Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

My Best Shots : 2008

with 12 comments

Tahun 2008 hampir berlalu dan akan memasuki detik-detik akhir, banyak yang dapat kita ingat dan ambil hikmah berlalunya tahun 2008 dari hidup kita. Memang masih ada beberapa hari lagi sebelum tahun 2008 ini benar-benar meninggalkan kita sebagai sebuah kenangan yang indah. Berikut ini 12 foto terbaik saya (urutan tidak menunjukkan penilaian) yang diambil pada tahun 2008 :

Foto ini berjudul ‘Terdampar’. Diambil pada saat musim dingin diawal tahun 2008. Objek adalah beberapa buah sampan nelayan yang digunakan untuk mencari ikan. Lokasi pengambilan gambar adalah Danshui night market. Saya suka dengan foto ini karena dapat menampilkan keunikan warna dari sampan. Warna-warni dari sampan tersebut menonjol kepermukaan secara alami.

Foto ini diupload dalam rangkat ‘Lomba Foto Indonesian Culture Exhibition 2008’ yang diselenggarakan oleh NTUST-ISA. Foto ini mendapat hadiah sebagai kategori foto favorit pilihan pembaca (yang lihat). Saya suka dengan foto ini karena dapat menampilkan bangunan Sun Yat Sen memorial hall beserta tamannya, walaupun ada sedikit kekurangan pada foto ini (bunga bagian depan). Terima kasih kepada teman-teman yang telah memilih foto ini sebagai foto favorit, tanpa pilihan Anda tidak mungkin foto ini bisa menang .

Foto yang berjudul ‘Ikut Ayah Berdoa’ ini memiliki banyak arti. Seorang anak kecil yang sejak dini diajarkan bagaimana cara beribadah oleh orang tuanya. Sungguh suatu hal yang menejukkan hati, melihat orang tua yang mengajarkan kebaikan kepada anaknya. Komposisi dari objek pada foto ini juga sangat pas.

‘Waterfall Temple’ begitulah saya menamakan foto ini. Foto yang diambil pada saat jalan-jalan liburan summer di Taroko national park (Taiwan). Tempat ini merupakan salah satu tempat terkenal di Taiwan dan kebanyakan fotografer yang pernah pergi ke Taroko pasti memiliki foto dari kuil ini. Saya mengalami kesulitan saat mengambil foto ini, karena cahaya matahari yang terik ditambah slow shutter membuat foto menjadi OE. Walaupun sudah menurunkan exposure menjadi -2.

Suasana senja hari menjelang malam sangat bagus untuk diabadikan. Warna langit yang remang-remang dengan berbagai warna menjadi daya tarik tersendiri ketika menjepret dikala senja. Lihatlah langit biru yang digabungkan dengan warna kemerah-merahan saat mentari terbenam. Ditambah lagi sebuah keberuntungan karena lampu-lampu dijalan tol telah menyala. Objek berupa kapal menambah manisnya foto ini.

Klo saya ingin membanggakan, inilah foto HDR terbaik saya selama mengutak-ngatik HDR foto🙂 . Komposisi yang simetris membuat foto ini manis dan ditambah lagi … objek foto adalah bangunan bersejarah ‘Mesjid Raya Sultan Riau Penyengat’. Satu hal yang sedikit mengurangi keindahan dari foto ini adalah warna langit yang terlalu gelap, hal ini dikarenakan cahaya matahari yang berlebihan. Mungkin ada baikknya mengambil foto ini pada saat menjelang magrib (foto diambil pukul 2 siang).

Bangunan ini bernama ‘Balai Adat’ dimana seluruh peninggalan kerajaan melayu Riau sewaktu diperintah oleh Sultan-sultan Riau disimpan disini. Termasuk sebuah pelaminan yang digunakan untuk pernikahan para raja. Foto ini merupakan gabungan dari 4 buah foto, istilah dalam fotografinya adalah Photo Stitching. Tidak ada yang istimewa dari foto ini, selain teknik yang digunakan untuk mengambil foto dan menggabungkannya menjadi sebuah foto yang unik.

Rumput yang hijau kekuning-kuningan dipayungi langit biru yang cerah. Begitulah alasan kenapa saya memilih foto ini sebagai salah satu foto terbaik 2008. Selain itu, untuk mengambil foto ini saya juga harus melewati perjalanan yang terjal, mendaki gunung dan melewati lembah (ninja Hattori). Objek utama adalah sebuah rumah panggung khas adat melayu Riau. Rumah panggung yang sangat sederhana, tidak panas disiang hari dan hangat ketika malam tiba.

Inilah kampus baru jurusan Teknik Informatika ITS-Surabaya. Gedung ini barusaja ditempati oleh kalangan akademis jurusan teknik informatika pada tahun 2008. Saya sangat suka dengan komposisi dari foto ini, mengambil dari kejauhan dengan tambahan frame alami berupa pepohonan membuat foto ini bagaikan lukisan.

Tahukah alasan kenapa saya menyukai foto ini? Warna … ya, kontras warna yang ditampilkan oleh foto ini adalah alasan kenapa saya menyukainya. Biru, Hijua dan Kuning kemerahan (Oranye) tampil begitu dominan pada foto ini. Foto ini diambil pada saat senja di Fisherman Wharf (Dansui).

Tujuan utama dari pengambilan foto ini adalah Slow Shutter Photo. Objek yang saya jadikan sasaran adalah air terjun dipegunungan Yang Ming Shan. Selain objek yang mengena, slow shutter juga dapat… itulah alasan kenapa saya memilih foto ini sebagai salah satu karya terbaik 2008. Jika ingin memiliki hasil yang lebih baik, mungkin dapat menggunakan filter ND pada lensa Anda. Sebagai catatan, filter ND akan meruksi cahaya matahari yang masuk menjadi sebuah gradasi cahaya sebelum mengenai sensor kamera.

Foto penutup dari 12 rangkaian foto-foto terbaik saya selama tahun 2008. Objek utama adalah seorang model SPG Epson pada pameran komputer 2008 di Taipei World Trade Center. Paras yang manis nan aduhai, seolah-olah dia selalu tersenyum kapada saya :p . Kata teman saya dia mirip BCL, mungkin benar … BCL versi Taiwan🙂 . Untuk mendapatkan foto ini dibutuhkan perjuangan … berebutan diantara puluhan fotografer untuk mengabadikan sebuah moment. Untunglah saya menggunakan lensa tele, dan lebih beruntung lagi dia menyadari (melihat dengan senyum) keberadaan saya saat ingin mengambil fotonya. Satu hal yang membuat kekurangan pada foto ini adalah terpotongnya objek yang dipegang oleh sang model (bagian kiri).

Begitulah daftar foto-foto terbaik saya selama tahun 2008. Tahun 2009 akan tiba, saatnya hunting lagi🙂 .

Written by nRa

Friday, December 26, 2008 at 4:32 am

Posted in Tukang Foto/Photography

Tagged with

12 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. bagus-bagus Mas photonya, aku juga baru sadar tuk mengoleksi sebanyak mungkin moment yg aku jalani selama tahun 2008, dan ada juga sih beberapa poto tapi masih diseputaran indonesia dan selangor, jam terbangnya blum tinggi seperti mas.

    bayhakiramli

    Saturday, December 27, 2008 at 10:06 am

  2. Photonya cakep2 euy… ak palng suka photo yang d Fisherman Wharf, terdampar, ikut ayah berdoa ama air terjun dipegunungan Yang Ming Shan… whehehehe…

    btw mas, pe er nya ntar2 aja ya.. whehehe… mls nginget2… he7x..

    d'

    Saturday, December 27, 2008 at 7:22 pm

  3. mas cimut, nti klo aku nikah, kmu jd tukang photo2nya yah.. whehehehe…

    d'

    Saturday, December 27, 2008 at 7:36 pm

  4. @ bayhakiramli : jam terbang? emang pilot … whehehe. salam jepret🙂

    @ d’ : emang kapan mo nikahnya?

    nRa

    Saturday, December 27, 2008 at 9:39 pm

  5. Menarik sekali foto2nya..Put pribadi lebih suka foto 1, 5 dan ke 10..
    Mengambil foto dalam keadan gelap sepertinya butuh keahlian, ya…?

    Foto-2 saat malamku sepertinya belum semantap itu😀

    syelviapoe3

    Saturday, December 27, 2008 at 10:45 pm

  6. insyaAllah 20.11.2011

    *nyari2 calon dulu*

    d'

    Sunday, December 28, 2008 at 1:52 am

  7. @ syelvi : sebenarnya gampang put foto malam2, tinggal gedein ISO, sama besarin aperture🙂

    @ d : wew … si kecil udah milih tanggal🙂 , oke deh klo gitu, ntar tak foto. btw, foto avatar mu serem pisan euy.

    nRa

    Sunday, December 28, 2008 at 7:59 pm

  8. mas,, apik2 jeh fotone..
    ajarin yo!!!
    btw,, pe er-nya dah kerjain, leave comment yo!!

    niken

    Sunday, December 28, 2008 at 9:18 pm

  9. @ niken : he? ajarin? whehehe … aku belum bisa ngajarin orang cara yang baik dan benar dalam memotret. Satu yang bisa aku saranin klo punya kamera baru, harus kenal dlu. Klo udah kenal … baru deh bisa tau kemampuannya🙂 . Buat kenal … harus sering2 jepret, so… jepret ae sak karep e.

    *quote of the day : shots!!! till your fingers bleeding :p

    nRa

    Monday, December 29, 2008 at 1:31 am

  10. tuh kan bener…
    gambar terakhir ada sesuatu yang kepotong kan..😀 heheh
    ternyata pikiran kita sama.. wehhehehe…
    kan objeknya itu mbaknya ama barangnya.. masak barangnya ilang..
    sik.. kok kata2nya “barangnya”
    apakah barangnya itu?😀
    apik ndrak…🙂 apalagi klo dapet bawahnya.. lha kok..

    hude

    Tuesday, December 30, 2008 at 9:53 am

  11. cuma satu kata: GILEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE….

    galihsatria

    Tuesday, December 30, 2008 at 8:32 pm

  12. Keren ya, saya cuma ngandalin kamera dari hape resolusi 2MP😦

    Pengen punya kamera profesional jg.

    Deddy Huang

    Friday, January 9, 2009 at 6:32 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: