Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Mencari seorang Nilstelrooy diantara 240jt

with one comment

Secara umum tipikal seorang striker dapat dibeda-bedakan berdasarkan gaya permainannya. Ada istilah sebutan striker murni atau istilah-istilah lainnya. Berikut ini akan saya berikan gambaran beberapa contoh striker berdasarkan pola permainan mereka.

  1. Jenis pertama adalah striker yang gemar mengolah sikulit bulat dengan cepat, atau lebih dikenal dengan istilah jago dribling. Dia bisa melewati beberapa orang pemain lawan ketika mengolah sikulit bulat dan akhirnya mencetak gol. Lihat saja gaya permainan Messi, Ronaldo (bukan CR7), Pato atau Sheva.
  2. Jenis kedua adalah striket yang gemar menggunakan postur tubuh sebagai kekuatan untuk mendapatkan bola dari musuh sehingga dengan mudah dapat mencetak goal. Lihat saja Cruch atau Jan Koller dengan postur tubuh tinggi. Postur tubuh ini tentu saja harus didukung oleh kemampuan lainnya yang tak kalah penting.
  3. Jenis ketiga adalah striker murni yang pandai mencari tempat dan dengan sekali sentuh langsung melesatkan umpan yang didapat menjadi goal. Striker seperti ini sepertinya memiliki kepintaran lebih, karena dia harus benar-benar membaca situasi dan posisi lawan. Contohnya adalah Nistelrooy atau Filippo Inzaghi.

Melihat penampilan timnas PSSI dalam piala AFF Suzuki 2008 yang sedang berlangsung saya beranggapan bahwa Indonesia membutuhkan seorang striker murni yang pintar memanfaatkan peluang sekecil apapun menjadi peluang. Banyak peluang yang didapat timnas Indonesia dalam 3 pertandingan awal dipenyisihan grup, tetapi peluang tersebut terbuang dengan percuma.

Pada pertandingan terakhir diputaran grup, Indonesia harus mengakui keunggulan Singapore 0-2. Secara permainan, Indonesia lebih baik dan bagus, tetapi kalah dalam memanfaatkan peluang. Sekali Singapura melakukan serangan, gawang Markus 90% (hitungan asal) dalam keadaan bahaya. Sedangkan ketika Indonesia melakukan serangan, banyak peluang didepan gawang yang tidak dapat dimaksimalkan dengan baik. Pergerakan lini tengah timnas yang dikomandoi Firman dkk sudah sangat baik, mereka mampu menciptakan peluang dan mengatur tempo permainan. Seandainya Indonesia memiliki seorang striker murni seperti Nistelrooy  yang sangat pintar memanfaatkan peluang, niscaya Indonesia akan menang dengan skor minimal 4-0 pada laga tersebut. ‘BP’ yang diserahkan tugas sebagai penggedor gawang lawan, masih sering membuang peluang didepan gawang. Semoga pertandingan berikutnya melawan Thailand, Indonesia dapat memetik kemenangan.

* Apa harus naturalisasi Christian ‘Gozali’ Gonzales?

Written by nRa

Sunday, December 14, 2008 at 12:59 am

Posted in Sports

Tagged with , , ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. …striker murni yang pintar memanfaatkan peluang sekecil apapun menjadi peluang.

    yah, kalo peluang jadi peluang mah nggak usah pake Nistelrooy kali…
    yg dibutuhin tuh… striker murni yang pintar memanfaatkan peluang sekecil apapun menjadi GOL..

    dzaia-bs

    Tuesday, December 16, 2008 at 7:21 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: