Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Laptop idaman ku

with 8 comments

– Ten Dollars Laptop –

Setelah mendapatkan kesempatan untuk menggunakan berbagai jenis laptop (kecuali Fuj*tsu) dan melihat perkembangan laptop akhir-akhir ini. Saya akan merilis laptop idaman atau impian saya, tetapi jangan berharap laptop ini muncul dipasaran lho … hehehe. Saya mengambil bagian-perbagian dari segalam jenis merk tentunya. Ingatkah ketika anda ingin membeli sebuah PC-Desktop? anda akan mengatakan kepada sang empunya toko : “saya ingin motherboard merk A, processor B, memory C dengan kapasitas sekian GB, graphic card merk D dengan seri xyz, monitor E ukuran K“, hardisk merk F size nTB, dll. Sejurus kemudian sang penjual mengatakan “ini listnya, dan harganya sekian“. Proses tawar menawarpun bisa terjadi untuk menurunkan atau menaikkan spesifikasi kebutuhan sesuai dengan budget yang tersedia.

Berawal dari cerita itu, saya akan mengusung laptop idaman/impian saya. Semoga suatu saat memang dapat kita membeli laptop sesuai keinginan yang kita butuhkan. Kalo perlu juga belinya gak usah pake OS sekalian, biar user dapat memilih sendiri OS yang akan digunakan.

Casing : Untuk casing saya mempercayai casing Len*vo Th*nkpad. walaupun bentuk yang jadul, dengan setiap sudut yang runcing, tidak membuat saya memalingkan perhatian dari casing ini. Ketahanan dan keamanan data dapat dicover oleh casing thinkpad menjadikan alasa utama saya memilihnya. Untuk ukuran yang dibutuhkan, 12″ menjadi favorit saya.

Keyboard : Pilihan keyborad saya jatuhkan pada laptop Ac*r Aspi*e atau Ac*r Ferr*ri. Tuts yang sangat empuk, membuat jari-jemari kita betah menari-nari diatasnya.

Track Pad : Tanpa pikir panjang, multi touch pad M*cBook sudah pasti terpilih. Kemudahan yang ditawarkan dengan hanya menyentuh track pad via berbagai jumlah jari, gesekan dlsb membuat saya tertegun dengan teknologi mereka. Bayangkan, untuk menscrol web page, kita tidak perlu repot. Cukup dengan menggerakkan 2 jari kebawah dan keatas layar.

Layar : hmm… sebenarnya cukup bingun dalam memilih layar pada laptop. Karena hampir keseluruhan layar memiliki kesamaan. Tetapi jika harus memilih, pilihan saya tempatkan pada laptop S*ny V*io VGN seriesnya. Layar yang bening dan tipis menjadi andalan S*ny dalam bidang ini.

Oke, sekarang kita beranjak kebagian dalam atau isi dari laptop ini.

Processor : sudah pasti processor akan dimiliki oleh Int*l Corp. Dengan spesifikasi Int*l Core 2 Duonya. Pokonya yang paling mutakhir dan yang paling cepat klo soal processor😛 .

Hardisk : Pilihan hardisk saya berikan pada SSD, terserah merknya apa. Jika memungkinkan SSD yang bermerk WD (West*rn Dig*tal). Keuntungan yang didapat banyak sekali. Selain akses ke data yang sangat cepat, karena ketiadaan read/write head. Selain itu SSD dengan kapasitas kecil juga dapat menghemat tenaga dari laptop kita. Sayangnya ada beberapa kekurangan dari SSD ini, selain kapasitasnya yang masih terbatas, tidak sebesar Magnetic Hardisk, harga yang dijual dipasaran juga masih sangat mahal.

Memory : DDR3 mungkin pilihan yang sangat tepat saat ini🙂 . Untuk kapasitas, so pasti disesuaikan dengan keadaan dompet, hehehe dan kemampuan dari moterhboard dan chipset dari laptop yang kita miliki.

Graphic card : sepertinya saya lebih mempercayai merk besutan nV*DIA dengan G*FORCE GT nya, selain power full. nV*DIA juga mampu menghemat penggunaan daya dari laptop kita.

DVD Multi atau bahkan blueray player internal sudah pasti harus ada pada spesifikasi laptop tersebut ^^. Hmm… apalagi yah yang perlu dilengkapi? Untuk OS tidak akan saya cantumkan saat ini. Mungkin akan saya urai kegunaan beserta kelebihan dan kekurangan OS yang sedang berperang saat ini. Terlebih lagi, google juga telah menabuh genderang perang pada bidang per-OSan ini dengan Chrome OS nya.

Written by nRa

Saturday, November 21, 2009 at 7:22 pm

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ediannnn..
    wes nggawe dewe kono mas😛
    nko aku tuku nang mas, harga teman ya😉

    niken

    Saturday, November 21, 2009 at 8:38 pm

  2. sik… 5 tahun lagi yah. tak bikin perusahaannya dlu😛

    nra

    Sunday, November 22, 2009 at 3:09 am

  3. Untuk OS, aku tetep fans Windows XP nan jadul tapi sangat fungsional🙂

    galihsatria

    Sunday, November 22, 2009 at 6:38 pm

  4. so far … XP memang paling yahud ^^. selain itu tentunya snow leopard donk, hehehe

    nra

    Sunday, November 22, 2009 at 8:12 pm

  5. pesen satu :p
    casingnya warna kuning ya Kak ^_^

    yuher

    Tuesday, November 24, 2009 at 9:59 pm

  6. boleh… ntar yah, klo perusahaannya udah jadi😛

    nRa

    Tuesday, November 24, 2009 at 11:10 pm

  7. keren kak
    dari segi pemilihan komponen yang mementingkan efisiensi energy

    unlastnoel

    Thursday, December 17, 2009 at 11:07 pm

    • terima kasih noel, sudah mampir ^^

      nRa

      Friday, December 18, 2009 at 1:04 am


Leave a Reply

