Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

lebIh MeLeK IT denGan UU ITE

with one comment

 

ite

Akhirnya Indonesia memiliki undang-udangan tentang Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik. Setelah lama gontok-gontokan dimeja wakil rakyat sampe gontok2an beneran gak yah? RUU tersebut disahkan menjadi UU yang bernama UU ITE. Pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informasi telah berhasil menelorkan sejarah tentang payung hukum teknologi informasi di Indonesia.

Seperti hal dua sisi mata uang yang saling bertolak belakang, UU ITE juga memiliki pro dan kontra. Sisi lain menunjukkan kematangan negara ini dalam menerima perkembangan teknologi informasi dan dengan adanya undang-undang ini seluruh masyarakat memiliki payung hukum yang sah. Disisi lainnya undang-undang ini bisa saja dimanfaatkan untuk kepentingan suatu pihak/golongan dalam mencelakai atau memeras pihak lainnya.

UU ITE yang memiliki 13 BAB yang dijabarkan dalam 54 pasal menjelaskan secara gamblang dan jelas tentang peraturan teknologi informasi dan transakasi elektronik. Bagi kita masyarakat awan yang masih belum mengerti seluk-beluk teknologi informasi hendaklah sedikit waspada dengan adanya UU ini. Jika sebelum adanya UU ini kita masih dapat berbuat sesuka hati dengan teknologi infomasi dan kegiatan elektronik, sekarang kita harus sedikit lebih perhatian terhadap kegiatan-kegiatan kita yang berhubungan dengan hal tersebut.

Jika ingin membaca keseluruhan pasal pada UU ITE, seluruh masyarakat Indonesia dapat mengunjungi situs resmi UU ITE. Pembahasan lengkap dengan  segala keterangan dapat kita lihat disana. Sebagai mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia teknologi informas, bagi saya UU ini sangat baik bagi perkembangan teknologi negara kita.

Sedikit saran bagi yang ingin mengetahui UU ITE, tetapi memang tidak berkenan untuk membacanya secara keseluruhan, masyarakat cukup mengetahui beberapa pasal yang penting saja.  BAB VII yang memiliki pasal 27 – 37 menerangkan tentang perbuatan yang dilarang dalam teknologi informasi dan transaksi elektronik. Diantaranya adalah tentang pelanggaran kesusilaan, perjudian, penghinaan dan pencemaran nama baik, pemerasan dll. Serta tindakan-tindakan yang merugikan orang lain, seperti melakukan crack terhadap suatu sistem, penyadapan informasi dan perusakan suatu sistem.

Harapan yang muncul setelah adanya UU ITE ini adalah kedewasaan dan profesionalitas dari setiap kalangan masyarakat dalam menindak lanjuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan traksaksi elektronik. Pelaksanaan UU ini seharusnya menjadi tanggung jawab bersama dengan pemerintah sebagai aktor terdepan dalam memajukan teknologi informasi dinegara kita.

*Gambar dari internet

Written by nRa

Tuesday, April 1, 2008 at 2:51 pm

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. bisa ngak lihat detail dari UU ITE, terima kasih.

    siuma

    Wednesday, July 15, 2009 at 8:31 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: