Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

sEMoga sUkSeS

with 5 comments

mtaiwan

Masih berkaitan dengan salah satu mata kuliah yang saya ambil semester kemaren. Multimedia Wireless Network, kebetulan salah satu materi yang diberikan pada waktu kuliah adalah tentang IEEE 801.16 a.k.a WiMAX. WiMAX memang merupakan teknologi terbaru, baru saja distandarisasikan pada tahun 2005.

Jika kita membandingkan negara sendiri dengan negara lain, memang Indonesia masih dikategorikan sebagai negara tertinggal😦 . Lihat saja dengan teknologi WiMAX, negara-negara maju telah berlomba-lomba untuk mengaplikasikan teknologi WiMAX. Indonesia hanya sedikit mengetahuinya lewat gempa Tsunami di Aceh pada akhir tahun 2006 lalu. Sebagai salah seorang anak bangsa… memang masih banyak yang belum dapat saya lakukan mengenai hal ini. Untuk memajukan teknologi WiMAX di Indonesia, mungkin butuh waktu yang lama.

Akhir-akhir ini muncul berita yang membuat hati kecil saya bangga. Walaupun masih sebatas ide… dan harus digodok lebih matang lagi. Indonesia telah mencanangkan pengembangan lokal WiMAX. Melalui direktorat jenderal Pos dan Telekomunikasi, pemerintah mengucurkan dana sebesar 18 milyar ripis yang dibagi dalam dua jenis penggunaan. 8 milyar dana akan digunakan untuk pembelian perangkat, mulai dari antena, alat ukur dlsb, sedangkan biaya operasional dianggarkan sebesar 10 milyar.

Proyek lokal yang melibatkan komponen pendidikan, pemerintah dan pihak industri ini diharapkan dapat terus berkembang. Momentun ini dapat digunakan bangsa kita agar kelak dapat mengekspor perangkat WiMAX keluar negeri. Belum ada kata terlambat untuk berbenah, suatu gagasan dan ide cemerlang sudah ada didepan mata. Berharap semua pihak yang terlibat menunjukkan profesionalismenya.

Maju Terus Indonesiaku

*Gambar adalah M-Taiwan : project WiMAX di Taiwan.

Written by nRa

Saturday, February 2, 2008 at 8:01 pm

Posted in Article/Artikel, College/Kuliah

Tagged with

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Waduh, kalo Wimax udah resmi di Indonesia, otomatis wi-fi udah gak kepake donk. Itu artinya saya udah gak bisa internetan gratis. Hu…hu…
    *terduduk disudut kamar sambil menangis tersedu-sedu*

    Hair

    Sunday, February 3, 2008 at 8:08 am

  2. moga aja program teknologi Indonesia tetep maju !!!

    cempluk

    Sunday, February 3, 2008 at 9:05 am

  3. @ Hair : gak juga ko’ teknologi wifi biasa masih sangat dibutuhkan… klopun hal tersebut masih akan dilaksananakan tahun ini… paling cepat kita baru akan merasakan dampaknya pada awal tahun depan. Justru dengan adanya WiMAX kita berharap harga bandwith di Indonesia dapat lebih murah… karena biasa insfrastruktur yang digunakan sangat minim. So… walopun bayar, gak pa2 lah… yang penting murah dan mengakomodasi semuanya🙂

    @ cempluk : semoga. amin.

    nRa

    Sunday, February 3, 2008 at 4:52 pm

  4. Kira-kira kapan ya WiMax resmi hadir di Indonesia?

    Anggie

    Sunday, February 3, 2008 at 10:20 pm

  5. indonesia menunggumu ndra🙂..

    pribadidewa

    Thursday, February 7, 2008 at 3:48 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: