Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Idul Qurban 1429 H

with 5 comments

Bakar Sate

Bakar sate penuh canda [Sate asli madura lho… yang bakar Pak Budi SW]

Musim dingin barusaja dimulai di Taipei sekitar pertengahan bulan November 2008. Alhasil … berangkat sholat Ied juga harus mengenakan pakaian musim dingin. Alhamdulillah pagi kemaren tidak seberapa dingin, mentari menujukkan sinarnya dipagi hari menyambut datangnya hari yang suci.

Idul qurban kali ini terasa istimewa dari tahun-tahun sebelumnya. Persiapan kali ini lebih matang, karena teman-teman Formmit Utaratu telah siap dengan berbagi peralatan tempurnya🙂 . Pada tanggal 9 Dzulhijah, sehari sebelum perayaan Idul Adha , kami berkumpul bersama menjalankan agenda mingguan berupa Kajian Ahad Sore. Setelah kajian, dilanjutkan dengan sholat Magrib dan Isya. Sesuai dengan jadwal acara yang telah kami sepakti bersama, kami mengumandangkan gema takbir secara bersama-sama sebagai awal hari yang suci bagi umat Islam. Takbiran ini terasa spesial dinegeri orang, karena jarang atau bahkan tidak akan ada takbiran secara bersama-sama pada malam lebaran di Taipei.

Setelah sholat Ied, seperti biasa … seluruh umat muslim berkumpul bersama. Walaupun tidak semeriah perayaan idul adha di Indonesia, momen ini patut dirayakan oleh sebagian kecil umat muslim dinegeri formosa ini. Menunggu saat-saat yang ingin disaksikan .. yaitu proses penyembelihan hewan kurban. Alhadulillah, tahun ini mesjid besar Taipei menyembelih 19 ekor kambing dan mesjid kecil Taipei menyembelih 3 ekor sapi. Saya kebetulan kebagian tugas untuk melihat proses mutilasi 4 ekor kambing yang dikurbankan oleh teman-teman Formmit Utaratu. 2 dari 4 ekor kambing itu dieksekusi sendiri oleh Jaya dan Rizki, sepertinya ini pengalaman pertama mereka mengeksekusi hewan kurban. Saya sudah jelas kebagian dokumentator🙂 . 1 ekor daging kambing disedekahkan kepada mesjid besar dan 3 ekor lainnya kami olah sendiri untuk dibagi-bagikan (hasil akhir) kepada seluruh umat muslim yang ada dimesjid kecil.

Sebelum sholat Zuhur 3 ekor daging kambing yang masih bahan baku telah sampai dimesjid kecil. Mesjid kecil merupakan base camp dari kegiatan mahasiswa muslim bersama-sama dengan rekan-rekan tenaga kerja Indonesia. Jadinya dimesjid kecil terdapat seluruh perlengkapan, termasuk dapur beserta peralatan masak-memasak. Bantuan dari rekan-rekan TKI sangat besar kontribusinya, karena kami sebagai mahasiswa tidak mungkin mampu mengolah 3 ekor daging kambing itu.

Sekitar pukul 14.00 bala bantuan datang dari kampus, teman-teman yang telah menyelesaikan kuliah dan riset dilab segera membantu mengolah daging kambing. Sebagian lagi disimpan didalam kulkas untuk dimasak minggu depan, karena pada minggu kedua, teman-teman TKI selalu mengadakan pengajian dengan mengundang seluruh warga negara Indonesia yang ada di Taiwan. 1,5 ekor daging kambing itu akan dibuat sate, gulai dan krengseng (bener gak yah namanya?).

Setelah sholat magrib selesai, saatnya menyantap hidangan yang telah dipersiapkan. Wooooowwwww, ada gulai kambing dan sate kambing. Jarang-jarang diTaipei bisa makan enak begini🙂 . Hati=hati yang punya penyakit darah tinggi dan kolesterol … whehehe🙂 . Kebetulan saya tidak dalam kondisi fit, jadi hanya bisa menikmati hidangan alakadarnya.

Video terakit kegiatan Idul Adha 1429 H dapat dilihat disini : Takbiran, Penyembelihan hewan kurban

*sumber foto : Rizki

Written by nRa

Wednesday, December 10, 2008 at 2:51 pm

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. met lebaran haji mas,,
    uenak tenan sate dan gule kambingnya..
    saking ngidamnya daku tekad2in nyelonong ke masjid,, hehehehe..

    niken

    Wednesday, December 10, 2008 at 9:45 pm

  2. dalam kondisi tidak fit?

    anis

    Saturday, December 13, 2008 at 2:29 am

  3. @ niken : makasih

    @ anis : yup, lagi demam waktu itu🙂

    nRa

    Saturday, December 13, 2008 at 6:15 am

  4. Serunya….!!!

    Daging Qurban selalu terasa lezat…berkah Idul Adha…

    syelviapoe3

    Sunday, December 14, 2008 at 10:05 pm

  5. assalamualaikum…
    dah lama ga ol, tiba2 disuguhi acara idul adha di negeri orang. keren bgt perayaannya. tapi yang lebih penting lg adalah maknanya🙂

    salam semua kaum muslimin disana

    Andhikadr

    Thursday, December 18, 2008 at 10:54 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: