Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Idul Adha 1428H

with 5 comments

idul adha

Udah banyak blog-blog yang mengupas makna Idul Adha dan berkurban. Kali ini saya pengen cerita tentang kenangan sendiri tentang kurban. Untuk kesekian kalinya saya merayakan Idul Adha ditempat yang berbeda. Maklum sebagai anak rantau saya tidak pernah pulang jika lebaran kurban tiba🙂 . Jika dihitung-hitung, saya telah mengalami Idul Adha di 4 kota yang berbeda selama karir hidup saya.

Ketika masih berada dekat dengan orang tua, Idul Adha saya rasakan dikampung halaman sendiri. Berangkat sholat I’ed jalan kaki kelapangan Pamedan bersama teman-teman sebaya. Setelah Sholat I’ed langsung ngacir ke mesjid buat bantu-bantu bermain panitia kurban. Senang rasanya hati melihat hal-hal unik dan aneh saat penyembelihan hewan kurban, maklum namanya juga anak-anak. Terkadang juga dimarahi takmir mesjid🙂 .

Beranjak masuk ke smu, suasana lebaran kurban jauh dari kemeriahan. Maklum smu saya adalah sekolah yang memiliki asrma, sehinga ketika Idul Adha tiba, kebanyakan teman-teman pada pulang. Tinggallah kami yang bertempat tinggal jauh dari Pekanbaru. Makna Idul Adha tidak dapat dipetik secara langsung🙂 , hanya berharap tahun depan ketemu lagi dengan Idul Adha.

Ketika mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, saya kembali menikmati pengalaman baru mengenai Idul Adha. Selama kuliah di Surabaya, 5 tahun sudah saya jalani lebaran kurban disana. Satu hal yang paling diingat ketika hari raya kurban datang… bukannya malah dapat daging kurban🙂 , eh malah warung disekitar kos2an pada tutup😦 . So, udah pasti nyari makan rada susah. Terakhir adalah tahun lalu… dan tepatnya saya melaksanakan kurban yang pertama kali dalam hidup saya. Bersama teman-teman sekantor (terima kasih Pak Boss🙂 ) diberi jatah kurban untuk setiap orangnya. Kurban saya bawa ke MMI ITS, semoga membawa manfaat bagi yang menerimanya.

Tahun ini, so pasti dapat pengalaman baru lagi. Hidup dinegara yang penduduknya mayoritas tidak mengenal tuhan, menjadikan pengalaman baru bagi saya setiap akan menghadapi hari besar Islam (Idul Fitri, red). Termasuk Idul Adha kali ini. Biasanya di mesjid kalo musim kurban tiba… hewan2 kurban pada berkeliaran🙂 . Tapi disini… jangankan hewan kurban… bau kotorannya aja gak tercium🙂 . Hal tersebut mengingatkan saya akan kenangan masa lalu… apalagi sekarang kangen masakan Indo🙂 . Dendeng, rendang, sup buntut, sate kambing… wah, nikmatnya😀 .

Hal apakah yang dapat saya petik dari kenangan itu? Mungkin bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah kepada saya. Walaupun lagi kangen masakan Indo, tapi toh saya masih bisa makan hari ini. Sholat I’ed juga masih bisa dilaksanakan… walopun telat masuk kuliah. Harapan saya masih sama, semoga bisa bertemu kembali dengan Idul Adha tahun depan. amin.

Untuk yang melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci, semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur.

gambar : nyolong dari internet🙂

Written by nRa

Wednesday, December 19, 2007 at 7:27 pm

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Lho mas, di sana ada acara potong kurban juga ga ? ato jangan – jangan cuman solat ied aja ? :p

    BTW, rendang itu enak lo mas. Sampeyan ndak kangen ? :d

    abdulmuneverlose

    Wednesday, December 19, 2007 at 11:34 pm

  2. @ abdulmuneverlose : potong kurban sih ada, tapi gak semeriah di Indo. whaha… kangen lah, secara lidah ku lidah Indo🙂 , pengennya makanan Indo😀

    nRa

    Thursday, December 20, 2007 at 12:36 am

  3. bikin Kaleidoskop-Blog™ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/🙂

    alief

    Friday, December 21, 2007 at 2:12 am

  4. FOTO FOTO FOTOOOOO….
    Mana skrinsutnyaaaa????? Dikemanain tuh EOS Digital 350D-nya?

    galih

    Friday, December 21, 2007 at 9:40 am

  5. @ alief : wes enek rencana, gawe kaleidoskop… tapi belum sempat. Tapi Kaleidoskop pribadi🙂 , klo kaleidoskop blog… boleh juga

    @ galih : sori… karena telat bangun n buru2, jadi gak sempat bawa EOS-nya ke mesjid😀 … untung sholatnya belum mulai🙂

    nRa

    Friday, December 21, 2007 at 10:48 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: