Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Tim Garuda NTUST – ISA

with 6 comments

Tim Garuda

Tim Garuda

Tiga hari yang lalu merupakan hari-hari yang melelahkan. Bertarung dalam 2nd Taiwan International Students Soccer Festival yang diadakan oleh NTU (National Taiwan University, red) NTUST mengutus Tim Garuda sebagai wakilnya. Tim yang seluruhnya terdiri dari pemain Indonesia (Kevin, BungKus, Erick, Evan, Johan, Ocky, nRa, Onggo, Joni, Pak Data, Henry, Alief : Kiri-Kanan) bertarung dengan semangat juang tinggi, meski tim yang dihadapi adalah tim-tim sekelas macan Afrika dan tim-tim multinasional dari Eropa.

Acara dimulai dengan pembukaan yang turut dihadiri oleh perwakilan negara yang memiliki hubungan kerjasama dengan Tiawan. Pembukaan yang berlansung sederhana namun cukup meriah dengan adanya beberapa pertunjukan, salah satunya adalah penampilan pemandu sorak terbaik se-Taiwan. Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan pertandingan perdana antara tim NTU-FSA melawan … Tim Garuda akan menjalani pertandingan perdananya pada sore hari pukul 16.30 melawan Fujen Chatolic University (FuDa).

Penyisihan Grup

Saat-saat yang mendebarkan tiba… tidak sabar rasanya kaki ini ingin menendang sikulit bundar. Pertandingan pertama Tim Garuda vs FuDa. Tahun lalu Tim Garuda juga berada satu grup dengan FuDa, dengan pertandingan dimenangkan oleh FuDa. Tetapi tahun ini kami tampil dengan kekuatan yang berbeda… permainan umpan pendek cepat menjadi andalan, kehadiran kiper Iker “Evan” Casillas merupakan faktor yang tak kalah penting dari Tim Garuda. Alhasil, Tim Garuda mampu membalas kekalahan tahun lalu dengan skor 1-0. Gol yang dicetak oleh Radityo “Riquelme” Onggo berhasil membungkam suporter FuDa. Harapan untuk melaju kebabak selanjutnya terbuka lebar, mengingat lawan yang akan dihadapi berikutnya adalah NTNU (Shida, red) yang juga menang saat berhadapan dengan FuDa pada pertandingan pertama.

Sabtu pagi keesokan harinya… Tim Garuda menjalani pertandingan kedua melawan ShiDa. Sepertinya memang kecil kemungkinan kami untuk menang pada partai ini, karena teman-teman sudah kehabisan tenaga. Dengan semangat juang yang masih tersisa dan dukungan suporter setia Tim Garuda, kami berangkat membawa nama universitas dan bangsa Indonesia. Berharap kemenangan akan diraih pada pertandingan ini. Babak pertama pertandingan berjalan imbang… dengan sebuah peluang dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Riquelme, nRa yang bermain sebagai penyerang sayap dapat memanfaatkan kecerobohan kiper lawan dengan memanfaatkan bola muntah. Skor 1-0 untuk Tim Garuda dibabak pertama. Babak kedua tim ShiDa mulai memainkan permainan cepat menyerang… sehingga Tim Garuda hanya bisa bertahan dan akhirnya menerima gol balasan dari kemelut didepan gawang. Skor 1-1 berlanjut hingga akhir pertandingan… dan dilanjutkan dengan adu tendangan pinalti. Karena kedua tim memiliki nilai dan surplus gol yang sama. Mental kami membaik… karena kami memiliki kiper kelas dunia. 5 penendang disiapkan… Erick “Cantona”, Joni WS, Johan “Terry”, Bungkus sang striker gaek, dan Henry “Shevchenko”. Skor akhir 5-4 untuk kemenangan Tim Garuda lewat adu pinalti. Suka cita dirasakan oleh seluruh tim dan suporter. Untuk kali pertama Tim Garuda yang berstatus underdock berhasil melaju hingga babak semifinal.

Tidak hanya kegembiraan yang kami rasakan… kegundahan juga meliputi suasana tim. Dari 12 orang terpilih hampir seluruh pemain mengalami cedera. Keinginan untuk tidak menjalani pertai semifinal juga pernah terpikirkan oleh kami, tetapi niat tersebut urung dilaksanakan untuk menghormati panitia pelaksana.

Semifinal dan perebutan tempat ke-3

Sabtu sore, pertandingan semifinal berlangsung… partai semifinal kedua yang mempertemukan Tim Garuda dengan NPUST (Pingtung University, red)…. sepertinya akan berlangsung berat sebelah. Mayoritas Tim Garuda telah kehilangan stamina, hanya semangat yang masih membuat kami untuk bertarung. Alhasil Tim Garuda menerima kekalahan telak 0-5 dari Pingtung University. Tim lawan diuntungkan dengan memiliki waktu istirahat cukup lama.

Minggu pagi, Tim Garuda masih harus bertanding untuk memperebutkan tempat ke-3. Tim Garuda akan berhadapan dengan NTU-FSA. Untuk pertandingan ini… Tim Garuda sudah benar-benar kehabisan tenaga. Beberapa pemain utama tidak dapat hadir karena diliputi cedera dan urusan dinas. Sesuai harapan… bermain habis2an untuk terakhir kali. Alhasil skor 7-1 menjadi hiburan bagi pendukung tim lawan. satu-satunya gol yang dibuat oleh Tim Garuda lewat kaki Erick “Cantona” melalui kerjasama 1-2 dengan striker gaek BungKus. Mohon maaf kepada suporter setia Tim Garuda… karena kami telah kehabisa stamina. Tidak siap mental untuk menjalani pertandingan hingga putaran akhir.

Kegembiraan dalam kebersamaan

Kalah, menang itu soal biasa. Sudah sewajarnya suatu pertandingan memiliki pemenang dan memghasilkan tim yang kalah. Kegembiraan dan kebersamaan yang membuat Tim Garuda mampu terbang hingga babak semifinal pada turnamen ini. Bahkan seorang volunteer yang bertugas membantu Tim Garuda terheran-heran dengan suasana tim ini. Ketika kami menang… kami bergembira, ketika kami kalah… tidak sedikitpun wajah duka kami perlihatkan. Humor dan kegembiraan menghangatkan suasana dari seluruh teman-teman yang ada. Tim Garuda tidakkan dapat terbang tinggi tanpa dukungan dan semangat dari teman-teman semua.

suporter 2

Suporter dan Tim Garuda

Terbang Tinggi Tim Garuda… Tahun depan kita juara!!!

suporter 1

Suporter Tim Garuda

*foto-foto dari Harki

Written by nRa

Monday, May 5, 2008 at 4:47 pm

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. benny ndak ikutan maen bola tuh😀

    aRuL

    Tuesday, May 6, 2008 at 1:09 am

  2. […] Para Member TPC mari kita bersama-sama menghadiri JMP ini. Blogger juga butuh kesehatan jasmani untuk bisa menulis. Sembari Berolahraga, kita […]

  3. Keren keren….
    mantabs punya…
    congratz deh…

    galih

    Tuesday, May 6, 2008 at 8:50 am

  4. @ arul : benny jadi supporter setia, whehe

    @ galih : xie xie ni

    nRa

    Tuesday, May 6, 2008 at 3:50 pm

  5. photonya bagus banget neh ….

    [H]Yudee

    Wednesday, May 7, 2008 at 12:49 pm

  6. harus juara I tahun depan ahhaa…..

    edwinsetiawan

    Thursday, May 8, 2008 at 7:06 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: