Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Wajah pendidikan negeriku

with 3 comments

Sebentar lagi negara kita akan memperingati hari pendidikan nasional pada tanggal 2 Mei. Masih teringat ketika saya duduk dibangku sekolah dasar, semboyan pendidikan dibumi pertiwi ini: Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut Wuri Handayani, yang artinya Didepan memberikan panutan atau tauladan; Ditengah ikut bersama membangun dengan ide dan prakarsa; dan Dibelakang memberikan dorongan, semangat dan motivasi.

Pendidikan selama ini selalu dimaknai secara sempit oleh masyarakat Indonesia. Kita hanya mengenal sekolah yang memiliki gedung, bangku dan guru sebagai sarana pendidikan. Padahal jika dikaji lebih lanjut tentang makna dari pendidikan itu, tidak ada batasan yang mengurung didalamnya. Sekolah juga selama ini sepertinya telah salah kaprah dalam menjalankan tujuannya. Tujuannya yang utama adalah mendidik masyarakat Indonesia. Hal yang ditekankan disini adalah “mendidik”. Mendidik tidak hanya mengajarkan pelajaran kepada murid-murid sehingga mereka semua mendapat nilai yang bagus saat ujian, tetapi mendidik juga bertanggung jawab dalam memberikan nilai-nilai moral kehidupan kepada siswa yang diajarkan.

Menurut hemat saya, lebih mudah membuat seorang siswa mengerti pelajaran Matematika yang super sulit dengan rumus-rumus aneh bin ajaib dari pada mengajarkan seorang siswa tentang nilai moral kehidupan. Bagaimana seorang guru dapat menanamkan nilai moral tadi kedalam jiwa siswa, sehingga yang dididik dapat sadar dengan sendirinya mana yang baik dan mana yang buruk. Jika untuk mendapatkan nilai harus dengan cara curang dan menghalalkan segala cara, jika untuk mendapatkan reputasi sekolah yang baik para pendidik juga harus ikutan berlaku curang, kemana arah pendidikan negeri ini akan dibawan? Saat ini sudah banyak siswa-siswa Indonesia yang berprestasi ditingkat internasional dari berbagai even dan perlombaan yang diikutinya, tetapi tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang belum bermoral.

Tulisan ini murni hanya opini pribadi, tidak ada maksud untuk menyalahkan pihak lain. Terlebih lagi, semoga tulisan ini dapat menjadi bahan introspeksi pribadi penulis.

Written by nRa

Thursday, April 29, 2010 at 3:30 pm

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. selamat hari pendidikan nasional, mas nra🙂

    galihsatria

    Thursday, April 29, 2010 at 3:57 pm

    • podo2 mas galih, selamat harpenas ^^

      nra

      Friday, April 30, 2010 at 8:44 pm

  2. Ayo,, majulah pendidikan di Negasa kita.

    Golahraga

    Tuesday, April 19, 2011 at 1:34 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: