Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

LAS – Laporan Akhir Semester

with 11 comments

npasacncruptopmsscm

[Kiri-Kanan : NPAS, Adv Comnet, Cryptography, Prod Management, Supply Chain]

Akhirnya tahun pertama saya lewati juga, alhamdulillah dengan nilai yang tidak terlalu bagus dan tidak terlalu jelek. Hal yang patut saya sukuri adalah semua kredit untuk program master telah saya penuhi, jadi tahun depan tinggal konsentrasi ke Thesis aja (semoga bisa selesai). Untuk semester awal saya di NTUST, seilahkan bernostalgia disini.

Semester ini berhasil saya lewati dengan baik, walaupun harus mengarungi lautan api dan mendaki gunung yang terjal🙂 . 5 Mata kuliah untuk program master harus saya selesaikan dalam satu semester, untung awalnya diizinkan Prof untung ngambil segitu banyak kuliah. Secara umum, nilai matakuliah manajemen saya lebih baik dari pada nilai mata kuliah bidang computer science🙂 . Secara kuliah manajemen itu cuma memahami konsepnya aja, dan lagian Prof di manajemen baek2 klo ngasih nilai :)) .

Networks Performance Analysis and Simulation, kuliah yang diajarkan oleh semester saya. Basic kuliah adalah teori probabilitas yang diterapkan pada simulasi dan analisa networking. Kuliah ini hanya dibagi tiga bagian: Tugas, Exam dan Final Project. Terus terang, saya harus berjuang ekstra keras untuk kuliah ini. Project akhir kuliah ini berupa simulasi dari paper. Wuih…. saya belum memahami benar tools2 untuk simulasi, selain itu hasil simulasi yang harus sama persis dengan paper😦 .

Advance Computer Networks, nah… klo kuliah ini, saya bilang kuliah super killer bagi saya. Cukup membanggakan dapat lolos dari kuliah ini, ada sekitar 7 mahasiswa yang tidak lulus dari kuliah ini. Kenapa saya bilang super killer, karena materi kuliahnya statistik n probabilitas. Belum lagi klo ngitung queuing system😦 . Kuliah ini dibagi dalam 3 bagian: Tugas, Exam dan Project. Projectnya memang tidak seberat NPAS, tapi examnya…. whehehe, bikin badan serasa panas-dinging. Belum lagi, tidak ada seorang teman mahasiswa Indonesia yang ikutan kuliah ini, semua tugas2 harus saya kerjakan sendiri n belajar pun sendiri juga😦

Cryptography and Information Security. Sebenarnya saya paling menyukai kuliah ini, karena materi yang diberika. Tetapi saya kecewa dengan hasil yang saya dapatkan, tidak sesuai harapan. Kuliah ini dibagi dalam 4 bagian: Tugas, Midterm Exam, Final Exam dan Project. Pelajaran berharga dari kuliah ini yang saya dapatkan adalah, bagaimana seharusnya seorang mahasiswa pasca sarjana melakukan project dan mempresentasikan projectnya. Kebetulan yang mengajarkan kuliah ini adalah Prof tamu, sehingga dia banyak memberi masukan yang berharga untuk melakukan penilitian, terutama dibidang security.

Supply Chain Management, klo kuliah ini paling enak🙂 . Cukup  datang kekelas, dengerin prof nerangin didepan dan dengerin teman-teman presentasi. Secara umum dibagi dalam 2 bagian: 4 kali presentasi project kecil dan Project akhir. Project kecil berupa pelajaran-pelajaran tentang konsep supply chain pada beberapa studi kasus. Project akhir, kebetulan yang dipresentasikan adalah Teknologi RFID dalam supply chain.

Production Management System, klo boleh jujur…. inilah kuliah yang paling membosankan (menyenangkan maksudnya). Pelajarannya tentang berbagai proses produksi, terutama manajemennya. Mulai dari hulu sampe hilir. Cukup datang kekelas, dengerin prof menjelaskan materi…. terus setiap akhir kuliah ada satu kelompok yang presentasi tentang sebuah studi kasus. Oh, iya… ada examnya juga, tapi boleh open book … hehehe🙂 .

Yup, gitu deh pengalamam tahun pertama saya dibangku kuliah master. Sebagian besar dihabiskan untuk perkuliahan sebenarnya lebih banyak jalan2🙂 .

Written by nRa

Monday, July 7, 2008 at 6:59 am

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. I’ve been reading along for a while now. I just wanted to drop you a comment to say keep up the good work.

    Sue Massey

    Monday, July 7, 2008 at 7:00 am

  2. Congrats!
    Makan2😀

    Kapan mulih ndra? Aku tak mampir nang surabaya. (omahe nang sby ngomonge mampir :D)

    dnial

    Monday, July 7, 2008 at 8:05 am

  3. Hal yang paling pengen aku pelajari sekarang kalau aku ngelanjutin S2: Supply Chain Management.

    galih

    Monday, July 7, 2008 at 11:52 am

  4. Selamat Ndra…terusin sampai tuntas yah…jangan kecantol apa2 ato siapa2 dulu hehehe… jangan kayak aku ini..hiks..capek2 setahun kuliah skrg nyantol di Bontang dan terpaksa gak bisa diterusin…😦

    ulliee

    Monday, July 7, 2008 at 3:33 pm

  5. @ dnial : tgl 12 iki mulih, mampir sby dilut… setelah itu baru pulang ke rumah, koen nang sby ta?

    @ galih : semua pelajaran manajemen enak lih, dapat ilmu baru dan mahasiswinya juga … ngerti sendiri lah :p

    @ ulliee : makasih liee, semoga tahun ini udah selesai masternya n bisa balik ke Indo🙂 … n semoga kecantolnya ama yang di Indo aja, whehehe (maunya)🙂

    tukang foto keliling

    Monday, July 7, 2008 at 3:39 pm

  6. Asw,,
    Wah… sukses ya mas… Semoga semakin dimudahkan kerja2nya disemester mendatang..
    berarti tinggal thesis aja yah? 1,5 tahun kelar yah.. Wah Subhanallah…

    ario

    Monday, July 7, 2008 at 5:45 pm

  7. weh ada semua bukunya😀

    aRuL

    Tuesday, July 8, 2008 at 4:10 am

  8. @ ario : amiin, tapi kaya’nya gak mungkin deh klo 1,5 tahun lulus🙂 … temen labku yang super jenius aja n thesisnya udah selesai, harus ngabisin 2 th disini🙂

    @ arul : whahaha, klo buku wajib punya… tapi itu pinjaman semua🙂 gak ada satupun buku yang aku beli disini klo buat kuliah, kecuali buku mandarin / Chinese😀

    nRa

    Tuesday, July 8, 2008 at 12:37 pm

  9. Mas Ndra ni Diah mahasiswi Fisip Jogjakarta,

    Diah mhon bantuannya,
    sekarang lg menyelesaikan tugas akhir ttg Taiwan khususnya pengunduran diri Menham Lee Tien Yu tp kkrngan data…

    saya bsa minta referensi dataor koran or apa aja d yg memuat ttg Pengunduran, karier n p’jlnan hidup Lee Tien Yu..

    mas Ndra saya sngt butuh sekali bantuan nya dan terima kasih.

    Diah

    Saturday, August 16, 2008 at 3:32 pm

  10. mas Ndra selamat ya…

    wah keren ne bsa study di taiwan n b’cita2 lulus 1,5 thn.

    saya Diah mahasiswi Fisipol Universitas di Jogjakarta.

    saya mo minta bantuannya mas Ndra,

    sekarang saya sdng menyelesaikan tugas akhir ttg Taiwan n Khususnya pengunduran diri MenHam Lee Tien Yu tp kekurangan data.

    mas Ndra bsa tlg syutk memberikan Refrensi ttg artikel yg berhbngan dgn Lee Tien yu.

    terima kasih y mas, sy sgt membthkan sekali bantuannya.

    reply ke email sy aj.

    Diah

    Saturday, August 16, 2008 at 3:40 pm

  11. @ diah : boleh2, ntar saya bantu… tapi saya baru balik ke Taipei hari senin depan.

    nRa

    Sunday, August 17, 2008 at 3:36 pm


Leave a Reply

