Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Hongkong – Beijing (Bagian 6)

with 4 comments

Kedutaan Besar RI Beijing, Niujie Mosque, Silk Street

Foto didepan gedung KBRI Beijing

Hari ini, keluar rumah agak siangan dikit. Karena ada janji bakalan diundang untuk bertemu dengan Atase Imigrasi Kedutaan RI di Beijing, kebetulan salah satu dari kami berlima bekerja di dirjen imigrasi dan abangnya Deari, Chiko adalah asisten dari Bapak Atase tersebut. Setelah bertemu-sapa dengan Bapak Atase Imigrasi, kami pun diajak makan siang bersama. Ketemu juga dengan Bapak Atase Perdagangan. Klo soal makan, sapa juga yg nolak ^^. Makasih kepada Bapak Atase Imigrasi dan Perdagangan kedubes RI di Beijing karena telah mengundang kami makan siang, hehe. So, sekalian mampir … foto2lah kami berlima didepan kedutaan besar RI di Beijing.

KBRI Beijing

Setelah makan siang, kami pun pamit untuk melajutkan perjalanan sebagai backpacker. Tujuan kali ini adalah NiuJie Mosque. Niujie mosque terletak didaerah yang sangat terkenal di Beijing, Xuan Wu. Mesjid ini sangat unik, dan merupakan mesjid tertua di China. Sebenarnya kita bisa naik bus dan langsung berhenti tepat dihalte depan mesjid, tapi karena bus yg dicari tidak melewati kedutaan akhirnya kami memutuskan untuk naik subway kedaerah Xuan Wu. Setelah sampai di Xuan Wu, kami masih harus menaiki sebuah bus untuk sampai didekat mesjid.

Tepat dua jam sebelum magrib kami tiba didaerah Niujie Mosque. Hal apa yang dirasakan ketika pertama kali tiba didaerah itu? BINGUNG! itulah jawabannya … bingung karena tidak tau mana satu bangunan mesjid yang dimaksud. Dari pemberhentian bus, lokasi Niujie Mosque masih terlalu jauh, sehingga agak sedikit membingungkan bagi orang yang pertama kali mengunjungi daerah ini. Setelah bertanya sana-sini, akhirnya kami menemukan sosok bangunan pintu depan dari Niujie Mosque.

Menyempatkan diri untuk sholat ashar di Mesjid Tertua China ini adalah sebuah anugrah yang sangat besar dan mulia. Didalam mesjid terdapat beberapa bangunan yang digunakan untuk belajar AlQuran, ruang kantor dan makam imam beserta pendiri mesjid ini. Sekitar satu jam kami habiskan untuk melihat-lihat keadaan sekitar Niujie Mosque ini, perjalanan dilanjutkan menuju tempat belanja ^^. Kali ini tempat yang dituju adalah kawasan Silk Market.

Niujie Mosque

Silk market atau yang lebih sering disebut sebagai Silk Street merupakan pusat perbelanjaan sutera terbesar di Beijing. Anda dapat mengunjungi pusat perbelanjaan yang terletak di Chaoyangmen District dengan menggunakan taxi, MRT Line 1, stasiun Yong’anli (Exit A) atau dengan menggunakan bus yang mengarah ke Xiushui Dongjie.

Silk market bukan hanya menjual aneka pakaian sutera, tetapi berbagai pernak pernih, serta aksesoris perhiasan ada dipusat perbelanjaan ini. Mulai dari sepatu, ikat pinggang, tas tangan hingga travel bag ada dilantai 1. Naik ke lantai 2 dan 3, Anda dapat menjumpai berbagai pakaian dengan merk dan dari desainer terkenal. Segala sesuatu yang berbau sutera terdapat pada lantai 4, sedangkan lantai 5 tempat untuk menjual perhiasan dan aksesoris. Hati-hati ketika memilih barang yang ingin Anda beli, pastikan Anda menawarnya dengan baik dan semurah-murahnya ^_^.

Gerbang masuk Niujie Mosque

Bersambung … (Bagian terakhir)

Written by nRa

Sunday, December 25, 2011 at 2:24 pm

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. lagi musim dingin ya disana (manggil apa ya?mas or mbak?)…??

    yourha

    Sunday, December 25, 2011 at 11:32 pm

    • sebenarnya ini postingan yang sangat telat, karena berkunjungnya pada awal tahun 2010. klo tanya kondisi cuaca di beijing, sekarang sedang musim dingin … suhu hariannya minus.

      nRa

      Sunday, December 25, 2011 at 11:57 pm

  2. Take Subway Line 2 to Changchun Jie Station, get out from Exit C1 and walk about 1.5km south to the mosque; or get out from Exit A and take bus 10 for only 4 stops to Niujie Mosque.

    dieta

    Tuesday, January 17, 2012 at 12:00 am

  3. […] Bersambung … (bagian 6) […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: