Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

ATM

with 4 comments

ATM disini bukan singkatan dari Automatic Teller Machine, yang biasanya digunakan oleh nasabah bank untuk mengambil duit secara otomatis. ATM disini adalah jargon dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Saya baru mengenal jargon ini dari kk kelas saya sewaktu SMU. Sebuah wejangan dimalan terakhir sebelum saya berangkat kenegeri formosa ini, ketika itu saya sedang menghabiskan liburan selama sebulan dikampung halaman.

Wejangan yang sangat sederhana sekali dari beliau, namun memiliki arti yang sangat mendalam. Kata-kata ‘ATM’ ini barusan saya ingat kembali tadi malam ketika membuat progres report thesis untuk dipresentasikan kepada prof. Sama persis yang saya lakukan dengan keampuhan metode ini. Saya menganalisa sebuah permasalah pada sebuah jurnal, kemudian saya tiru ide dari pengarang jurnal tersebut dan akhirnya saya modifikasi agar jurnal tersebut memiliki nilai lebih atau bahkan baru.

Metode ‘ATM’ ini tidak hanya dapat diterapkan pada seorang mahasiswa master terntunya, tetapi dapat diimplementasikan pada berbagai aspek kehidupan. Kita ambil contoh kegiatan perdagangan, dimana kita dapat melakukan suatu modifikasi terhadap sebuha produk untuk kita jadikan sebuah barang yang bernilai jual baru. Pernah kenal dengan strategi-strategi dalam perdagangan? seperti Blue Ocean atau Red Ocean? Metode ‘ATM’ merupakan separuh bagian dari Blue Ocean. Pada konsep Blue Ocean, seseorang akan memulai sebuah usaha dengan membuat sebuah produk/jasa baru, dimana didaerah tersebut belum ada sebelumnya. Sedangkan Red Ocean memilih cara persaingan yang sempurna antar pedagang yang menawarkan produk/jasa yang sama.

Sungguh beruntung saya dapat melihat negara luar, dimana banyak yang dapat saya amati, tiru dan modifikasi dari negara ini. “Jika suatu saat kelak kembali kedaerah mu, amati dan tirulah hal yang positif dari sana. Kemudian lakukan modifikasi untuk disesuaikan dengan daerah mu“. Begitulah pesan dari kk kelas saya itu. Misalnya saya ambil kebiasaan orang Taiwan yang senang bersepada. Dikampus sebelah yang cukup besar, sebagian besar mahasiswanya menggunakan sepeda untuk berkuliah. Tetapi kampus ini hanya memiliki sebuah bengkel sepeda. Setiap saya melewati bengkel ini, pengunjungnya selalu ramai… karena bengkel ini menjadi kebutuhan banyak orang. Jika kita pintar melihat peluang saat itu, mungkin ada yang ingin membuat bengkel tandingan dikampus tersebut. Atau mungkin saya akan membuat usaha bengkel seperti itu di Indonesia, jika memang sepeda sudah menjadi tren🙂 .

Dizaman yang sudah global ini, sepertinya kita tidak hanya dapat berpegang pada bidang keahlian kita. Tetapi cobalah untuk membuka wawasan terhadap segala sesuatu yang mungkin terjadi disekitar kita. Jangan biarkan diri kita dibatasi oleh pikiran-pikiran kita yang mengatakan bahwa sesuatu yang baru itu sulit.

*yang nulis baru bisa menerapkan ATM dikuliahnya🙂 … klo ada bagian yang gak nyambung saya mohon maaf.

**Gambar diatas tidak bermaksud promosi sebuah produk dagang.

Written by nRa

Thursday, November 13, 2008 at 1:28 am

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mantap. Ayo semangat calon gubernur Kepri!🙂

    galih

    Thursday, November 13, 2008 at 8:28 am

  2. seep..sepp..sepp… ayo.. ayo.. ATM… nRa, semangaaat!!! qt berjumpa di tanah air, yak..

    salam!

    nb: makasih udah mampir ke taman bungaku…

    yoe

    Thursday, November 13, 2008 at 8:47 am

  3. wekz, calon gubernur nih ??? keren euy…. 😀

    info

    Friday, November 14, 2008 at 3:50 pm

  4. mas, aku ngopi gambarnya ya…boleh..boleh…bolehkan?

    suryaden

    Monday, December 1, 2008 at 6:19 pm


Leave a Reply

