Catatan Kecil

LiVe is SimPle… makE a choiCe, doN’t Look bAck, and Do yoUr beSt.

Archive for the ‘Long Journey of My Live’ Category

Facebookan

leave a comment »

Siapa bilang facebook itu hanya untuk sosialisasi dan banyak membuang waktu? Ibarat teknologi yang lain, facebook juga memiliki dua sisi yang saling bertolak belakang, ada sisi terang dan ada sisi gelap. Manusia sendiri yang menentukan akan menggunakan facebook tersebut sebagai apa? apakah digunakan untuk kebaikan atau untuk kejahatan. Melalui postingan teman-teman difacebook saya banyak mendapat informasi terbaru. Biasaya jika ada berita atau info menarik, user dengan cepat mengupload via facebook. Otomatis pengguna facebook lain yang terkoneksi dengan pengguna tersebut akan mendapatkan informasi yang disharing.

Saya sendiri sebagai salah satu pengguna facebook aktif, tak jarang banyak waktu luang yang saya “buang” hanya nongkrong didepan komputer menjelajahi dunia maya. Terutama berhubungan dengan teman-teman di facebook. Sekedar upload foto-foto lucu dan unik si Firaz atau hanya meng-update status yang kadang-kadang gak penting ^_^. Read the rest of this entry »

Written by nRa

Thursday, November 7, 2013 at 7:48 am

Lupakan yang telah berlalu, buka lembaran baru

with 6 comments

Nanti malam adalah malam pertama saya melihat proses pergantian tahun dikampung halaman setelah sekian lama merantau. Belum ada ide mau ngapain ntar malam, sepertinya hanya menghabiskan malam bersama istri tercinta di rumah. Hal ini tentu bertolak belakang dengan proses tahun baru sebelumnya. Hal yang paling menyenangkan pastinya ketika merayakan tahun baru dinegeri formosa, melihat indahnya kembang api awal tahun digedung Taipei 101. Kegembiraan dinegeri rantau bersama teman-teman setanah air.

Begitulah sekelumit cerita pembukaan tentang masa lalu dan yang akan saya hadapi beberapa jam mendata. Inti dari nge-blog kali ini bukan untuk merayakan tahu baru, tetapi saya ingin menulis sedikit hal yang telah saya dapat pada tahun 2011 ini dan tentunya beberapa rencana yang harus saya selesaikan pada tahun 2012 esok.

Moment yang paling berharga dalam hidup saya ditahun ini tentu saja proses pernikahan yang sakral. Alhamdulillah, semua hal yg dicita-citakan tentang sang kekasih hati menjadi kenyataan tahun ini. Awal tahun ini juga saya memutuskan untuk meninggalkan negeri Formosa dan kembali kekampung halaman untuk mengabdikan diri sebagai seorang tenaga pengajar pada sebuah universitas lokal.

Proses perubahan kehidupan dari seorang mahasiswa menjadi seorang yang mengajar mahasiswa ternyata memberikan warna tersendiri. Apatah lagi kehidupan dinegeri sendiri harus mulai saya jalani. Kebiasaan hidup dinegara yang terkenal teratur dan disiplin, sekarang harus berhadapan dengan segala sesuatu pada domai abu-abu, yang hampir semuanya bernada abstrak. But … this is my country, if it isn’t me … who else?

2012 akan datang dalam hitungan menit, semoga tahun depan membawa berkah lebih bagi keluarga kami. Semoga tahun depan ada tambahan keluarga baru yg menambah warna dalam hidup ini. Tidak terlalu banyak berharap dalam karir, semoga saja udah diangkat menjadi tenaga pengajar tetap dan merencanakan untuk melakukan publikasi jurnal nasional/internasional. Selain itu saya ingin menyelesaikan beberapa proyek amal yang semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tanjungpinang, 31 Desember 2011 – 23:25 WIB.

Written by nRa

Sunday, January 1, 2012 at 12:25 am

Hongkong – Beijing (Bagian 7… Season Finale)

with 2 comments

Summer Palace, Bird Nest Sport Center, Temple of Heaven

Berpose di Summer Palace

Inilah hari terakhir kami di Beijing, sebelum keesokan harinya harus bertolak kembali ke Taipei via Hongkong. Hari terakhir ini kami manfaatkan untuk mengunjungi objek wisata ternama di kota ini. Pagi sekali kami telah keluar dari rumah, untuk mengejar waktu yang sangat singkat. Transportasi yang kami gunakan adalah MRT (Subway), karena jika menggunakan bus … bisa-bisa kami tersesat. Bisa Anda bayangkan suasana pagi hari didalam MRT, kondisi yang padat berbaur dengan orang-orang yang berangkat kerja dan sekolah. Sebagai informasi (off the record) … kebanyakan orang Beijing tidak mandi pagi, hihihihi ^_^.

Dimulai dari tempat wisata didaerah paling utara Beijing yaitu Summer Palace. Apa yang menarik dari tempat ini? sudah tentu danau Kunming (Kunming Lake) dan Bukit Panjang Umur (Longevity Hill). Danau Kunming dikelilingi oleh bebukitan, salah satunya adalah Bukit Panjang Umur. Dibukit tersebut terdapat istana raja yang berdiri megah. Kebetulah pada saat winter ini, semua air didanau menjadi beku … dan kita bisa berjalan diatasnya *padahal udah dilarang untuk tidak berjalan diatas danau. Anda dapat menuju lokasi ini dengan menggunakan bus (Rute Bus) atau MRT Line 4 bagian utara Beijing. Tiket yang harus Anda bayar sebesar RMB 30 perorang untuk memasuki tempat wisata ini.

Setelah lelah mengitari kebun yang sangat luas ini, kami berbegas keluar untuk menuju objek wisata berikutnya. Tujuan berikutnya adalah kompleks olahraga Bird Nest. Komplek yang dibangun khusus untuk perayaan olahraga sejagat Olimpiade Beijing 2008. Komplek ini menamdakan kebangkitan China dizaman modern. Jika daerah lainnya berupa peninggalan sejarah, objek wisata kali ini penuh dengan pemanfaatan teknologi canggih. Untuk dapat menuju lokasi wisaya ini, sebaiknya Anda menggunakan MRT  jalur khusus untuk Olimpiade. Jalur tersebut terletak menyatu dengan line 10. Read the rest of this entry »

Written by nRa

Sunday, December 25, 2011 at 6:34 pm

Hongkong – Beijing (Bagian 6)

with 4 comments

Kedutaan Besar RI Beijing, Niujie Mosque, Silk Street

Foto didepan gedung KBRI Beijing

Hari ini, keluar rumah agak siangan dikit. Karena ada janji bakalan diundang untuk bertemu dengan Atase Imigrasi Kedutaan RI di Beijing, kebetulan salah satu dari kami berlima bekerja di dirjen imigrasi dan abangnya Deari, Chiko adalah asisten dari Bapak Atase tersebut. Setelah bertemu-sapa dengan Bapak Atase Imigrasi, kami pun diajak makan siang bersama. Ketemu juga dengan Bapak Atase Perdagangan. Klo soal makan, sapa juga yg nolak ^^. Makasih kepada Bapak Atase Imigrasi dan Perdagangan kedubes RI di Beijing karena telah mengundang kami makan siang, hehe. So, sekalian mampir … foto2lah kami berlima didepan kedutaan besar RI di Beijing.

KBRI Beijing

Setelah makan siang, kami pun pamit untuk melajutkan perjalanan sebagai backpacker. Tujuan kali ini adalah NiuJie Mosque. Niujie mosque terletak didaerah yang sangat terkenal di Beijing, Xuan Wu. Mesjid ini sangat unik, dan merupakan mesjid tertua di China. Sebenarnya kita bisa naik bus dan langsung berhenti tepat dihalte depan mesjid, tapi karena bus yg dicari tidak melewati kedutaan akhirnya kami memutuskan untuk naik subway kedaerah Xuan Wu. Setelah sampai di Xuan Wu, kami masih harus menaiki sebuah bus untuk sampai didekat mesjid. Read the rest of this entry »

Written by nRa

Sunday, December 25, 2011 at 2:24 pm

Yuk Mudik

with 2 comments

Istilah mudik tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Secara universal berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, mudik berarti pergi ke hulu atau berangkat kembali. Uniknya tradisi mudik ini hanya berlangsung sekali setahun bagi yang mengalaminya.

Tradisi ini biasanya bertepatan dengan perayaan hari besar keagamaan atau hari besar yang sudah menjadi tradisi turun temurun. Kalau kita ingin melihat secara global, lihatlah pergerakan masyarakat China keturunan, yang selalu pulang kekampung halamannya saat perayaan imlek. Boleh dikatakan mudiknya warga China keturunan tersebut merupakan contoh mudik terbesar didunia. Di negara kita, mudik besar-besarkan terjadi saat perayaan hari raya Idul Fitri. Dimana banyak umat muslim yang ingin merayakan hari kemenangan bersama keluarganya dikampung halaman.

Bicara tentang mudik, saya sudah mengalami berbagai situasi tentang mudik ini. Terutama dengan alat transportasi yang digunakan. Sebagai anak rantau yang dari kecil sudah berada jauh dari orang tua, mudik adalah perkara wajib bagi saya pribadi.

Ketika SMU mudik saya lakukan bersama-sama teman sekolah, kembali ke Tanjung Pinang dari Pekanbaru. Pada saat itu, transportasi udara belum terkenal seperti saat ini. Satu-satunya akses transportasi dari Pekanbaru-Tanjungpinang adalah kapal ferry dari Selat Panjang. Untuk menuju Selat Panjang, kami harus menaiki kapal kayu “Jelatik Express” dari pelabuhan Sungai Duku – Pekanbaru. Perjalanan ditempuh dari pukul 18.00 hingga pukul 05.00 subuh keesokan harinya. Kapal ini cukup memberikan kenangan bagi kami siswa SMU PLUS dari Kepulauan Riau. Setelah sampai di Selat Panjang, perjalan disambung dengan Kapal Ferry dan akhirnya kami dapat menghirup udara Tanjungpinang sekitar pukul 17.00 sore hari. Sebuah perjalanan panjang, tetapi sangat menyenangnkan jika dilakukan bersama teman-teman seperjuangan. Read the rest of this entry »

Written by nRa

Thursday, August 25, 2011 at 12:15 am

Masa-Masa Penting Dalam Kehidupan Anak

with 9 comments

Kapan sih, si kecil harus dibawa ke dokter gigi? Usia berapa ia sudah bisa membersihkan hidungnya pada waktu flu? Kapan anak dapat mengendarai sepeda roda tiga? Berikut jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ada di benak orang tua. Tetapi ingat, tiap anak adalah individu unik alias berbeda. Masing-masing memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda.

Boks bayi
Saat bayi menginjak usia 3 bulan, tidurkan dia di dalam boksnya dan jangan di tempat tidur Anda. Soalnya, semakin bertambah usia anak, semakin susah bagi Anda untuk membiasakan dia tidur sendiri.

Menginjak usia 2 tahun, pindahkan anak dari boks bayi ke tempat tidur anak-anak mengingat tinggi badan anak sudah bertambah sehingga risiko melompati pagar boks semakin tinggi. Untuk menghindari jatuh, sebaiknya sediakan tempat tidur anak-anak.

Mainan untuk menenangkan bayi
Pada saat bayi berusia 2 sampai 3 bulan, sebaiknya mainan untuk membuat bayi tenang jangan diletakkan di tempat yang bisa dijangkau oleh bayi. Di usia 3 atau 4 bulan, bayi suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, sebaiknya mainan tersebut disingkirkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengenalkan huruf, angka, bentuk, dan warna
Anda dapat mulai mengajarkan huruf-huruf, angka, warna, dan bentuk saat bayi berusia 6 bulan. Walaupun pemahaman mereka membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tidak ada salahnya memperkenalkan konsep-konsep tersebut kepada anak-anak sejak dini. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Gunakan buku-buku yang berisi gambar-gambar menarik, contoh-contoh nyata seperti menyanyi, membaca buku, dan lainnya. Read the rest of this entry »

Written by nRa

Tuesday, November 2, 2010 at 11:55 pm

22 Tanda Iman Anda Sedang Lemah

with 4 comments

Oleh: Mochamad Bugi

Ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan iman sedang lemah.

Setidaknya ada 22 tanda yang dijabarkan dalam artikel ini.

Tanda-tanda tersebut adalah:

1. Ketika Anda sedang melakukan kedurhakaan atau dosa. Hati-hatilah! Sebab,
perbuatan dosa jika dilakukan berkali-kali akan menjadi kebiasaan. Jika sudah
menjadi kebiasaan, maka segala keburukan dosa akan hilang dari penglihatan
Anda. Akibatnya, Anda akan berani melakukan perbuatan durhaka dan dosa secara terang-terangan.
Ketahuilah, Rasululllah saw. pernah berkata, “Setiap umatku mendapatkan
perindungan afiat kecuali orang-orang yang terang-terangan. Dan,sesungguhnya
termasuk perbuatan terang-terangan jika seseorang melakukan suatu perbuatan
pada malam hari, kemudian dia berada pada pagi hari padahal Allah telah
menutupinya, namun dia berkata, ‘Hai fulan, tadimalam aku telah berbuat begini
dan begini,’ padahal sebelum itu Rabb-nyatelah menutupi, namun kemudian dia
menyibak sendiri apa yang telah ditutupi Allah dari dirinya.” (Bukhari,
10/486)

Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada pezina yang di saat berzina dalam
keadaan beriman. Tidak ada pencuri yang di saat mencuri dalam keadaan beriman.
Begitu pula tidak ada peminum arak di saat meminum dalam keadaan beriman.”
(Bukhari, hadits nomor 2295 dan Muslim, hadits nomor86)

2. Ketika hati Anda terasa begitu keras dan kaku. Sampai-sampaimenyaksikan
orang mati terkujur kaku pun tidak bisa menasihati dan memperlunak hati Anda.
Bahkan, ketika ikut mengangkat si mayit dan

menguruknya dengan tanah. Hati-hatilah! Jangan sampai Anda masuk ke dalam ayat
ini, “Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih
keras lagi.” (Al-Baqarah:74) Read the rest of this entry »

Written by nRa

Sunday, October 17, 2010 at 1:24 am

Ekspedisi ke pulau Dendun : Nelayan Bilis Yang Tak Kenal Waktu

with 8 comments

Jika nelayan didaerah lain mengenal beberapa musim dalam mencari nafkah dikarenakan oleh pengaruh angin dari berbagai arah (Utara, Timur, Selatan dan Barat). Hal tersebut tidak berpengaruh pada nelayan bilis (Teri) dari pulau Dendun. Mereka dapat memanen ikan bilis tepat didepan lautan dari pulau tempat mereka tinggal sepanjang tahun. Mereka tidak mengenal kata istirahat, selagi tenaga dan persediaan melaut masih ada mereka terus bekerja.

Seumur-umur baru kali ini saya milihat nelayan pergi melaut untuk menangkap ikan bilis. Ikan bilis tersebut berjenis bilis nasi. Bentuknya bening seperti agar-agar, berbede dengan bilis yang dijual dipasar (tentu saja telah dikeringkan) ^^.

Biasanya mereke bekerja secara berkelompok, terdiri dari 7-10 orang nelayan. Sebuah perahu utama yang memuat berbagai perlengkapan dan jala, ditemani oleh sebuah perahu kecil yang membantu dalam proses penangkapan ikan. Sekali menabur jala hasil yang didapatkan sekitar 30kg (basah). Boleh dibilang nelayan didaerah ini sudah lebih dari berkecukupan dalam kehidupan sehari-hari.

-Gotong Royong Mengangkat Jala- Read the rest of this entry »

Written by nRa

Wednesday, September 29, 2010 at 12:14 am

Ekspedisi ke Pulau Serai: Merentas jalan usaha perikanan

with 4 comments

-On the boat-

Siapa sangka dipulau kecil yang hanya memiliki penduduk tidak lebih dari 40 orang ini terdapat satu orang pengusaha kerapu yang terkenal dinegeri ini. Sehari-harinya beliau dipanggil dengan sebutan Pak ChuYang. Hampir seluruh masyarakat yang bergelut dibidang perikanan mengenal beliau terutama masyarakat Kepulauan Riau, bahkan boleh dibilang beliau adalah salah satu pengusaha kerapu sukses dinegeri ini.

Beberapa hari lalu saya beserta beberapa orang teman mendapat kesempatan melihat langsung lokasi penangkaran kerapu milik Pak ChuYang. Keramba yang berjumlah hampir 100 kotak tersebut berisi ikan kerapu dari berbagai jenis; Kerapu Macan, Kerapu Sunuk, Kerapu Lumpur dll. Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga dapat melihat proses budidaya kerapu dan dapat belajar banyak dari orang yang sudah malang-melintang didunianya. Tujuan lain dari perjalanan ini juga untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari, lokasi yang jauh dari hiruk pikuk kota dengan pemandangan laut yang indah membuat pikiran terasa segar kembali. Perjalanan kepulau ini hanya dapat ditempuh dengan penggunakan sampan, boat dan kapal.

Lokasi : Pulau Serai, Kabupaten Bintan, Prov. Kepulauan Riau, Indonesia
 Read the rest of this entry »

Written by nRa

Friday, September 17, 2010 at 4:10 pm

3 hari untuk selamanya

with 22 comments

Sebelumnya tak pernah terpikirkan olehku untuk menjenguk dirimu dinegeri seberang. Jauh sebelum hari kita mengikrarkan janji untuk saling menyayangi dan mengerti satu sama lain, kita telah saling mengenal. Tetapi hanya sebatas aliran dunia maya yang menghubungi kita berdua. Sejak saat itu, mulai kuatur sedikit rencana untuk mempertemukan kita berdua. Bisa dibayangkan dua insan yang mengucapkan janji setia tetapi belum pernah bertemu sebelumnya. Dirimu juga menginginkan agar kita bertemu terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh lagi.

Rencana

Ku rencanakan agar dirimu yang menemuiku disini untuk bertemu sapa, mengenal satu sama lain lebih jauh lagi dan terlebih lagi … aku ingin melihat mu dari dekat. Karena kesibukan sehari-hari dengan pekerjaan dan kuliah yang belum terselesaikan, makanya aku meminta dirimu untuk menemuiku disini. Tetapi rasanya tidak mungkin membiarkan dirimu mengarungi perjalanan jauh sendirian. Terpikirkanlah rencana lain, yaitu untuk menemuimu disaat hari bahagia mu diwaktu wisuda Master dikampus mu. Sekitar awal Agustus kita akan bertemu, semoga. Hari terus berlalu, dengan menjalankan kegiatan sehari-hari pikiran ini selalu dipenuhi oleh bayangan dirimu. Terbesit suatu rencana, ketika melihat sebuah tanggal merah dipenghujung pekan. “Akhir Mei 2010 ada hari libur”, ku katakan padamu disaat kita online bersama. Mungkinkan aku akan datang menemuimu disana? Dengan menyimpan sedikit harapan, semoga aku dapat mengunjungimu dinegeri seberang, ditengah jadwal akhir pekan yang tak pasti. Saat itu, dirimu minta untuk bertemu dengan Ibu, “Enak yah kak, klo Na bisa jalan sama ibu, pergi belanja berdua” (kakak adalah panggilan diriku olehnya, dan Na adalah nama panggilan sehari-hari untuk dirinya). Saat itu pula ku telp Ibu yang berada dirumah dan mengatakan rencana kepergianku untuk menemui mu dinegeri jiran, dan disaat itu pula aku mencerikan dirimu kepada Ibu.  Ku tutup telepon dan meneruskan obrolan kita dijalur messenger. Tak lama kemudian hp ku berdering, sepertinya dari Indonesia, setelah ku angkat terdengar suara Ibu diline telpon. “Gimana kalo Ibu juga ikut ke Malaysia, sekalian sama Bapak dan adek mu yang kecil?”. Dengan perasaan senang, aku mengiyakan permintaan Ibu.  Tetapi mungkin doa mu belum dikabulkan, hari berikutnya Ibu memberi kabar kalau mereka tidak dapat pergi ke Malaysia saat itu dikarenakan waktu perjalanan yang lama dan waktu liburan yang sangat singkat. Mungkin suatu saat ada waktu yang lebih tepat agar Ibu dapat mengenalimu lebih jauh lagi. Read the rest of this entry »

Written by nRa

Wednesday, June 2, 2010 at 2:23 am