Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Krisis keuangan global dimata ‘nRa’

with 7 comments

Siapakah sebenarnya saya? sehingga berani-beraninya memberikan pandangan tentang krisis keuangan global yang melanda seluruh belahan dunia hingga hari ini. Saya bukan ahli ekonomi, bahkan waktu smu dlu klo belajar ekonomi saya malah ngerjain soal try out spbm (maafkan saya Pak Zulpen)🙂 .

Akhir-akhir ini sering mengikuti perkembangan krisis keuangan global yang berdampang kepada seluruh kehidupan manusia. Terutama dampak krisis ini dinegara saya sendiri. US$ yang bergerak sekitar Rp12.000 setiap harinya membuat para buruh ditanah air harus membeli alat pacu jantung, karena banyak perusahaan tempat mereka bekerja terancam ditutup dengan adanya krisis ini. Semoga hal ini tidak terjadi, sedih rasanya klo keadaan ini harus terjadi.

Kenapa yah… Amrik yang krisis tetapi negara laen juga kena imbas? Katanya om detikfinance.com … cuma orang jepun yang gak kena krisis. Mata uang mereka bahkan menguat terhadap US$. Wah, beruntunglah bagi teman-teman yang tinggal di Jepun, bisa nukerin banyak duit ke rupiah ….. hehehe🙂. Keadaannya mungkin seperti ini, memang Amrik yang terkena krisis… tetapi kebanyakan perusahaan Amrik memiliki saham diseluruh negara didunia. Jadi seperti tulisan Pak Dahlan (jawapos.co.id), Amrik itu sebagai porosnya … klo mereka terkena krisis, yang laen juga bakalan ikut2an kena.

Sekarang… bagaimana bisa negara kita mengalami krisis juga? katanya sih.. krisis kali ini tidak lebih parah daripada krisis ditahun 1998. Klo waktu itu saya masih duduk dibangku kelas 2 smp, jadinya gak tau apa. Mungkin cuma nonton berita aja ditv tanpa tau sebenarnya yang terjadi. Pada saat itu memang karena sistem keuangan dan perbankan negara kita yang terlalu beresiko, sehingga sekali gagal …. pulihnya cukup lama. Untuk saat ini, kasus berbeda yang kita alami. Indonesia kehabisan stok mata uang luar negeri, terutama US$. Karena seluruh investor asing menarik dananya (US$) dari Indonesia.

Berikutnya tentang harga minyak dunia… wus, bahasa ne rek🙂 . Harga minya dunia saat ini telah turun drastis tidak sampai US$50/barel. Klo waktu dahulu harga minyak dunia bisa melebihi US$100/barel dan menyebabkan negara kita rugi triliunan rupiah untuk subsidi bbm. Nah …. sekarang, pada saat harga minya hanya US$50, pertamina malah rugi juga. Jadi bingung? terus kapan kita untungnya? yang lebih mengkhawatirkan lagi… ternyata Indonesia mengimport bbm dari singapore. Please deh, negara penghasil minyak malah ngimport minyak? bener-bener gak masuk dilogika saya. Malahan setahu saya, singapore tuh ngambil minya dari natuna sono (tempat lahir saya) melalui conoco philips. Siapa yang salah coba klo sampai seperti ini?

Berikut ini penyederhanaan solusi untuk mengatasi masalah versi saya🙂 . Seharusnya Indonesia itu swasembada pangan dlu, ntar baru mikirin yang laennya. Orang klo sudah dikasih makan dan dak kelaparan, bisa mikir lumayan jernih (tapi saya klo udah kenyang malah ngantuk🙂 ). Tahun 2009 Indonesia akan mulai mengekspor beras dan gula, udah lumayan lah. Pemerintah harus memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dengan mengandalkan para petani lokal. Klo mau disubsidi… yah subsidilah mereka. Subsidi disini harus tepat sasaran, jangan sembarangan subsidi… ntar yang kaya malah tengkulak. Negara kita adalah negara agraris dan maritim. Klo produksi dan distribusi seluruh bahan pokok lancar keseluruh daerah di Indonesia otomatis masyarakat tidak akan resah lagi. Walopun dolar naek … yang pentingkan udah gak kelaparan🙂 . Negara kita penghasil minyak bumi, klo dimanfaatkan sendiri untuk kepentingan dalam negeri saya kira hasilnya masih melimpah. Begitu juga dengan kekayaan hasil laut, ‘dimakan’ tujuh turunan juga gak bakalan habis. Hasil hutan yang kita miliki? jangan ditanya deh, Kalimantan itu adalah pulau penghasil kayu terbesar didunia. Intinya … klo Indonesia itu bisa mandiri, negara kita bisa mencukupi hidup seluruh rakyatnya. Kita gak bakalan bergantung ama negara laen. Kapan yah mimpi untuk menjadi negara mandiri ini bisa terwujud?

*udah dlu yah ngelanturnya, mo sahur terus sholat subuh n dilanjutkan tidur pagi🙂 . Klo ada kata2 yang salah harap maklum, bukan anak ekonomi soalnya… hanya pandangan seorang nRa.

Written by nRa

Monday, December 1, 2008 at 4:12 am

Posted in Article/Artikel

Tagged with

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ndra…
    Kalau aku periksa, sepertinya juga salah petani jugak…
    Lahannya dijual trus jadi buruh di lahan sendiri.
    Tapi kalau ditelusuri lebih lanjut, proses penjualan itu kadang disertai intimidasi dan pemaksaan.
    So….
    Ah… mbuhlah… di Indonesia duit dan kekuatan otot yang bicara…

    dnial

    Monday, December 1, 2008 at 9:10 am

  2. Kalo aku mending cuek sama masalah2 itu. Masalahnya terlalu kompleks, yang penting besok masih bisa makan🙂

    galihsatria

    Monday, December 1, 2008 at 1:43 pm

  3. Sebenarnya ini masalah di Bursa Saham aja…bener, gak ?

    Yang membuat aku agak puyeng itu kurs rupiah yang 12 ribu/dolar….
    aih..parah nian

    syelviapoe3

    Tuesday, December 2, 2008 at 2:16 pm

  4. “……harinya membuat para buruh ditanah air harus membeli alat pacu jantung…………”

    kagak akan kesampaian mas hendra, emang alat pacu jantung berapa…??buat hidupin anak istri aja pasang surut…
    klo bisa teman2 di NTUST bisa buat alat pacu jantung yang murah..biar pas krisis kita dalam keadaan siap..

    Irwan Purnama

    Tuesday, December 2, 2008 at 8:41 pm

  5. @ syelvi : hmmm…. sepertinya gitu, bursa saham hanya sebagai trigger bermulanya krisis keuangan global ini.

    @ Pak Irwan : iya yah… mendingan dibeliin sembako buat makan🙂

    nRa

    Tuesday, December 2, 2008 at 10:40 pm

  6. emang ada spbm???

    meme

    Tuesday, December 16, 2008 at 4:10 pm

  7. @ meme : ups, salah ketik … spmb maksudnya. gitu deh klo udah kebiasaan ngetik gak liat2. thanks koreksinya, makasih udah mampir.

    nRa

    Tuesday, December 16, 2008 at 4:30 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: