Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Enaknya kapan ya nikah?

with 18 comments

Seringkali kita ditanya oleh orang-orang terdekat, baik itu sahabat maupun keluarga. Kapan nikah? Sebuah pertanyaan sederhana namun sulit untuk dijawab (pertanyaan teroris, red).

Pada zaman sekarang ini, banyak tuntutan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Baik tuntutan pribadi (cita-cita) maupun keinginan dari orang tua. Sebelum memasuki jenjang rumah tangga, seseroang harus siap secara jasmani dan rohani. Seringkali alasan-alasan ditemukan dari seseorang tentang kenapa ia belum menikah adalah keadaannya yang dinilai belum mampu secara lahiriah, masih ingin mencari pekerjaan yang layak sehingga dapat mencukupi nafkah istrinya lahir dan batin (khusus pria), atau juga wanita yang masih ingin fokus pada karirnya sehingga akan menunda nikahnya beberapa tahun kedepan.

Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah bin Baz pernah ditanya tentang waktu pernikahan : “Berapa usia ideal untuk menikah bagi perempuan dan laki-laki, karena ada sebagian remaja putri yang menolak dinikahi oleh lelaki yang lebih tua darinya ? Dan demikian pula banyak laki-laki yang tidak mau menikahi perempuan yang lebih tua daripada mereka.

Beliau menjawab : “Saya berpesan kepada para remaja putri agar tidak menolak lelaki karena usianya yang lebih tua dari dia, seperti lebih tua 10,20 atau 30 tahun. Sebab hal itu bukan alasan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menikahi Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ketika beliau berusia 53 tahun, sedangkan Aisyah baru berusia 9 tahun. Jadi usia lebih tua itu tidak berbahaya, maka tidak apa-apa perempuannya yang lebih tua dan tidak apa-apa pula kalau laki-lakinya yang lebih tua. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menikahi Khadijah Radhiyallahu ‘anha yang pada saat itu berumur 40 tahun, sedangkan Rasulullah masih berusia 25 tahun sebelum beliau menerima wahyu.

Dari pertanyaan dan jawaban diatas hanya membahas tentang pernikahan atara pria muda / tua dengan wanita yang lebih muda / tua, dan hal tersebut bukan merupakan suatu hal yang tabu untuk menikahi pria / wanita yang lebih tua / muda. Mungkin masih ada sebagian pertanyaan yang belum terjawab.

Jika melihat dari hitung-hitungan umur, jenjang pendidikan dan karir mungkin kita bisa berpatokan pada keadaan dibawah ini :

  • Sekolah dasar 6-12 tahun
  • Sekolah menengah pertama 12-15 tahun
  • Sekolah menengah atas 15-18 tahun
  • Kuliah (rata-rata) 18-22 tahun
  • Kerja/karir setelah kuliah sebagai modal awal atau melanjutkan kuliah lagi🙂 22 – 25 tahun

Hitung-hitungan diatas tidak ada dasarnya, hanya pengalaman pribadi saya sendiri🙂 . Seandainya seseorang ingin menikah pada saat usia 18 tahun, berarti dia sedang berada dibangku perkuliahan atau telah bekerja (tidak melanjutkan kuliah). Dalam keadaan ini yang harus dipertimbangkan adalah keadaan kedua pasangan yang masih sangat muda (enak gak yah nikah muda? aaahhh udah lewat :p ). Yang harus diperhatikan adalah keadaan emosional keduanya dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Mungkin kebanyakan orang akan menikah setelah menyelesaikan kuliah (s1), jadi kemungkinan umurnya adalah 22/23 tahun. Dengan berbekal pekerjaan seadanya dan restu dari ke-empat orang tua, kedua mempelai dinilai sudah siap untuk menjalin ikatan suami-istri. Keadaan berikutnya adalah orang yang menunda nikah demi karir / studinya, biasanya mereka akan menikah setelah usia 27 tahun atau bahkan setelah usia 30 tahun. Alasannya sih sekalian mencari calon dengan mengejar karir🙂 .

Kalau pertanyaan diatas kapan nikah? ditanyakan kepada saya, saya akan menjawab secepatnya klo ketemu jodoh🙂 . Tahun depan saya akan berusia 25 tahun, mungkin sudah saatnya untuk serius dalam hal yang satu ini. Menurut saya umur 22-25 tahun adalah waktu yang ideal untuk membangun rumah tangga, dengan alasan jika masih dibawah 22 tahun, saya masih kuliah dan masih menggantungkan hidup pada kedua orang tua (belum mampu mandiri), sedangkan jika menihak diatas 25 tahun, kita akan memiliki jarak yang jauh antara kita dan anak-anak kita kelak. Banyangkan jika seseorang menikah pada umur 30 tahun dan memiliki anak pada usia 31 tahun. Saat anak kita menginjakkan kakinya dibangku smu, kita sudah berusia hampir 50 tahun (klo bagi pns tinggal menunggu pensiun, whehehe). Yang jelas, kesiapan mental lebih utama dalam membangun ikatan pernikahan, untuk materi sepertinya dapat kita cari kemudian.

* tulisan dari seseorang yang belum menikah

** nantikan tulisan berikutnya tentang pernikahan dalam Islam 

Written by nRa

Sunday, December 14, 2008 at 4:28 am

Posted in al-Islam, Long Journey of My Live

Tagged with

18 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aih…postingan yang rada beda, nih, tampaknya….😆

    Pertanyaan yang diajukan ke RinGGo, ya ? he…he…

    syelviapoe3

    Sunday, December 14, 2008 at 10:02 pm

  2. jadi kapan nikah kak? :LOL:
    moga bisa segera ditemukan dengan jodohnya ya kak..😉

    Dy

    Monday, December 15, 2008 at 6:08 am

  3. @ syelvi : sama aja ko’ postingannya dengan yg laen😀

    @ Iya : secepatnya, hehehe . Amiiin

    nRa

    Monday, December 15, 2008 at 6:31 pm

  4. Amin, semoga segera ketemu jodohnya ya kak..😛

    Anggi

    Tuesday, December 16, 2008 at 12:54 am

  5. sabar bl blm ktmu jodoh……istiqomah d Jl-NYA perbanyak amal ibadah okey…..?Allah sayg anda cepat d prtmukn dg yg trindah dunia akhirat amin

    Rahayoeningsih

    Tuesday, December 16, 2008 at 10:35 am

  6. ya..kalo gak bisa jawab…jawab kayak LA Light itu aja, may be no may be yess…kalo ditanya mau nikah…he..he.. just kidding…

    andy

    Tuesday, December 16, 2008 at 10:44 am

  7. wuiihhh fauzan dah mau nikah… keren keren……😀

    mardun

    Tuesday, December 16, 2008 at 1:57 pm

  8. @ Anggi : Amiiin

    @ Rahayoe : semoga, makasih nasehatnya

    @ Andy : bisa juga nih dijadiin jawaban, makasih bor … hehe

    @ Mardun : ssstttt, ojo rame2 dun, hehehe

    nRa

    Tuesday, December 16, 2008 at 4:05 pm

  9. 20.11.2011 tanggal cantik :p hari yang cantik juga (pas ahad..:mrgreen: )

    d'

    Wednesday, December 17, 2008 at 12:29 am

  10. ehem ehem ehem..

    Anisatur Rokhmah

    Wednesday, December 17, 2008 at 11:43 pm

  11. Ndra…

    Dapet award dari Putri..

    Mohon di terima, ya….*sebaiknya mampir ke blogku dulu, ya*

    syelviapoe3

    Friday, December 19, 2008 at 12:40 pm

  12. kata orang yg udah nikah:
    sabar dan gak usyah banyak dipikirin, pikir siap-siap aja, siap tahu langsung ketemu jodoh dan langsung ada greget untuk nikah…
    so…liat kiri kanan, buka mata, hirup udara sebanyak-banyaknya
    badan segar siap nikah…
    moga-moga cepat ketemu ya…
    salam kenal

    suryaden

    Monday, December 22, 2008 at 1:55 am

  13. diatas 22..😛 22, 23, 24,25,26,… tp Allah lah yg maha tahu kapan Dia akan menyempurnakan separuh Dien kita.. Wallahu’alam..
    Bagaimanapun jg kita sebagai manusia harus memperbanyak ikhtiar dan doa..😉

    salam kenal

    sweetstrawberry

    Tuesday, February 17, 2009 at 6:34 pm

  14. btw da yg ketinggalan…
    nambah komen lagi ;p
    Yup,, saya setuju.. bila sudah bertemu jodoh pasti disegerakan nikahnya🙂

    sweetstrawberry

    Tuesday, February 17, 2009 at 7:37 pm

  15. […] – Usia ideal untuk menikah (disini) […]

    Kapan nikah? « salaja la adi…

    Wednesday, April 1, 2009 at 1:00 am

  16. yah kku c ud nikah 5 maret 2009 kmrin umur 16.
    suami kku c jga ud 53 taon.
    nikah enak kok kku jdi ad yg bmbing.
    tpi kdang qta jga btngkar soalnya masih sma* egois.

    kku curhat dkit ah.
    qta ud punya anak sbnernya.
    tpi syg anak kku mati dlem rhim wktu umur 2 bln.
    pdhal shrusnya ud 3 blan lo.
    jadinya akhir dsmber kmrin d’curret d’rs.hermina smg.
    hikz hikz.
    sumpah skiit bgd.
    aplgi kku sndrian d’kmar.
    jdinya +t’tkan.
    wktu hmil anak kku mmang qta blum nikah c bru d’proses d’PA.
    suami kku pnya skit parno.
    jadinya nda bsa nunggu kku d.
    kyaknya blan ini kku hmil lgi d.
    soalnya ud mual* gtu doain ya.
    mngkin ini ganti dri allah.

    ukki caiiang papa

    Wednesday, April 1, 2009 at 10:47 pm

  17. Hehe nice post
    salam kenal

    pasai

    Thursday, November 12, 2009 at 12:40 pm

  18. […] – Usia ideal untuk menikah (disini) […]

    Kapan nikah? « a [simple] man

    Friday, July 13, 2012 at 2:12 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: