tulisan. Hanya menuangkan isi kepala pada blog yang saya miliki. Bahasa yang digunakan juga tidak harus benar sesuai dengan EYD (ejaan yang disempurnakan).

Blog sangat membantu seseorang dalam mengembangkan kemampuan menulisnya. Seseorang dapat memulai menulis dari pengalaman-pengalaman pribadinya, kehidupan sehari-hari, Kejadian-kejadian unik disekitar dsb. Cobalah untuk menuliskan beberapa buah kata hingga menjadi paragrap dengan gaya bahasa kita sendiri, seolah-olah kita menceritakan kembali kejadian yang kita alami tadi. Untuk menjadi seorang penulis yang baik, dibutuhkan usaha, dan usaha tersebut dapat kita mulai dengan menceritakan kejadian sehari-hari kita. Setelah beberapa waktu, kita akan terbiasa menganalisa sebuah kejadian/peristiwa untuk dijadikan tulisan.

Penulisan yang baik dan benar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang pernah kita pelajari sewaktu sd, smp dan smu dulu kita diharapkan untuk menentukan pokok pikiran dari sebuah paragrap. Dalam menentukan pokok pikiran sebuah paragrap kita dapat pula menempuh berbagai jalur. Salah satu jalur yang termudah adalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan terhadap “apa” yang akan kita tulis (ini juga termasuk style seseorang dalam menulis seperti). Dengan mencantumkan pertanyaan : “kalo menurut nRa, korupsi itu halal gak?”, secara sepontan kita akan menjawabnya.

Pertanyaan-pertanyaan dapat kita cantumkan dari QW (Question Words) yang pernah kita kenal. Ya, 5W + 1H merupakan rumus praktis dalam menyusun pertanyaan untuk berbagai keadaan. Dari rumus tersebut saja, minimal kita memiliki 6 buah paragrap.

Contoh : Menulis tentang suatu pertandingan olahraga

  1. What / Apakah : Ceritakan kejadian/even tersebut secara umum, sesederhana mungkin sehingga akan menjawab kejadian apa yang kita ceritakan.
  2. Why / Kenapa : Mungkin bisa diceritakan alasan even tersebut diadakan atao sebuah peristiwa terjadi.
  3. When / Kapankah : Berikan keterangan waktu pelaksanaan peristiwa tersebut.
  4. Where / Dimanakah : Caritakan tentang tempat pelaksanaan peristiwa. Dapat diturunkan dari umum-khusus (negara Indonesia, Prop Jawa Timur, kota Surabaya) atau sebaliknya khusus-umum.
  5. Who / Siapakah : Dari sini kita dapat menulis aktor peristiwa tersebut, jika turnamen bulutangkis maka yang dituliskan bisa merupakan negara, tim, dan perorangan.
  6. How / Bagaimana : Ceritakan tentang jalannya pertandingan (jika even olahraga), atau ceritakan detail kejadian peristiwa.

Gampang bukan? Ketika kita telah selesai menulis, review kembali tulisan yang kita buat tadi, mungkin ada beberapa kata yang salah (sangat sering saya alami) ataupun kita dapat menambahlan/mengurani tulisan yang telah ada. Berharaplah semoga tulisan kita bermanfaat, baik bagi kita sendiri maupun khalayak ramai. Sehingga akan menambah semangat kita untuk membuat coretan lagi.

“Tulisan ini terinspirasi dari tulisan guru saya ketika duduk dibangku SMU pada blog Kabar Indonesia. Saya sendiri bukanlah seorang penulis yang baik, hanya ingin menceritakan sedikit pikiran yang ada dikepala kedalam blog ini. Kalau terdapat kata-kata yang sukar dimengerti atau bahasa yang campur baur (jawa, melayu dan Indonesia) harap maklum saja yah 😀

:: Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama. Dari tulisanlah nama kita dapat dikenang dan dikenal gak bermaksud jadi terkenal lho🙂 . Baik tulisan yang kita buat sendiri maupun tulisan yang dibuat orang lain tentang kita. ::

Written by nRa

Monday, November 26, 2007 at 12:39 am

Posted in Article/Artikel

Tagged with ,

24 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Nice tips! Tapi sebagai awalan, jangan terlalu memaksakan diri untuk memenuhi 5W + 1H. Biarkan saja mengalir. Biarkan mood menulis timbul dan membuat kita lancar untuk menulis hingga tiba-tiba kita bingung tidak tahu cara menghentikan tulisan

    galih

    Monday, November 26, 2007 at 9:29 am

  2. Berkat blog, semua orang pun bisa jadi penulis (walaupun amatir). Ada teman saya yang tulisan di blognya pernah dikutip oleh surat kabar loh..

    Adi

    Monday, November 26, 2007 at 11:56 am

  3. @ galih : yup, betul… going where the wind blows aja buat awalnya🙂

    @ Adi : iya neh… gara2 blog. Btw, komunitas blog agi hangat2nya di Indonesia. Semoga blog dapat memberika kontribusi bagi kemajuan bangsa.

    nRa

    Tuesday, November 27, 2007 at 12:39 am

  4. @Adi: enak ya kalau tulisannya dimuat dalam surat kabar kalau begitu kan tulisan temanmu setara dengan jurnalis.

    betul sebetulnya blog juga dapat memberikan sebuah pelajaran bagi kita, yaitu belajar menulis!

    nico kurnianto

    Tuesday, November 27, 2007 at 3:32 pm

  5. tuh kan ndra…
    Kenapa aku ngeblog…
    tapi jadi males ngerjain TA😀

    aaarrgghh!!!
    Desain… desain…

    dnial

    Thursday, November 29, 2007 at 2:29 pm

  6. @ dnial : whehehe… blog dijadikan alasan. ndang digarap TA ne😀. Jaluk tulung arek despro ae desain e🙂

    nRa

    Friday, November 30, 2007 at 7:26 am

  7. Waduh…….salut deh ! gw jdi tmbah menggebu ni jdi penulis

    lala

    Saturday, April 26, 2008 at 6:39 pm

  8. Tips yang sederhana tapi mengena pada sasaran yang hendak dimaksudkan dalam strategi kita dalam menulis berita. masih banyak trilyunan ide yang bertebaran dimuka bumi menunggu eksplorasi dari penulis.

    Heru Budi

    Friday, January 16, 2009 at 11:19 am

  9. wah,,tips’a keren…tp msh bingung neeh…gmn cara’a buat nentuin karakter kita…???krn msh bingung mo bikin tulisan dgn gaya dan karakter ky apa..??? TOLONGIN DUNK..THX ANYWAY

    ivana

    Tuesday, March 17, 2009 at 10:24 pm

  10. @ ivana : yang jelas .. tulis aja dlu beberapa buah artikel. Setelah kita buat artikel, kita akan lihat bagaimana gaya bahasa kita. dari situ baru ketahuan karakter penulis seperti apa, IMO.

    nra

    Wednesday, March 18, 2009 at 10:03 pm

  11. thx, tips nya bs membuat utk mencoba..
    ada tips lain utk membuat suatu cerita pendek?

    isbar

    Wednesday, April 8, 2009 at 10:53 pm

  12. Numpang lewat…
    Kalo mau jadi penulis caranya ya dengan menulis. Menulis. Dan menulis.
    Lama-lama teorinya ketemu juga!
    Oya, tambah deh. Nggak hanya nulis, tapi juga MEMBACA, MEMBACA dan MEMBACA. (Katanya…)
    Tapi emang susah mempraktekannya. Butuh konsistensi dan perjuangan yang berdarah-darah (lebay banget yak!).
    Kata Helvy Tiana Rosa, menulis itu ibarat belajar berenang. Nggak akan mungkin bisa berenang kalau cuma berdiri di pinggir kolam. Mesti nyemplung..plung…plung…
    Udah, ah, kebanyakan.
    Salam dari yang lagi belajar menulis.

    Syauqie

    Saturday, May 16, 2009 at 5:51 am

  13. Mo nanya :

    Kalau mo ngirim Naskah ke penerbit, caranya apa aja sih?

    azriel

    Sunday, July 12, 2009 at 7:29 pm

  14. mungkin aku gak akan comment, tapi aku mau curhat, begini: dari kecil aku bercita-cita menjadi penulis, dulu aku sering menang dalam lomba baca puisi, aku juga pernah ikut pendidikan jurnalis, tapi sampai sekarang aku tidak tau bagaimana dan dimana jalannya? agar aku bisa wujudkan impianku. please help me,,,,,

    maya

    Sunday, October 4, 2009 at 8:24 pm

  15. menerima ketidaksempurnaan untuk menjadikannya sempurna, kemuliaan itulah yang dimiliki sang pecinta sejati. siapapun kamu yang membaca goresanku ini, mohon jangan cela aku. dulu, aku pernah bermimpi bertemu dengan seorang pria berambut panjang sebahu diikat, berbaju rapi tapi tangan kanannya memegang arit dan tangan kirinya memegang padi. suara laki-laki tua berkata ” iku lo sok jodohmu”. jujur mimpi itu sangat menggangguku, hingga kini aku masih mencari sosok itu. benarkah pria itu jodohku? sampai sekarang aku belum menemukan pria yang tepat untukku, sementara umurku kian hari kian bertambah, sekarang aku sudah 27 tahun. apakah aku sinting? atau barangkali aku memang indigo? sebab hatiku sangat yakin jika mimpi itu bukanlah mimpi biasa. soalnya sejak kecil aku sudah punya kelebihan untuk melihat hari depan. tapi aku bukan dukun loh!

    maya

    Sunday, October 4, 2009 at 8:43 pm

  16. aku mencintai seseorang, lebih sepuluh tahun aku bersamanya, hariku hanya terisi kisah tentangnya, dialah separuh jiwaku, tapi hubungan ini sangat rumit. orang tua juga semua keluarga menentang hubungan kami, akhirnya aku mencari gara-gara agar aku bisa lepas darinya, sebab tak mungkin untuk memilih. akhirnya aku tinggalkan dia tapi hatiku sangat meradang. aku tidak bahagia dengan pilihanku, aku tersiksa. inikah dosa yang harus aku tanggung??

    maya

    Sunday, October 4, 2009 at 8:53 pm

  17. buat penulis pemula yg ingin test pasar dengan mencetak bukunya dalam jumlah sedikit, silahkan kunjungi http://print-co.blogspot.com

    thx

    print.co

    Saturday, November 28, 2009 at 6:22 am

  18. Menulis itu,,,sprti melukis dgn kata-kata.
    Semenarik mungkin coretan yg kita tulis disusun seindah-indahnya, agar orang lain tertarik untuk membacanya.
    “Tapi apa mungkin, bila hanya pikiran kita yang menjadi lembarannya?”
    karena tak tahu dimana harus dituangkan.

    Ringga

    Thursday, October 14, 2010 at 5:44 pm

  19. Menulis itu, sprti melukis dgn kata-kata.
    Semenarik mungkin coretan yg kita tulis disusun seindah-indahnya, agar orang lain tertarik untuk membacanya.
    “Tapi apa mungkin, bila hanya pikiran kita yang menjadi lembarannya?”
    karena tak tahu dimana harus dituangkan.

    Ringga

    Thursday, October 14, 2010 at 5:45 pm

  20. Sy br bljar nih.Pengen bs nulis bagus n punya blog yg rame tp kesibukn jd ibu n ngurus bisnis kecil2an di rmh serng jd kendala bsar, ssah banget bagi waktunya. Advisenya dong….🙂

    yaya'

    Thursday, January 20, 2011 at 12:33 pm

    • tulis aja pengalaman sehari2 atau tentang pengalaman bisnisnya bu, pasti bermanfaat bagi orang banyak.

      pengalaman sehari2 bisa menceritakan kesibukan rumah tangga atau cara merawat/mendidik anak.

      intinya, jadikan menulis sebagai sebuah kesenangan… dan lebih senang lagi klo tulisan kita bermanfaat bagi orang laen.

      salam kenal.

      nra

      Friday, January 21, 2011 at 12:20 am

  21. Tipsnya bermamfaat banget bagi penulis pemula seperti saya.
    Tetap berkarya sob! moga bisa jadi penulis handal🙂

    Kisah Cinta Sang Rumput

    Sunday, November 6, 2011 at 7:32 pm

  22. thanks atas bacaannya. Dengan menulis bisa membagi sedikit hal yang mungkin bermanfaat buat semua orang. Dan ini sangatlah bermanfaat buat saya sendiri yang membacanya😀

    ekapuspus

    Friday, December 23, 2011 at 6:32 pm

    • terima kasih sudah mampir di catatan kecil

      nRa

      Saturday, December 24, 2011 at 2:27 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: