Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Workshop Kurikulum Teknik Informatika UMRAH 2012

leave a comment »

“Pelatihan yang asik tidak membuat pesertanya ngantuk”

Itulah quote yang saya dapatkan selama workshop kurikulum Teknik Informatika UMRAH yang diadakan selama tiga hari, 19-21 Oktober 2012 di Hotel Aston Tanjungpinang. Kemampuan menyampaikan materi yang sangat-sangat ekselen dari dua orang narasumber, membuat saya bertahan hingga hari terakhir. Biasanya klo mengikuti pelatihan, saya dengan jelas merasakan kantuk yang teramat sangat. Oke, stop pembicaraan soal kantuk … kita masuk kedalam inti pembicaraan.

Workshop tersebut diadakan oleh UMRAH untuk mengakomodir jurusan Ilmu Kelautan dan Teknik Informatika dalam pembaharuan kurikulum yang dimiliki. Hadir tiga orang narasumber pada acara tersebut, yang pertama adalah Bpk. Endrotomo dari Arsitektur ITS (DIKTI), Ibu Inggriani Liem dari Informatika ITB dan Bpk. Sofian Siregar dari Ilmu Kelautan UNRI.

Secara umum materi tentang perubahan kurikulum dan perubahan paradigma pengajaran di perguruan tinggi disampaikan oleh Bpk. Endrotomo. Dengan gaya penyampaian yang humoris dan khas Suroboyo, materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta. Beliau menjelaskan, tentang pentingnya peran seorang dosen bukan sebagai pengajar, tetapi sebagai seorang pembimbing dan fasilitator dalam perkuliahan. Perubahan paradigma yang selama ini menuntut seorang dosen untuk menyuapkan materi kepada mahasiswa, dirubah menjadi proses pembelajaran yang memaksa mahasiswa untuk aktif belajar mandiri dibawah bimbingan dosennya. Perubahan ini membawa dampak yang positif terhadap pertumbuhan hardskill dan softskill dari peserta didik.

Materi kurikulum khusus jurusan Teknik Informatika disampaikan oleh Ibu Inggriani Liem. Beliau memberikan wawasan kepada peserta tentang jurusan Teknik Informatika yang merupakan gabungan dari bidang keilmuan computer science dan software engineering. Materi yang disampaikan cukup komplit, hal tersebut tercermin dari pengalaman hidupnya dalam pembuatan kurikulum dan menangani bidang akademik. Semangatnya yang menggebu-gebu membuat saya terpacu untuk memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi daerah ini. Dengan gayanya yang khas dan cepat, proses pembimbingan penyusunan kurikulum dapat berjalan dengan baik.

Ingin rasanya saya memberikan 5 jempol untuk kedua pemateri hebat diatas. Dedikasi mereka dalam dunia pendidikan sudah tidak dapat diragukan lagi. Mereka bersedia dimintai bantuan untuk membimbing kami yang masih baru dalam mendidik mahasiswa daerah kami. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh narasumber atas sumbangsih ilmu yang diberikan.

Written by nRa

Monday, October 22, 2012 at 12:19 am

Posted in umrah

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: