Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Beijing 2008 – Bird’s Nest Stadium

with 5 comments

bird

Bird’s Nest National Stadium

Beginilah nasib pengangguran terselubung yang malas🙂 . Pulang dari Lab-meeting, pengennya tidur siang melepas lelah😀 . Eh, malah ngeblog jadinya. Oke, cukup sampai disini… barusan liat lates headlines diBBC News, ternyata stadiun utama yang akan digunakan pada saat pembukaan dan penutupan olimpiade Beijing 2008 telah resmi dibuka dan dipublikasikan kepada publik. Kita akan melihat seberapa megah stadiun yang dapat menampung 91.000 orang ini.

Bird’s Nest Stadium ato yang lebih dikenal dengan nama Beijing National Stadium pada rencana awal pembangunan akan rampung pada bulan Maret 2008. Namun baru hari ini stadiun megah tersebut dipublikasikan kepada masyarakat dunia melalui media. Salah seorang peliput media diberikan izin untuk melihat bagian dalam stadiun ini. Stadiun yang memiliki nama mandarin Běijīng Guójiā Tǐyùchǎng (Hanyu Pinyin) atau 北京國家體育場 (zhongwen) masih dalam tahap penyelesaian akhir, yang mungkin akan sepenuhnya rampung pada bulan ini.

Proses penyelesaian dari desain hingga menampilkan hasil akhir diperkirakan selama 52 bulan itung aja sendiri kapan mulai bangunnya . Diarsiteki oleh berbagai kalangan baik arsitek dari China asli maupun arsitek2 dari manca negara. Tetapi nama perusahaan arsitektur yang tertera pada project ini adalah Herzog & de Meuron asal Swiss (salah satu projectnya adalah markas Bayern Munchen Alianz Arena, reds).

Secara arsitektur, Bird’s Nest memiliki keunikan dan kesemrawutan jika dilihat dari luar. Uniknya mungkin tidak perlu pendingin udara yang terlalu banyak bagi stadiun ini, karena konstruksinya yang meyerupai sarang burung membuat udara dapat mengalir dari berbagai arah. Hal tersebut juga seperti kesemrawutan🙂 . Pembangunan stadiun ini menghabiskan diut sekitar 3.5 Billion Yuan atau sekitar UD$500 juta ini duit ato krupuk yah?. Disalah satu sisi bagian dalam stadiun ini terdapat hall pameran yang menampilkan proses konstruksi dari awal hingga selesai.

Pada tanggal 8 Agustus tahun ini, semua mata didunia terutama pecinta olah raga akan tertuju pada stadiun ini. Event atletik dan sepakbola terntunya akan dimainkan pada stadiun ini. Event akbar olahraga sedunia ini memang selalu mencuri perhatian dari seluruh kalangan masyarakat. Masyarakat China yang tahun ini kebagian rezeki untuk menjadi tuan rumah sepertinya telah siap dengan segal kemampuan yang mereka miliki.

Kemampuan atlet mereka tidak terbantahkan lagi, selama beberapa event olimpiade belakangan hanya dua negara yang dapat bersaing ketat untuk perebutan juara umum, yaitu Amerika dan China. Berharap tuah sebagai tuan rumah, China ingin mengangkangi Amerika dari determinasinya dicabang olahraga apapun. Atlet Indonesia yang juga ikut ambil bagian dalam event ini diharapkan dapat memberikan prestasi yang tinggi bagi bangsa kita. Semoga ada lebih dari satu kali kumandangan lagu Indonesia Raya di Beijing 2008.

* Foto dari Beijing 2008 Official Websites. Cerita berikutnya : Beijing 2008 – Olympic Water Cube

Berita terkait :

Written by nRa

Thursday, April 17, 2008 at 4:48 pm

Posted in Events/Acara, Sports

Tagged with ,

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. GILEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    super duper shot! keren wis pokoke

    galih

    Thursday, April 17, 2008 at 9:11 pm

  2. @ galih : oiii… iku dudu’ foto ku, lali nambahi nang ngisor. Ngambil dari official websitesnya mereka… haduh… bener2 lupa ngasi sourcenya tadi. maap2.

    nRa

    Thursday, April 17, 2008 at 10:13 pm

  3. Wah..udah jadi ya stadionnya..terakhir aku kesana akhir desember 2007 kemarin baru separuh jadi lho. Gila Cina kalo mbuat niat dan cepet banget!…Btw, di sebelah2nya stadion itu bangunan olah raganya juga bagus2 dan unik2…

    Aris Kumara

    Friday, April 18, 2008 at 11:48 am

  4. is the best……………..

    IMAN

    Wednesday, June 24, 2009 at 1:44 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: