Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Google Chrome

with 3 comments

Pernah medengar kata-kata google? klo bagi sebagian kalangan orang yang melek IT google merupakan kata yang sangat tidak asing lagi. Bahkan hampir dari seluruh kalangan IT menggunakan google. Mulai dari search engine yang terkenal hingga berbagai jenis produk google yang telah bertebaran dimuka bumi ini.

Satu lagi gebrakan google yaitu dengan mengeluarkan browser. Browser tersebut dinamakan Google Chrome, katanya … katanya lho, Google Chrome diklaim sebagai browser tercepat yang ada saat ini. Saya juga belum mengetahui seberapa cepat browser ciptaan google ini. Denger-denger cerita Chrome diciptakan oleh google untuk menandingi IE di operating sistem buatan Microsoft.

Secara tampilan, Chrome sangat sederhana sekali… hanya terdiri dari sebuah window yang memiliki beberapa tab untuk membuka sebuah situs baru. Menu settingan untuk browser ini terletak dibagian kanan atas. Jika kita melakukan setting pada network, menu settingan akan sama dengan settingan pada IE yang menggunakan fasilitas windows. 

Saat nyoba tadi pagi … ada beberapa fitur yang saya ingin ketahui dari Chrome ini. Yang pertama ada fasilitas flash player yang dapat digunakan untuk membuka sebuah animasi atau menjalankan video dari youtube. Ternyata kita tidak perlu menginstal flash player lagi, seperti halnya yang dilakukan oleh Firefox. Fitur kedua adalah fasilitas untuk mendownload file, sepertinya Chrome telah memiliki downloader sendiri yang include didalamnya, sama halnya dengan browser jenis lainnya. Tetapi untuk kecepatan download, firefox lebih unggul jika menggunakan plugin DownThemAll. Sedangkankan fitur2 lainnya masih saya coba2.

Satu hal yang unik dari Chrome adalah soal penggunaan kapasitas memory pada komputer. Jika Browser lain mengakumulasikan dari keseluruhan Tab yang dibuka oleh browser tersebut, maka Chrome memisahkan pemakaian memory dari setiap Tab yang kita buka. Apakah hal ini memang disengaja atau karena masih versi beta? Kita tanya saja sama mbah Google … hehehe🙂

Satu kekurangan yang saya rasakan saat menggunakan Chrome jika dibandingkan dengan Firefox yang selalu saya gunakakan adalah belum adanya fasilitas plugin untuk browser ini. Semoga aja klo ntar udah selesai versi fullnya … Chrome dapat menerima berbagai jenis plugin.

Sumber lain :

[Download disini] http://www.google.com/chrome

Written by nRa

Wednesday, September 3, 2008 at 11:08 pm

Posted in Article/Artikel

Tagged with , ,

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. sy jg mau coba ah..pake chrome…google..

    zaravy

    Wednesday, September 3, 2008 at 11:26 pm

  2. wooo… udh banyak jg ternyata yg mencoba browser ini.
    kyknya so far so good, yah?
    aku belum nyoba, seh. hehehe…😛

    Juminten

    Friday, September 5, 2008 at 2:04 pm

  3. @ zaravy : coba aja … klo ketemu bugsnya, tulis ada di blog

    @ Jumi : klo kecepatannya sih so far so good, tapi kadang2 sering not responding gitu, terus klo buat buka beberapa pop-up java script juga gak bisa, buat upload foto di flickr juga gak bisa.

    nRa

    Friday, September 5, 2008 at 9:26 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: