Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Archive for September 2008

Eid Mubarak 1429 H

with 3 comments

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar

La Illaha Il Allah… Allahu Akbar

Allahu Akbar Waliillahil Hamd

Takbir menggema diseluruh penjuru dunia, mengagungkan namaMu ya Allah. Begitu kecilnya makhluk ciptaanMu yang satu ini, jika dibandingkan dengan kebesaranMU. Setelah sebulan lamanya ditempa dan dididik untuk lebih mengenal Mu ya Allah, akhirnya hari nan fitri ini tiba. Semoga semangat Ramadhan masih tetap akan bersama kami hingga kami bertemu dengan Ramadhan tahun depan ya Allah.

Hari ini kami bertakbir, bertasbih dan bertahmid. Mengajak sanak saudara, anak dan cucu, kerabat dan handai taulan untuk mengagungkan namaMu ya Allah. Berilah kami keberkahan Idul Fitri kali ini ya Allah, semoga kami menjadi orang-orang yang kembali. Kembali kepada jalanMu ya Allah. Semoga kami menjadi orang-orang yang fitrah, amiin.

Sanak saudara, teman-teman, kerabat dan kepada siapa saja. Dihari yang fitri ini izinkanlah saya mengucapkan Taqobalallah minna wamin kum taqobbal yaa kariim, syiyamana wa syiyamukum , minal ‘aidzin wal faizin. Kullu ‘amm wa antum bi khoir. Mohon maaf lahir dan batin.

Written by nRa

Tuesday, September 30, 2008 at 6:57 am

ngrJaiN PR

with one comment

Biasanya yang ngasih PR itu guru ato dosen, eh … ini malah dari blog πŸ™‚ . Tapi gak papa deh, sebisanya saya kerjain yah bu guru Yoe. PR tentang pribadi kita sendiri, gimana kita menilai diri kita. Biasanya kita paling pinter klo menilai orang lain, tapi ketika disuruh menilai atau menggambarkan diri sendiri langsung bengong. Klo gak percaya coba aja… bagi yang pernah diwawancara untuk suatu pekerjaan mungkin pernah mendapati pertanyaan “Tolong deskripsikan diri Anda dan berikan kelebihan-kelebihan yang Anda miliki!”.

Ini PR saya bu guru :

  1. Orangnya kecil (imut2 πŸ™‚ ), tapi suaranya nyaring banget … so, bakalan susah klo nyari dikeramaian. Kecuali klo saya teriak … hehe πŸ™‚ . Terkadang secara tidak sadar omongan atau suara saya menyakiti orang laen, baru ngerti klo ada temen yang ngingetin saya.
  2. Paling susah klo disuruh makan … yeah, apalagi makan sayur2an 😦 . Makanya gak gede2 kata temen-temen saya. oh iya… klo makan juga lama, kasian temen2 yang udah pada selesai. Cuma selera makan klo udah ketemu masakan ibu dirumah… mom, miss u.
  3. Anak rantau, sejak tamat SMP udah meninggalkan orang tua dikampung halaman. Pergi merantau ketanah orang untuk mencari ilmu demi sesuap nasi. So, udah ketebakkan karakter anak rantau gimana… gak neko2. Klo senang bilang senang… klo gak suka bilang gak suka (kecuali soal wanita yah).
  4. Paling suka olahraga, terutama sepak bola. Semua olahraga bisa aja … asal ada temennya. Seneng cangkrukkan (ngumpul2) bareng teman-teman juga.
  5. Gak suka baca buku … please deh. Ini lagi … paling gak suka banget pokoknya. Klo liat saya lagi baca buku itu berarti dengan keterpaksaan yang sangat mendalam πŸ™‚
  6. Lagi kepengen dengerin suara azan dan ayam berkokok di pagi hari dari kamar, biasanya klo dirumah pagi2 udah ada ayam berkokok… tapi disini gak ada 😦
  7. oh iya … seafood lover πŸ™‚ . Klo untuk yang satu ini … rela ngeluarin duit berapa pun klo udah kepengen. Untunglah saya lahir didaerah kepulauan, yang kaya akan hasil lautnya. So, klo pulang yang paling saya request sama ibu adalah seafood πŸ™‚
  8. Klo binatang suka kucing, klo buah suka durian, soal warna saya lebih senang hitam atau putih. So, klo ada yang minta pendapat kesaya tentang beli pakaian ato apapun … saya lebih suka yang polosan gak banyak warna, terutama putih ato hitam.
  9. Apa lagi yah … udah bingung nih πŸ™‚ . Oh iya… paling susah klo mo tidur, tapi klo udah tidur pasti susah juga bangunnya πŸ™‚ . Gak ada yang bisa bangunin saya klo saya masih pengen tidur πŸ™‚ .
  10. Hore akhirnya sampe no.10 … tipikal cewek yang diimpikan: muslimah dan cantik tentunya πŸ™‚ . Cantik itu relatif katanya orang2 πŸ™‚ .

Finally selesai juga PR nya bu guru. Saya mo ngelanjutin tidur lagi yah … udah pagi πŸ™‚

Written by nRa

Saturday, September 27, 2008 at 5:46 am

Laskar Pelangi The Movie

with 7 comments

Satu harapan saya pada tanggal 25 ini seandainya saya sedang berada di Indonesia. Nonton Laskar Pelangi tentunya. Karena berada jauh dinegeri orang … terpaksa nunggu sekian lama untuk melihat film ini. Kira2 DVD nya keluar kapan yah? ada yang mau saya titipin buat beli … hehe πŸ™‚ . Tidak ingin pengalaman yang terdahulu terulang lagi (lihat aja komen2nya). Untuk film yang satu ini saya akan usahakan melihat versi yang aslinya, baik itu vcd ato dvdnya.

Kebanyakan orang-orang pasti udah membaca novel karangan Andrea Hirata ini, ya iyalah … masa’ ya iya donk πŸ™‚ . Novel yang mendapat julukan best seller ini katanya berhasil dijual sebanyak 500rb eksemplar. Saya sendiri belum selesai membaca novel ini (tumben baca novel, hahaha) . Baru sampe bab berapa gitu … ntar aja nerusinnya klo udah liat filmnya πŸ™‚ . Liat film lebih asyik dari pada baca novel, hehe :p .

Dengan diangkatnya novel ini kedalam layar lebar, saya berharap banyak pada film ini. Yang jelas orang-orang harus lebih kenal dengan daerah Bilitong (jangan cuma tau Jakarta doank). Kemudian ada sedikit harapan untuk masa depan pendidikan Indonesia. Semoga bangsa yang terpuruk ini bisa sedikit memiliki moral untuk mendidik rakyatnya (pejabatnya).

Read the rest of this entry »

Written by nRa

Tuesday, September 23, 2008 at 8:23 am

Selamat Jalan Sang Legenda – Sepakbola Indonesia Berduka

with one comment

Legenda itu bernama Ronny Pattinasarani, dia itu telah pergi kemaren, meninggalkan kita untuk selama-lamanya. Meninggalkan pekerjaannya yang belum tuntas. Meninggalkan harapan agar kelak sepak bola negeri ini dapat berprestasi ditingkat internasional. Itulah sekelumit cita-cita dan keinginan yang dimiliki oleh bung Ronny.

Membangun sepak bola Indonesia memang tidak dapat dilakukan secara instant, dimulai dengan pembibitan yang baik dan berkesinambungan… diharapkan kelak akan muncul generasi-generasi pesepakbola yang dapat mengharumkan nama bangsa. Semoga cita-cita beliau didengar oleh bapak-bapak yang sedang duduk di PSSI.

Majulah sepakbola tanah air ku!!!

Read the rest of this entry »

Written by nRa

Saturday, September 20, 2008 at 3:14 pm

Posted in Oh negeri ku

Tagged with ,

Kabupaten Kepulauan Anambas – KKA (Bagian 1)

with 67 comments

Siantan Tarempa [Flickr]

20 tahun lamanya tidak melihat kampung halaman ditanah kelahiran, 20 tahun lamanya tidak mengunjungi sanak saudaran ditanah kelahiran. Akhirnya liburan kemaren saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tanah kelahiran saya yang telah lama saya tinggalkan. Tarempa … itulah nama sebuah tempat dimana saya dilahirkan lebih kurang 24 tahun yang lalu, saya hijrah ke Tanjung Pinang saat usia saya masih 4 tahun, kemudian sebelum menginjakkan kaki ke bangku sekolah dasar saya sempat pulang sebentar… tapi hanya transit untuk mengunjungi kampung halaman ibu saya di Midai. Semenjak saat itu saya tidak pernah pulang lagi untung menjenguk sanak saudara disana.

Sebelumnya mungkin kita pernah mendengan dengan sebutan Pulau Tujuh, gugusan kepulauan yang berada di Kepulauan Riau. Nah… salah satu dari kepulauan itu adalah Kepulauan Anambas yang terkenal dengan beberapa daerah seperti Siantan a.k.a Tarema, Jemaja a.k.a Letung dan Payaklaman a.k.a Matak. Klo mau saya jelaskan satu persatu gugusan pulau tujuh ini … mungkin hingga thesis saya selesai, belum tentu saya akan dapat merampungkan cerita tentang Ke-tujuh kepulauan itu. Saya hanya akan membahas tiga daerah dari kepulauan Anambas ini saja, Tarempa, Letung dan Matak. Baiklah … cerita ini akan saya ceritakan melalui perjalanan saya sehari-hari disana. Dimulai ketika proses keberangkatan hingga akhirnya saya harus pulang lagi ke Tanjung Pinang.

Read the rest of this entry »

Written by nRa

Tuesday, September 16, 2008 at 8:07 am

1 Tahun

with 3 comments

Tanggal 30 Sa’ban, tepat sehari sebelum Ramadhan 1429 H waktu Taipei … adalah momen setahun saya menginjakkan kaki di negeri Formosa ini. Perhitungan setahun tersebut berdasarkan kalender hijriah. Jika mengikuti kalender internasional, momen setahun saya di Taipei jatuh pada tanggal 12 September kemaren.

Ibaratnya bocah yang berumur setahun, saya masih baru dapat berdiri di negeri Formosa ini. Sukur2 klo udah bisa jalan … hehe. Artinya saya masih belum banyak memahami keadaan negeri ini. Palingan yang saya ketahui hanya lingkungan sekitar kampus, mesjid besar dan mesjid kecil, serta teman2 saya yang berasal dari Indonesia. Pengen rasanya dapat berlari jauh dalam umur yang setahun ini, pengen rasanya dapat belajar bahasa mandarin dengan cepat. Tapi apalah daya… kemampuan saya hanya segini (aslinya pemalas) πŸ™‚ .

Gak kerasa, umur saya udah setahun disini… kemare waktu buka puasa dimesjid besar Taipei. Teringat kembali akan keadaan setahun yang lalu. Kejadian dimana saya mengalami typhoon untuk pertama kalinya, dan tahun ini terulang lagi πŸ™‚ . Mungkin umur saya gak bakalan lama lagi di negeri Formosa ini (semoga), sekitar 10 bulang lagi saya harus sudah angkat kaki dari kampus ini.

Setahun yang lalu… tahun2 yang penuh kenangan. Hampir seluruh kejadian-kejadian saya selamat berada dibumi Formosa ini saya rekam dalam catatan kecil ini. Klo mau flash back, silahkan lihat arsipnya baik berdasarkan tanggal ataupun kategori. Tahun yang lalu kegiatan saya kebanyakan masih santai, palingan cuma kuliah yang membuat saya sedikit sibuk πŸ™‚ . Tapi tahun ini sepertinya bakalan beda, saya harus lebih pintar memanfaatkan waktu saya yang tersisa.

Layaknya seseorang yang ultah, make a wish tentunya. Semoga sebelum Juli, saya udah sidang thesis … amiin.

Written by nRa

Monday, September 15, 2008 at 12:17 pm

Posted in Long Journey of My Live

Tagged with

Qiyaamul Lail

with 2 comments

Apakah yang kita kerjakan pada malam hari (dini hari)?

Menghabiskan waktu kita dengan mengerjakan tugas2 kantor/kuliah, membaca buku, atau mengerjakan hal laiinya, atau bahkan hanya tidur lelap diatas tempat tidur kita. Mungkin itulahΒ  sebagian dari jawaban saya ketika ditanya pertanyaan diatas. Biasanya waktu malam saya lebih banyak saya habiskan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, kebetulan saya masih kuliah hingga saat ini.

Tahukah kita apa yang dikerjakan oleh orang2 shalih sebelum kita pada malam hari?

Rasulullah shallallaahu β€˜alaihi wa sallam bersabda :

“Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal taqarrub bagi kalian kepada Allah, menjauhkan dosa, dan penghapus kesalahan.” [1]

Dari hadist tersebut dapat kita pelajari bahwa, kebiasaan orang2 shalih sebelum kita salah satunya adalah melakukan sholat malam.

Read the rest of this entry »

Written by nRa

Friday, September 12, 2008 at 10:19 pm

Posted in al-Islam

Tagged with ,

Surabaya … oh Surabaya … oh Surabaya

with 9 comments

Gedung Baru TC ITS Surabaya

Titipan oleh2 untuk temen saya Bu Ulliee, yang udah kangen banget ama Soerabaja-nya πŸ™‚ . Tapi sebelumnya saya mohon maaf dulu nih bu Ulliee, reportase kali ini mungkin sangat minus dengan gambar tempat2 yang bakalan saya kunjungi. Abis … males banget bawa2 kamera ke Mall ato ke tempat makan πŸ™‚ … maap yah bu Ulliee. Sebagai gantinya saya upload berbagai jenis foto gedung TC yang baru πŸ™‚ .

Akhirnya bisa menginjakkan kaki kembali di kota pahlawan Surabaya. Setelah menempuh perjalanan udara selama lebih kurang 5 jam perjalanan, pesawat yang saya tumpangi mendarat dengan selamat dibandara Juanda Surabaya. Langsung aja nyari taxi ngacir ke perumdos ITS, tepatnya di blok J-2 … kos2annya temenku Andika. Kebetulan temenku lagi ada tugas dinas diluar kota n besok pagi baru kembali ke kos… ya udah, langsung aja istirahat.

Read the rest of this entry »

Written by nRa

Monday, September 8, 2008 at 2:36 am

Keutamaan Ramadhan

with one comment

Sedikit mengingat akan Khutbah Rasulullah dalam menyambut Ramadhon, Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan syiyam dan membaca kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fukara dan masakin. Muliakanlah orang-orang tuamu, sayangilah yang muda, sambunglah tali persudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya, dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarkannya. Kasihanilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu. Bertobatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hambanya dengan penuh kasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya, dan mengabulkan mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.Β  Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-pungungmu berat karena beban (dosa)-mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.Β  Ketahuilah! Allah Ta’ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengazab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri dihadapan Rabb Al-‘Alamin.Β  Wahai manusia! Barangsiapa diantaramu memberi buka kepada orang-orang Mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka disisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosanya yang lalu.Β  (Sahabat-sahabat bertanya:” YaΒ  Rasulullah!Tidaklah kami semua mampu berbuat demikian.” Rasulullah meneruskan:) Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan seteguk air. Wahai manusia! Siapa yang membaguskan ahlaknya di bulan ini ia akan berhasil melewati sirath pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Barang siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan- Nya di hari Kiamat. Barang siapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpa dengan-nya. Barangsiapa menyambungkan tali persudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardhu baginya adalah ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardhu dibulan yang lain. Barang siapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa pada bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Qur’an pada bulan-bulan yang lain. Wahai manusia! sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak akan pernahΒ  menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu.Β  Amirul Mukminin k.w. berkata,:Aku berdiri dan berkata,”Ya Rasulullah! Apa amal yang paling utama dibulan ini?” Jawab Nabi :Ya abal Hasan! Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah”.

Sumber : Setyabudi Indartono – Milis Formmit tanggal 6 September 2008

Written by nRa

Saturday, September 6, 2008 at 1:00 am

Posted in al-Islam, Article/Artikel

Tagged with ,

Google Chrome

with 3 comments

Pernah medengar kata-kata google? klo bagi sebagian kalangan orang yang melek IT google merupakan kata yang sangat tidak asing lagi. Bahkan hampir dari seluruh kalangan IT menggunakan google. Mulai dari search engine yang terkenal hingga berbagai jenis produk google yang telah bertebaran dimuka bumi ini.

Satu lagi gebrakan google yaitu dengan mengeluarkan browser. Browser tersebut dinamakan Google Chrome, katanya … katanya lho, Google Chrome diklaim sebagai browser tercepat yang ada saat ini. Saya juga belum mengetahui seberapa cepat browser ciptaan google ini. Denger-denger cerita Chrome diciptakan oleh google untuk menandingi IE di operating sistem buatan Microsoft.

Read the rest of this entry »

Written by nRa

Wednesday, September 3, 2008 at 11:08 pm

Posted in Article/Artikel

Tagged with , ,