Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Ayat-ayat Cinta The Movie

with 15 comments

aac

Ayat-ayat Cinta… bagi sebagian masyarakat di Indonesia mungkin dusah familiar dengan kata-kata tersebut, terutama bagi kaum muda-mudi. Saya pribadi sudah mendengar kata-kata tersebut sewaktu masih berada di Surabaya. Tapi karena memang saya tidak gemar membaca, jadinya gak ngerti dengan namanya novel Ayat-ayat Cinta. Beberapa waktu lalu terdengar berita klo novel tersebut akan dipentaskan dilayar lebar. Wah bagus deh, tanpa harus membaca novel yang seabrek tebalnya… saya bisa ngerti isi ceritanya🙂 .

Klo diliat dari iklan-iklan bioskop di Indonesia, film ini masih masuk dalam kategori coming soon cinemas. Entah dari mana, tadi malam temenku (K’ Dyah,red) dapet film Ayat-ayat Cinta. Alhasil baru bisa memejamkan mata setelah pukul 4 dinihari. Film yang berdurasi 120 menit tersebut, masih sangat kasar. Masih terdapat timing untuk editing disisi atas dan bawah layar. Klo dilihat dari kualitas film yang didonlot oleh temenku, sepertinya film tersebut bukan untuk diedarkan diinternet. Tetapi kualitasnya lumayan bagus… walopun sering berhenti sewaktu film diputar.

Film tersebut dibintangi oleh aktor dan aktris muda perfilman Indonesia, juga terdapat beberapa nama tenar yang memang sudah malang melintang dikancah perfilman nasional. Tokoh Fahri diperankan oleh Fedi Nuril yang merupakan pemeran utama dari film ini. Dua tokoh utama wanita Anisha diperankan oleh Rianti Catwright dan Maria diperankan oleh Carissa Putri.

Klo menurut penilaian saya, film ini sangat bagus. Banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dari film ini. Pelajaran tentang agama dan kehidupan didunia. Walaupun terkadang sangat sulit untuk memahami beberapa perpindahan tempat dan waktu dari suatu scene ke scene berikutnya. Mungkin hal ini sangat wajar… mengingat tidak semua yang diceritakan pada novel dapat dibuat adegan filmnya. Bagi orang-orang yang telah membaca novelnya… mungkin bisa menilai lebih jauh tentang film ini. Sinopsis cerita mungkin lebih lengkap klo baca novel, ato bisa dibaca dari sini.

Hal lain yang membuat saya kagum adalah lantunan lirik dan lagu OST dari film Ayat-ayat Cinta ini. Tembang Ayat-ayat Cinta yang dilantunkan oleh Rossa memiliki lirik yang bagus dan enak didengar. Lagu ciptaan Melly Goeslow memang sangat powerful jika dijadikan OST sebuah film. Apalagi lagu tersebut digarap khusus untuk film ini. Klo mau denger OST Ayat-ayat cinta, bisa didenger disini. Ini saya kasih juga OST Ayat-ayat Cinta versi video klip dari youtube (maap bagi yang tidak dapat melihat😀 ).

Kepada mas Hanung Bramantyo saya mohon maaf sebesar-besarnya karena telah menonton film Ayat-ayat Cinta bukan versi yang asli. Mungkin karena keterbatasan tempat dan waktu saat ini, jika saja saya berada di Indonesia… pasti saya akan melihatnya langsung dari layar bioskop. Buat penggemar film terutama penggemar Ayat-ayat Cinta… saya menganjurkan agar menonton versi yang asli, baik DVD maupun nonton bareng dibioskop. Sayang rasanya film ini klo dilihat dengan kualitas gambar dan audio yang jelek.

Written by nRa

Tuesday, February 12, 2008 at 2:29 pm

15 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. thx, mas😀

    karena tidak bisa langsung streaming, didonlot sajalah flv-nya ;))

    abdulmuneverlose

    Tuesday, February 12, 2008 at 4:47 pm

  2. Hendraaaaaaaaaaaa….. Curang,hiks…hiks…
    Koq udah nonton sih?
    Tau gak… Aku udah nunggu lama ni pelem
    Pelem ini rencana awalnya tayang lebaran haji kemaren, tapi di undur… terus diundur lagi… Di undur lagiiii… Sampe pada akhirnya ditetapkan 28 februari ini…

    Bagus ya? Donlot dari mana hend? Mau donk…
    Sebenarnya aku agak2 takut juga sih kalo fimnnya gak sebagus novelnya.
    Novelnya bagus banget lho. Harusnya sebagian tokoh dalam film ini orang mesir asli menurutku, kayak Maria dan keluarganya. Serta Aisha harusnya juga orang sana, pasti lebih bagus lagi kalo gitu…
    Kalo ngeliat trailer-nya sih aku takutnya film ini mengecewakan….
    Tapi kita liat aja deh

    adhieyusnadi

    Tuesday, February 12, 2008 at 11:34 pm

  3. Bener2 bikin semua org ngilerrrr….

    Mas baca novelnya!! Keren abisssssss!! Nggak bosenin kok!! qeqeqeqeqeqe

    adiwenatb

    Wednesday, February 13, 2008 at 5:57 am

  4. meskipun saya belum liat pilemnya, tp kl dr bayangan saya…sepertinya (seperti biasa) jauh lebih bagus novelnya dp pilemnya. So, kl udah nonton pun, baca novelnya lagi pasti gak rugi deh Nra, dijamin gak bakal lebih dari 3 hari baca tuh novel..
    Hebatnya..isu seperti poligami di novel ini tak membuat orang yg menentang poligami lantas menghujat novelnya… hehe… Tp yang jelas, novel ini membuat kita malu sendiri, karena ibadah kita yang masih belepotan😦

    ulliee

    Wednesday, February 13, 2008 at 12:31 pm

  5. @ munif : sama-sama nif

    @ adhie : whehehe… mendingan nonton yang ori aja yah dhie, jangan yang bajakan😀 . kata temenku yang udah khatam baca novelnya, memang banyak sekali pengurangan dan penambahan cerita dari versi novel menjadi film. Bagus ato tidaknya… itu relatif terhadap orang yang nonton.

    @ adiwenatb : hehehe.. maap kepada semua pihak yang penasaran🙂 . hmmm…. gimana yah, aku rada males baca buku… emang dasarnya gak punya hobi baca buku. Apalagi baca novel yang seabrek tebalnya😀 .

    @ ulliee : klo dibandingn dengan novel seh… kebanyakan film yang dibuat berdasarkan novel pasti gak sebagus novelnya. Liat aja contohnya novel “harry potret” yang dibikin film… banyak yang kecewa😀 . Oke deh… ntar klo lagi rajin baca tak usahain baca novelnya.

    nRa

    Wednesday, February 13, 2008 at 8:17 pm

  6. mgkn Iya agak sedikit beda sama yg lain ya..soalnya, kalau menurut Iya sih..novelny biasa2 aja.hehehe..
    tapi kalau diiat dari trailer filmnya, sepertinya lumayan bagus..
    kak mau dongg, filmnya😛
    soalny kalau nunggu di youtube, ntah berapa tahun lagi baru kluar..😆

    Ardhia

    Wednesday, February 13, 2008 at 10:36 pm

  7. cant hardly wait the movie!

    herru

    Wednesday, February 13, 2008 at 10:59 pm

  8. @ ardhia : mendingan nonton yang asli aja yah😀

    @ herru : saya juga masih pengen nonton… ntar klo pulang mo beli dvd aslinya🙂

    nRa

    Thursday, February 14, 2008 at 3:49 am

  9. hihi kakak..laporin nih ke mas hanung..
    baru tar keluar tgl 28 di bioskop tapi emang udah selese lama sih ga heran kak hendra udh ntn..
    tapi kalo za agak bingung itu lirik lagunya, mewakili siapa yah?hihi bingung..tapi musiknya sih enak..

    fiza

    Friday, February 15, 2008 at 2:38 am

  10. @ fiza : whehehe… jangan dong za🙂 . iya musiknya emang enak

    nRa

    Friday, February 15, 2008 at 6:45 pm

  11. Hey, gue tau lo susah nontonnya karena jauh dari Indonesia. Tapi kalo lo emang dapet dan udah nonton versi tak dieditnya jangan bilang-bilang dan jangan disebar ya…

    Oya, dan titip pesen ke temen lo (atau temennya temen lo) yang pertama kali ngasih versi itu:

    “Pertama, lo enggak punya etika! Kedua, film itu susah bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet bikinnya, jadi mending lo nyela-nyela fiilm ini tapi nonton di bioskop. Ketiga, mudah-mudahan karir lo stuck di tempat sampe lo mati karena kelakuan lo ini.”

    Bilang juga ya ke dia, doa orang yang dizholimi didenger Allah. Dan doa ini berlaku ke elo juga kalau lo ikut nyebarin film itu.

    Thanks…🙂

    Ginatri S. Noer

    Tuesday, February 19, 2008 at 3:04 pm

  12. @ ginatri : makasih yah udah berkunjung dan baca blog saya😀 . Btw, saya juga berdoa… semoga Anda dapat lebih baik dalam berdoa🙂 .

    nRa

    Tuesday, February 19, 2008 at 3:54 pm

  13. Gue juga berdoa biar lo enggak nonton film bajakan Indonesia lagi… Mending lo sabar dikit sampai lo pulang ke Indonesia atau minta dvd originalnya nanti. BTW, lo nonton film yang BELUM jadi!!! Enggak usah pake komentar deh, kalau ini gue quote dari blog lo ya:

    “Walaupun terkadang sangat sulit untuk memahami beberapa perpindahan tempat dan waktu dari suatu scene ke scene berikutnya.”

    Ya iyalah susah! Lo nonton yang belum jadi. Belum ada sound yang bagus, belum ada transisinya dan lain-lain.

    Mungkin lo nggak tau ya kalo kelakuan lo [dan temen lo itu] ngelanggar hukum?

    Oya, hak gue ya untuk nulis ini. Gue dan kru film ini kerja setengah mati untuk ngewujudin film ini. Jadi, kalau ada pihak MD yang ngehubungin lo jangan kaget…

    Thanks!

    Ginatri S. Noer

    Wednesday, February 20, 2008 at 1:29 am

  14. @ ginatri : ups, ko’ jadinya begini? gue minta maaf banget neh… karena udah terlanjur nonton bukan versi asli.
    mengenai doa loe “Gue juga berdoa biar lo enggak nonton film bajakan Indonesia lagi” … amin. Semoga gue gak nonton film bajakan Indonesia lagi.

    nRa

    Wednesday, February 20, 2008 at 5:46 am

  15. […] mau saya titipin buat beli … hehe . Tidak ingin pengalaman yang terdahulu terulang lagi (lihat aja komen2nya). Untuk film yang satu ini saya akan usahakan melihat versi yang aslinya, baik itu vcd ato […]

    Laskar Pelangi The Movie « Catatan Kecil

    Tuesday, September 23, 2008 at 8:23 am


Leave a Reply

