Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Light it up – my first raspi

with one comment

Saatnya memulai langkah awal dengan mainan yang bernama Raspberry Pi (web resmi raspi). Setelah mempertimbangkan apakah untuk membeli atau tidak (Anda bisa melihat review lengkap untuk kebutuhan perangkat awal disini), akhirnya 2 minggu yang lalu saya memutuskan untuk mendaratkan raspi dirumah saya melalui tokoraspberrypi.com. Apa yang harus saya lakukan pertama kali dengan alat ini? Begitulah kira-kira pertanyaan yang ada didalam kepala saya saat melihat komputer mini yang hanya sebesar kartu kredit ini.

Saya memutuskan untuk melakukan instalasi operating system terlebih dahulu, sebelumnya saya harus menyediakan perangkat tambahan yang dibutuhkan.

  1. kabel hdmi untuk menampilkan gambar pada lcd tv
  2. usb keyboard dan mouse (mouse diperlukan untuk instalasi jaringan wifi)
  3. power adaptor
  4. SDCard (saya menggunakan 16GB )
  5. USB Hub + power adaptor

Sebagai panduan instalasi saya menggunakan software NOOBS dari web resmi raspi. Software tersebut sudah termasuk beberapa operating system bawaan diantaranya : raspbian, pidora dan raspbmc. Ikuti langkah-langkah pada website tersebut dan proses instalasi akan berjalan dengan baik. Saya memilih raspbian, karena saya sedikit familiar dengan ubuntu.

Proses instalasi selesai, langkah berikutnya adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan raspi tanpa harus menggunakan lcd tv sebagai monitor. Repot juga rasanya jika harus terus-menerus menggunakan monitor. Hal yang harus dilakukan adalah mengaktifkan koneksi jaringan LAN/Internet, dalam hal ini saya langsung menggunakan Edimax wifi USB adapter untuk koneksi jaringan nirkabel. Proses instalasi cukup mudah, aktifkan desktop booting untuk masuk kedalam distro raspbian. Tampilan desktop akan muncul, kemudian klik shortcut Wifi Config pada desktop. Perangkat Edimax Wifi akan terdeteksi secara otomatis, kemudian lakukan scanning untuk mencari Wifi Access Point sesuai kebutuhan. Koneksi ke jaringan akan tersambung secara otomatis jika perangkat access point memiliki fitur DHCP, jika tidak kita akan memasukkan IP Address sesuai dengan subnet dan range ip yang diperbolehkan. Untuk mencoba apakah perangkat raspi Anda telah terkoneksi dengan baik, kita dapat menggunakan Midori browser untuk berselancar didunia maya (jika terkoneksi internet).

Note : Apabila perangkat Edimax Wifi adapter belum terdeteksi, coba lakukan update dan upgrade raspbian dengan perintah berikut :

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

Image

Gambar perangkat Raspberry Pi type B, beserta keyboard dan mouser

Image

Gambar Instalasi awal dengan NOOBS (pilih Raspbian)

Written by nRa

Friday, November 15, 2013 at 12:21 am

Posted in raspberrypi

Tagged with , , ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Trims sudah membeli dari kami😉
    tokoraspberrypi.com

    tokoraspberrypi.com (@tokoraspberrypi)

    Thursday, March 6, 2014 at 3:36 am


Leave a Reply

