Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Tips menghindari Malware di Android

leave a comment »

Pernahkan Anda mendengar kata “Malware”? jika belum, malware merupakah aplikasi/program jahat yang terinstal dikomputer / perangkat mobile Anda. Saat ini begitu banyak aplikasi gratis yang menarik bagi kita untuk diinstal, khususnya aplikasi pada perangkat mobile. Tapi tahukah kita, mana aplikasi yang benar-benar baik atau bahkan aplikasi tersebut mengandung virus? Hal tersebut harus menjadi perhatian utaman bagi pengguna aplikasi, agar perangkat yang digunakan tidak ‘dikerjai’ oleh program jahat.

Jika Anda pengguna aplikasi mobile berbasis OS Android, ada sedikit tips dan trik untuk menghindari perangkat kita dari program jahat tersebut. Secara umum aplikasi Android dapat Anda unduh melalui Android Market yang sudah tersedia pada ponsel pintar Anda. Kita hanya butuh melakukan pencarian terhadap aplikasi yang ingin kita instal. Sebelum melakukan proses instalasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut merupakan program yang baik atau merupakan malware.

1. Pembuat Aplikasi : Ketika suatau aplikasi sudah terkenal, banyak pihak-pihak pengganggu yang akan membuat saingan aplikasi tesebut. Bahkan pihak-pihak lain tersebut akan membuat sebuah aplikasi yang sama persis yang dapat mengelabui user ketika melakukan instalasi. Aplikasi tiruan inilah yang kemungkinan besar bertindak sebagai malware, yang dapat membahayakan perangkat kita. Contohnya malware untuk game terkenal Angry Birds, hasil karya Rovio Mobile, pernah dibuat tiruan malicious-nya dari developer Logastrod.

2. Rating dan User Review : Aplikasi yang baik memiliki rating yang tinggi dan user review (komentar) yang positif. Pastikan Anda membaca komentar-komentar pengguna terdahulu agar Anda yakin terhadap aplikasi yang akan Anda instal.

Menurut saya pribadi poin no.2 sangat membantu user dalam mencegah aplikasi malware dalam perangkat Anda. Karena disana bisa kita temukan komentar positif maupun komentar negatif dari aplikasi tersebut. Kita tinggal mengambil keputusan apakah ingin melanjutkan proses instalasi atau mencari aplikasi yang lainnya. Selamat bersenang-senang dengan Android Anda.

Sumber : Detikinet

Written by nRa

Saturday, December 24, 2011 at 5:27 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: