Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

kUpAS tuNTaS LasKaR PelaNGi

with 6 comments

Sumber Gambar : mrsedenk

Terima kasih guruku
Pagiku cerahku
Matahari bersinar
Kugendong tas merahku dipundak
Selamat pagi semua
Kunantikan dirimu
Didepan kelasku
Menantikan kami
Guruku tersayang guru tercinta
Tanpa mu apa jadinya aku
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal
Guruku terima kasih ku
Nakalnya diriku
Kadang buat mu marah
Namun segala maaf kau berikan

Jam dimeja telah menunjukkan pukul 3.40 dini hari, tetapi mata ini masih terus bertahan dan mungkin akan bertahan hingga waktu subuh menjelang. Apakah yang dilakukan oleh seorang nRa dipagi dini hari ini? Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih banget kepada youtube yang telah memfasilitasi konten video sharing, yang kedua tentunya youtube member yang telah mengupload acara Kick Andy. Pembahasan kali ini tentang novel fenomenal yang mengispirasi banyak orang “Laskar Pelangi” karangan Andrea Hirata. Oke, saya tidak ingin berpanjang lebar dengan mukadimah. Kita lanjutkan saja pada inti pembahasan postingan kali ini.

Jika anda memiliki banyak waktu senggang… kunjungilah link dibawah. Terutama bagi Anda yang telah membaca novel Laskar Pelangi, niscaya Anda akan lebih mengerti isi dari novel tersebut. Ditampilkan bagaimana kehidupan beberapa tokoh utama dalam novel tersebut pada saat sekarang ini. Hadir juga pengarang asli Andrea Hirata pada acara itu bersama temannya Shahdan dan juga tentunya guru mereka tercinta Bu Muslimah. Bagi Anda yang belum memiliki novel ini, saya sedikit menyarankan untuk memilikinya. Sebagai orang yang memang tidak gemar membaca, novel ini sepertinya dan memang seharusnya menjadi inspirasi tersendiri bagi saya.

Diawal acara Kick Andy menampilkan beberapa orang yang terinspirasi oleh karangan Andrea Hirata ini. Mereka kebanyakan terinspirasi oleh kehidupan Lintang yang super jenius dengan segala keterbatasannya. Mulai dari pencandu narkoba yang bertobat, job hunter atau pelamar kerja, hingga dokter gigi mendapatkan inspirasi dari membaca novel ini. Wajar jika mereka mendapatkan inspirasi dari novel ini, karena isinya memang mengagumkan dan penuh inspirasi. Hadir juga pengarang buku yang sudah cukup terkenal Gede Prama yang dalam salah satu karangannya mengatakan Cinta itu sebuah perjuangan, cinta tidak pernah datang dengan cara mudah turun dari langit. semuanya harus kita perjuangkan. sering kali cinta itu mekar setelah kita melewati berbagai macam derita. Derita bukan musuhnya cinta, Derita itu sedang membuat cinta lebih dewasa. Beliau juga mengomentari karangan Andrea Hirata ini “Sebuah buku yang tidak diniatkan untuk diterbitkan, tidak diniatkan untuk mencari uang, tapi buku yang ditulis oleh seorang murid terhadap Bu muslimah. Sehingga kekuatan terbesar dalam buku ini adalah kekuatan cinta seorang murid terhadap gurunya”. Pengarang lainnya yang ikut hadir adalah Joseph Landri, yang terkenal dengan karangannya “Mimpi Anak Jadi Naga”.

Tahukah Anda, jika sang penulis pernah berganti nama hingga tujuh kali? Nama Andrea Hirata diambilnya dari majalah musik Aktuil dari Bandung. Nama beliau diambil dari nama seorang wanita Italy yang agak kurang sehat pikirannya yang bernama Andrea Galiano. Sedangkan Hirata hanyalah nama bagi orang dikampung.

Tahukah Anda, jika sang penulis mendapatkan pendidikan di Paris? Andrea tidak ingin menjadi “Lintang kedua”, sehingga dia berjuang keras dan akhirnya dapat memperoleh beasiswa dibidang Finance pada universitas Sorbonne Paris Perancis. Ternyata cita-cita untuk sekolah ke Perancis didapat dari teman sebangkunya Lintang, yang mana cita-cita tersebut adalah cita-cita dari Lintang.

Pada bagian akhir acara, saya menitikkan air mata. Melihat begitu kerasnya perjuangan seorang Bu Muslimah yang bekerja tanpa pamrih dan tulus. Penampilannya yang low profile dan sangat sederhana. Tidak pernah mengira seorang anak muridnya akan menyanjungnya begitu tinggi. Bu Muslimah pung mengatakan “saya bukan orang yang pintar, yang pintar adalah anak murid saya”.

Laskar Pelangi Quote :

  1. Husaini Rasyid a.k.a Kucai : “saya meyakini betul guru-guru kami itu, mereka tulus ikhlas”
  2. Alpino a.k.a Samson : “dulunya kami sekolah tidak seperti ini, tidak pakai alas kaki dan celanaada robek-robek”
  3. Chau Chin Kiong a.k.a A Kiong : “kadang-kadang tidak pakai sandal kesekolah, pakai seragam boleh tidak pakai seragam boleh”
  4. Muhan Harun a.k.a Harun : “saya pernah ingat, namun lupa-lupa ingat jugalah”
  5. Akhmad Fajri a.k.a Mahar : “kami sebelas itu merupakan satu kekompakan”
  6. Shahdan : “kami tetap kompak, kalau ada masalah diluar kami selalu merundingkan”

Link :

Related Link :

Written by nRa

Monday, October 13, 2008 at 4:49 am

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Yang the movie juga dibahas oleh kickAndy, tak kalah bagus dengan yang novelnya. mantap!

    galih

    Monday, October 13, 2008 at 10:22 am

  2. Judulnya kok gaya AbeGeh giTuh?

    dnial

    Monday, October 13, 2008 at 11:43 am

  3. dulu niat beli buku adalah karena nama2 tokohnya banyak yang dikenal hihihi, alasan aneh buat beli buku😀 tapi ga juga deh, ada tulisannya buat nambah semangat orang yang lagi sekolah😀 . Dan bener waktu pertama kali baca yang ada itu sedihnya bukan main, ngerasa beruntuuuuuuuuuuuuuuuuuung banget. dan bener jadi tambah semangat.

    Sayang belom nyampe sini pilemnya :((

    wilud

    Saturday, October 18, 2008 at 1:19 pm

  4. Ne Film seruuuuuuuu banGettttt………………

    Yana & wenlya

    Wednesday, October 22, 2008 at 8:54 pm

  5. Laskar pelangi sangat inspiratif banget. Sungguh, kita harus selalu bersyukur dimanapun kita. Salam kenal bro.

    nangs

    Friday, October 24, 2008 at 12:09 pm

  6. kisah ini benar2 membuatku lebih sadar bahwa di dalam hidup harus diisi dengan perjuangan.

    pikko_net

    Wednesday, November 5, 2008 at 6:06 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: