Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Facebookan

leave a comment »

Siapa bilang facebook itu hanya untuk sosialisasi dan banyak membuang waktu? Ibarat teknologi yang lain, facebook juga memiliki dua sisi yang saling bertolak belakang, ada sisi terang dan ada sisi gelap. Manusia sendiri yang menentukan akan menggunakan facebook tersebut sebagai apa? apakah digunakan untuk kebaikan atau untuk kejahatan. Melalui postingan teman-teman difacebook saya banyak mendapat informasi terbaru. Biasaya jika ada berita atau info menarik, user dengan cepat mengupload via facebook. Otomatis pengguna facebook lain yang terkoneksi dengan pengguna tersebut akan mendapatkan informasi yang disharing.

Saya sendiri sebagai salah satu pengguna facebook aktif, tak jarang banyak waktu luang yang saya “buang” hanya nongkrong didepan komputer menjelajahi dunia maya. Terutama berhubungan dengan teman-teman di facebook. Sekedar upload foto-foto lucu dan unik si Firaz atau hanya meng-update status yang kadang-kadang gak penting ^_^.

Akhir-akhir ini penggunakan facebook mulai beralih dari kebiasaan normal saya, dari kegiatan yang banyak bersifat hura-hura menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat. Hal tersebut berawal ketika saya ingin membeli sebuah perangkat smartphone yang harganya terjangkau dengan spesifikasi hardware dan software yang mumpuni. Setelah googling sana-sini, saya diarahkan pada sebuah forum kaskus yang membahas tentang smartphone tersebut. Dari forum tersebut saya mendapati bahwa member forum lebih aktif berkomunikasi digrup facebook. Alhasil sayapun ngacir ke tekape, dan tidak pake lama sayang langsung bergabung menjadi anggota grup. Banyak info yang bisa saya dapatkan dari grup tersebut dan akhirnya memutuskan untuk membeli perangkat smartphone yang dibahas.

Pengalaman berikutnya adalah ketika saya secara tidak sengaja melihat postingan seorang teman difacebook tentang alat yang bernama Raspberry Pi. Awalnya saya mengira alat tersebut merupakan bagian dari smartphone, tetapi setelah saya googling … ternyata alat tersebut adalah MiniPC. Semakin tertarik dengan alat yang baru saja saya googling, saya membaca info dari website resmi alat tersebut (raspberrypi.org). Merasa kurang puas dengan bahasa yang ada pada laman resminya, saya pun mencoba untuk mencari grup facebook yang membahas raspberry. Didapatlah sebuah grup yang anggotanya cukup aktif membahas raspberrypi, dan yang membuat saya senang… anggota grup tesebut adalah orang Indonesia semua. Selain menjalin silaturahim, saya bisa mendapatkan ilmu yang banyak dari anggota grup lainnya.

So… sekian cuilan cerita pengantar aktifitas pagi Anda untuk menjalani hari yang cerah.

People who are really serious about software should make their own hardware – Alan Kay

Link grup FB :

  1. Smartphone Advan S5-F : https://www.facebook.com/groups/advans5f/
  2. Raspberry Pi Indonesia : https://www.facebook.com/groups/raspberrypi.indonesia/

Written by nRa

Thursday, November 7, 2013 at 7:48 am

Leave a Reply

