Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Cryptography and Information Security

with 5 comments

crypto

haiiiiiiiiiiiaaaa…. waaaa taaaaa!!!! (pake nada klo orang lagi latihan silat/kungfu)

Selesai sudah satu exam untuk semester ini, masih ada banyak lagi exam yang akan saya hadapi semester ini. Mulai dari Network Performance Analysis and Simulation, Advance Computer Networks, Production Management dan Supply Chain Management. Ditambah lagi dengan project akhir dari setiap mata kuliah. Huiiiiks, semester triple combo😦 .

Pagi ini selama hampir 3 jam SKS saya terpaku didalam kelas untuk ujian Cryptography. Ujiannya emang open book, open source, open apa aja deh yang bisa diopen🙂 … open teman juga boleh klo mau😀 . Tapi tetap aja… Suse amir. Sebagian soal memang hampir sama dengan soal exam tahun lalu. Baru dapat soal tahun lalu tadi malam… jam 23.00, gila abis. Langsung ngacir nyari jawabannya sampe jam 2 dini hari. Liat aja tuh mata teman2 pada merah semua pada waktu ujian, whehehe😀 .

Selalu menganggap remeh sesuatu… itulah kunci kehancuran ku. Udah dapat soal tahun lalu coba… eh, bukannya dipelajari… cuma dipelototi aja. Secara umum… mungkin hasil ujian tidak terlalu jelek, tetapi juga tidak juga terlalu bagus. Klo buat lulus kuliah seh, mungkin bisa lah. Ya sudah lah… udah lewat juga examnya… penyesalan selalu datang terlambat😀 .

Oh iya… sedikit cerita tentang textbooknya. Isinya tentang teori-teori dasar cryptography. Symmetric key, DES, AES, Mode of Operation dll. Kebetulan yang dibahas cuma sampe part 1 aja… sampe chapter 7. selebihnya gak dipelajari. Karena abis exam ini, harus presentasi paper yang berhubungan dengan Cryptography and Information Security. Mungkin ini bedanya kuliah waktu dulu dengan sekarang… sebagai engineer gak hanya disuruh “memakan buku” tapi juga memikirkan tentang penelitian ato ide2 diluar teori2 dasar itu.

Hal yang menarik dari buku ini adalah quote yang diberikan disetiap awal chapter. Ada sebuah quote yang mungkin banyak dikenal orang :

” I am fairly familiar with all the forms of secret writings, and am my self the author of a trifling monograph upon the subject, in which I analyze one hundred and sixty separates ciphers,” said Holmes.

The Adventure of the Dancing Men, Sir Arthur Conan Doyle —

Written by nRa

Monday, April 28, 2008 at 7:27 pm

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. tybel tybel Zna Havgrq…
    tybel tybel Zna Havgrq…

    clue : rot13.com

    dzaia-bs

    Monday, April 28, 2008 at 11:08 pm

  2. si william stallings ini mungkin di dunia kriptografi kayak Adam Smith di dunia ekonomi ya? atau nggak?

    kriptografi adalah pelajaran paling membosankan, lebih seru berusaha meng-intercept paket-paket dalam HTTPS dan mencoba memecahkannya hehe…

    galih

    Tuesday, April 29, 2008 at 9:43 am

  3. Kuliah…

    hhh…

    Mus_

    Tuesday, April 29, 2008 at 5:50 pm

  4. @ dzaia : whahaha… masih semangat aja neh Jay😀 , ntar malam mau dibeliin tisu gak? :p
    dari kata2nya… sepertinya pake caesar cipher, eh ternyata bener😀 . Setelah baca hintnya, dia pake forward 13 characters … klo anak pramuka mungkin lebih kreatif lagi, ini namanya sandi A-N klo di pramuka🙂 .

    @ galih : mungkin aja seh, tapi kaya’nya pak Stalling menguasai berbagai bidang ilmu deh🙂

    @ mus_ : hehehe… iya nih, masih kuliah🙂

    nRa

    Tuesday, April 29, 2008 at 8:56 pm

  5. Jadi pengen kuliah lagi😀

    Aris Kumara

    Thursday, May 1, 2008 at 10:59 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: